Macam-Macam Hipertensi Pada Kehamilan dan Penanganannya

In Kehamilan
Macam-Macam Hipertensi Pada Kehamilan Dan Penanganannya

By deanjenkins morguefile.com

Hipertensi pada kehamilan disebabkan oleh penyakit pembuluh darah dan penyakit ginjal. Hipertensi ini telah ada sebelum wanita tersebut mengandung dan menjadi masalah yang perlu diperhatikan selama kehamilan berlangsung. Dalam pembahasan berikut ini hanya akan mengambil topik hipertensi dalam kehamilan yang disebabkan oleh kelainan pembuluh darah.

 

Hipertensi Essensial

Penyakit hipertensi pada kehamilan ini ditandai dengan kenaikan tekanan darah yang tidak disertai gejala lain seperti proteinurin dan edema. Peningkatan tekanan darah disebabkan oleh hambatan pada pembuluh darah tepi sehingga terjadi vasokonstriksi. Hipertensi essensial dibagi menjadi dua yaitu jinak dan ganas. Hipertensi yang jinak terjadi pada penderita dengan tekanan darah antara 140/90 mmHg hingga 160/100 mmHg, sedangkan hipertensi ganas mengenai penderita dengan tekanan darah sistolik lebih dari 200 mmHg.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Tekanan darah pada ibu hamil dengan hipertensi essensial akan meningkat setelah usia kehamilan 30 minggu. Gejala penyerta hipertensi ini adalah nyeri kepala, nyeri epigastrium, muntah, dan gangguan pengelihatan. Gejala ini terjadi pada hipertensi tingkat lanjut. Oleh karena itu ibu perlu pengawasan khusus.

Untuk menghindari komplikasi diperlukan beberapa penanganan pencegahan seperti

Istirahat cukup. Ibu dianjurkan untuk tidur malam selama 8-10 jam dan tidur siang selama 2 jam. Istirahat dapat menunjang kesehatan ibu hamil dan mencegah vasokostriksi pembuluh darah. Istirahat bukan hanya ditafsirkan sebagai tidur saja, namun juga berarti mengurangi kegiatan rumah tangga yang menguras energi.

  • Obat Penenang. Ketenangan jiwa merupakan hal yang penting bagi penderita hipertensi pada kehamilan. Apabila terdapat masalah yang mengganggu kejiwaan, ibu perlu terapi psikologis atau diberi obat penenang dengan resep dokter.
  • Mencegah kenaikan berat badan berlebih. Kenaikan berat badan yang tidak sesuai usia kehamilan dapat meningkatkan hambatan pembuluh darah sehingga tekanan darah ikut meningkat. Oleh karena itu, penderita hipertensi pada kehamilan perlu menghindari hidrat arang, lemak, dan garam berlebih. Sebagai gantinya dianjurkan diet tinggi protein.
  • Obat anti hipertensi. Obat-obatan antihipertensi baru diberikan apabila tekanan darah mencapai 160/ 100 mmHg.
  • Pengakhiran kehamilan. Pengakhiran kehamilan dilakukan pada ibu hamil muda dengan tekanan darah mencapai 200/ 120 mmHg atau mengarah pada gejala eklampsi.

Penyakit Ginjal

Hipertensi pada kehamilan ternyata bisa mengarah pada penyakit ginjal khususnya glomerulonefritis, pielonefritis, dan penyakit ginjal polikistik. Untuk menegakkan diagnosa penyakit ginjal ini perlu dilakukan pemeriksaan kencing dan faal ginjal, pemeriksaan retina dan fundoskopi, pemeriksaan tekanan darah berkala, albumin urin, dan pemeriksaan darah. Penanganan penyakit ginjal yang didahului hipertensi pada kehamilan ini antara lain dengan banyak istirahat, diet rendah garam, dan obat anti hipertensi.

Tags: #Hipertensi Ibu Hamil #Hipertensi saat Hamil #Hipertensi saat Kehamilan

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Macam-Macam Hipertensi Pada Kehamilan dan Penanganannya"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.