Manfaat Doa Ibu Hamil

In Persalinan Bayi
Manfaat Doa Ibu Hamil

By cohdra @morguefile.com

Berdoa untuk keselamatan sang buah hati merupakan suatu keniscayaan. Semua orang tua pasti mengharapkan bayinya lahir dengan selamat di dunia ini. Selain itu, keselamatan ibu juga menjadi permohonan dalam setiap untaian doa. Tahukah Anda bahwa doa ibu hamil mendatangkan berbagai manfaat?

Perubahan fisiologis selama hamil menyebabkan gangguan psikis. Terkadang, ibu yang tidak dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut akan mengalami stres. Dengan berdoa, maka hati ibu menjadi jauh lebih tenang. Ketenangan akan meningkatkan produksi endorphin yang menyebabkan seseorang menjadi lebih rileks. Itulah alasan mengapa doa ibu hamil dikatakan sebagai obat stres.

Stres di akhir kehamilan dapat menghambat proses persalinan. Biasanya ibu yang stres sulit untuk diarahkan sehingga mengejan sebelum pembukaan lengkap. Padahal, mengejan sebelum pembukaan sempurna menyebabkan mulut rahim membengkak sehingga persalinan normal sulit dilaksanakan.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Ibu yang tidak dapat mengontrol perilakunya dengan mengejan dini biasanya akan lemas sebelum waktunya. Karena telah banyak mengeluarkan tenaga, ia akan lemas ketika janin telah berada di pintu vagina. Akibatnya, persalinan berjalan lebih lama dan terjadi asfiksia neonatorum pada janin. Nah, ternyata doa ibu yang sedang hamil cukup penting, kan?

Berdoa juga dapat menghalau stres saat persalinan. Ibu yang tidak bisa tenang selama proses persalinan akan sulit dipandu sehingga salah dalam mengejan. Akibatnya tenaga habis, tapi bayi tidak dapat dilahirkan. Meskipun sepele, tetapi keadaan ini menimbulkan abnormalitas persalinan yang membahayakan ibu dan janin.

Sebaliknya, seorang ibu yang berdoa akan tumbuh semangat dan sikap optimisnya. Sikap optimis  ini akan mendorong ibu untuk melahirkan secara normal. Jika dalam diri ibu tidak ada kepercayaan diri, lalu bagaimana mungkin ia mampu menghadapi masa-masa sulit dalam persalinan?

Berdoa juga merupakan kepasrahan seorang ibu. Sebagai manusia beragama, kita tidak bisa hidup tanpa Tuhan. Manusia punya Yang Maha Kuasa yang mentakdirkan nasib seseorang. Dengan doa ibu hamil, diharapkan Yang Maha Kuasa mentakdirkan persalinan berjalan lancar, sehingga ibu dan janin selamat.

Doa Apa yang Dipanjatkan?

Sejatinya doa adalah harapan tulus dari seorang ibu. Bagaimanapun bentuk kata-katanya, doa tetap menjadi untaian yang indah pada Allah SWT. Doa tidak harus dilafadzkan dalam bentuk kata tertentu, namun bisa menggunakan kata-kata ibu sendiri. Tapi, dalam agama Islam ada lafadz khusus untuk doa ibu saat hamil. Bagaimanakah lafadznya?

Di dalam Al-Qur’an (kitab suci agama islam) terdapat beberapa doa yang biasa dipanjatkan ibu hamil seperti dalam surat Ali-Imron ayat 35, 36, dan 38, surat Ibrahim ayat 40, dan Al-Furqon ayat 74. Doa ibu hamil ini bisa diucapkan sewaktu-waktu. Namun, alangkah baiknya jika ibu berdoa pada waktu yang mustajab seperti setelah sholat dan pada hari Jum’at.

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Manfaat Doa Ibu Hamil"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.