Macam-Macam Tes Kehamilan yang Akurat

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Macam-Macam Tes Kehamilan yang AkuratDewasa ini terdapat berbagai macam tes kehamilan dengan degradasi harga mulai dari yang murah hingga yang mahal. Lalu, tes kehamilan yang manakah yang paling akurat? Agar alat untuk memastikan kehamilan menjadi akurat, ibu perlu memperhatikan cara kerja dan cara penggunaan alat tersebut dalam uraian berikut ini.

Cara menentukan kehamilan ada dua yaitu melalui pemeriksaan urin atau pemeriksaan darah. Kedua cara tersebut sama-sama menilai kadar hormone chorionic gonadotropin. Hingga kini, hormon ini masih menjadi patokan untuk memastikan kehamilan. Pasalnya, hormon ini hanya ditemukan pada wanita hamil.

Tes untuk mengetahui kehamilan melalui darah bisa dilakukan lebih dini, yaitu 8 hari pasca pembuahan. Setelah terjadi pembuahan, tubuh ibu telah memproduksi hormon tersebut untuk memberikan makanan pada janin hingga fungsi plasenta berjalan. Namun, pada awal kehamilan hormon tersebut belum terlihat pada air seni. Tes kehamilan menggunakan darah hanya dapat dilakukan di laboraturium. Tentunya, dengan harga yang lebih mahal.

Tes lain untuk menentukan kehamilan adalah menggunakan urin. Tes ini baru efektif setelah kehamilan berjalan dua bulan. Keuntungan tes ini adalah murah dan mudah didapat. Anda bisa membelinya di apotik terdekat. Cara menggunakannyapun juga mudah. Anda hanya perlu kencing di pagi hari setelah bangun tidur, lalu memasukkan stik ke air seni beberapa waktu. Apabila garis yang muncul dua, maka Anda positif hamil. Sebaliknya, apabila garis yang muncul hanya satu, maka ibu belum hamil.

Apabila belum yakin dengan hasil yang didapat dari tes kehamilan diatas, Anda dapat USG untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Keakuratan alat pengetes kehamilan menggunakan sampel darah dan urin juga bergantung cara pemakaian ibu. Apabila salah menggunakan, maka hasilnya tentu kurang tepat

Cara Menggunakan Tes Kehamilan di Rumah

Pertama-tama, baca aturan pakai yang tertera di balik bungkus alat. Meskipun prinsip dasar penggunaan alat adalah sama, namun bisa saja terdapat perbedaan kecil antara satu alat dengan yang lain. Setelah Anda mengerti cara penggunaannya, periksa tanggal produksi dan tanggal expired. Alat sebagus apapun bila sudah rusak tidak bisa lagi memberikan hasil maksimal.

Berikutnya tampung air seni pada pagi hari dalam wadah. Masukkan stik tersebut ke dalam air seni hingga batas yang diinstruksikan. Tunggu hingga beberapa menit hingga muncul garis merah. Beberapa ibu salah memasukkan stik sehingga hasilnya kurang tepat. Anda dapat membeli beberapa merk berbeda agar hasil tes kehamilan yang didapat lebih akurat.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan #Page #Tes Hamil Akurat #Tes Kehamilan Akurat

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan
  1. author

    anika2 years ago

    saya kan pakai tes pek,garisnya keluar dua tapi yang satu itu samar2 gak jelas.itu kira-kira hasilnya yg benar positif apa negatif yaw ?

    Reply

Leave a reply "Macam-Macam Tes Kehamilan yang Akurat"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.