Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

By npclark2k @morguefile.com

Saat Anda hamil, Anda sudah mulai menyadari bahwa apa yang Anda konsumsi, akan mempengaruhi kesehatan si calon bayi. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dengan apa yang Anda makan.

Tetapi tidak usah khawatir. Jika Anda beranggapan bahwa makanan sehat untuk ibu hamil identik dengan tidak enak, maka persepsi tersebut perlu dirubah. Anda bisa kok, tetap makan enak tetapi Anda tetap sehat dan yang terpenting, janin dalam kandungan Anda juga sehat.

Apa saya yang bisa dikonsumsi sebagai makanan untuk ibu hamil ? Berikut penjelasannya.

  • Oat/Gandum

Teman saya bercerita bahwa almarhum kakeknya sangat suka mengkonsumsi bubur gandum atau oatmeal. Almarhum kakek teman saya itu makan bubur gandum taburan gula merah, atau buah-buahan. Sementara ibu teman saya beranggapan bahwa bubur tersebut membuatnya mual.

Ternyata bubur tersebut yang menjaga kesehatan sang kakek, hingga menghembuskan nafas terakhir karena faktor usia. Sampai meninggalnya, kakek teman saya itu tidak punya penyakit jantung, darah tinggi atau komplikasi lainnya.

Nah, selain baik untuk kesehatan jantung, bubur oat juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Yang pasti, Anda juga cepat merasa kenyang setelah mengkonsumsi oatmeal.

Merasa mual atau jenuh dengan tampilan bubur gandum? Gampang! Anda bisa menambahkan coklat keping (chocolate chips) atau buah-buahan seperti pisang, stroberi atau apel di bubur Anda. Buatlah beberapa variasi sehingga Anda tidak merasa bosan.

  • Kacang merah dan brokoli

Kacang merah kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk perkembangan sel-sel darah merah bayi. Sementara brokoli, seperti kita ketahui, mengandung banyak air dan vitamin B yang berperan dalam pembentukan sel baru.

  • Sayuran berwarna hijau lainnya

Makanan yang baik untuk ibu hamil berikutnya adalah sayuran yang berwarna hijau. Sayuran yang berwarna hijau tua mempunyai kandungan vitamin yang hebat, seperti bayam dan kangkung. Sayuran ternyata juga berfungsi untuk menyehatkan penglihatan Anda.

  • Buah-buahan dan sayuran berwarna lainnya

Tidak hanya sayuran hijau yang berkhasiat, tetapi sayuran beragam warna juga wajib dikonsumsi selama masa kehamilan. Begitu juga dengan buah-buahan.

Banyak buah yang dapat dikonsumsi selama masa kehamilan dan khasiatnya juga luar biasa. Apel, misalnya. Menurut sebuah study, anak dari seorang ibu hamil yang mengkonsumsi lebih dari 4 buah apel per minggu memiliki kemungkinan 37 persen lebih kecil untuk mengalami napas mendengking dan 53 persen lebih kecil kemungkinan untuk menderita asma, dibandingkan dengan anak dari ibu yang mengkonsumsi satu apel per minggu atau tidak makan apel sama sekali.

Mengkonsumsi melon juga dapat mengurangi perasaan mual di pagi hari (morning sickness). Selain itu, melon dapat mengurangi rasa panas pada perut.

Alpukat dan mangga mempunyai manfaat yang tidak kalah pentingĀ  untuk ibu hamil. Selain kaya vitamin, alpukat juga berperan dalam pengembangan otak dan syaraf bayi. Alpukat juga bagus untuk pencernaan dan mencegah sembelit. Mangga mempunyai kandungan kalium tinggi untuk mencegah dan mengurangi kram.

Untuk sayuran berwarna, wortel adalah salah satu sayuran berwarna yang mengandung banyak manfaat. Kandungan vitamin A pada wortel sangat penting untuk pembentukan tulang, gigi, dan penglihatan bayi.

  • Ikan

Ingin anak Anda cerdas? Coba konsumsi ikan. Tetapi, wajib diingat bahwa pilih ikan dengan kandungan merkuri rendah. Tentunya Anda juga ingin apa yang Anda makan juga menyehatkan si calon bayi, bukan?

Banyak penelitian menunjukkan manfaat ikan bagi ibu hamil dan perkembangan anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang ibunya semasa hamil mengkonsumsi ikan, mempunyai kemampuan motorik dan kognitif yang lebih baik ketimbang anak-anak yang ibunya mengkonsumsi ikan dalam jumlah sedikit.

Lalu ikan apa yang aman sebagai makanan sehat untuk ibu hamil ? Ibu hamil disarankan mengkonsumsi ikan sarden, kembung, salmon karena kadar merkurinya rendah. Sebaliknya, hindari kakap dan mackerel semasa hamil karena merkurinya tinggi.

Senang mengkonsumsi ikan mentah atau sushi? Hindari dulu semasa hamil karena lebih baik mengkonsumsi ikan yang dimasak dengan matang untuk membunuh bakteri dalam ikan.

  • Telur dan ayam

Makanan ibu hamil yang satu ini mengandung protein yang menjaga jaringan otot ibu dan si bayi. Untuk telur, pilihlah telur dengan kandungan DHA (asam omega-3, salah satu lemak terbaik). Omega-3 dapat membentuk jaringan orak dan retina bayi.

Terakhir, yang terpenting Anda selalu menjaga asupan makanan Anda selama kehamilan, baik saat hamil muda hingga hamil tua. Sebab, apa yang Anda konsumsi, akan mempengaruhi perkembangan bayi Anda nanti.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan #Kehamilan Trisemester 2 #Page #Page

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Makanan Sehat untuk Ibu Hamil"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.