Manfaat Kalender Kehamilan

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Manfaat Kalender Kehamilan

By jeltovski @morguefile.com

Apa Kalender Kehamilan Itu? 

Kalender kehamilan adalah cara yang digunakan untuk mengetahui usia kehamilan ibu. Banyak cara yang digunakan untuk mengetahui usia kehamilan seperti menghitung secara manual dari hari pertama haid terakhir, menggunakan kalender khusus ibu hamil, serta melalui USG.

Dari ketiga cara untuk mengetahui usia kehamilan tersebut, kalender khusus kehamilan adalah cara yang paling sering digunakan. Alasannya, kalender ini terbilang praktis dan murah. Setiap ibu hamil dan petugas kesehatan bisa mendapatkan dan menggunakannnya dengan mudah.

Bagaimana Cara Menggunakan Kalender Kehamilan?

Tanggal di kalender kehamilan berbentuk bulat dan bersusun. Pada kertas bagian atas terdapat tulisan yang disertai tanda panah. Tulisan itu adalah “menstruasi terakhir” dan “awal kehamilan”. Untuk mengetahui usia kehamilan Anda perlu mencocokkan tanda panah yang bertuliskan “menstruasi terakhir” dengan tanggal di bawahnya. Kemudian cocokkan tanggal hari ini pada kertas yang bawah. Pada kertas bagian atas akan tertulis usia kehamilan Anda. Cukup mudah bukan?

Manfaat Kalender Kehamilan

Menggunakan kalender khusus kehamilan akan membantu Anda mengetahui usia kehamilan saat ini. Anda akan mengetahui proses fisiologis yang sedang berlangsung dalam tubuh, perkembangan janin, dan keluhan yang terjadi selama masa tertentu. Tentunya Anda harus membaca buku-buku mengenai kehamilan untuk mendapatkan informasi penting tersebut.

Apabila Anda telah mengetahui seluk-beluk kehamilan sekarang, maka Anda akan dapat melakukan hal yang terbaik. Misalnya, saat ini usia kehamilan Anda menginjak 8 bulan, maka Anda akan mulai mempersiapkan perlengkapan persalinan, berhati-hati dalam memilih makanan, melakukan senam hamil, dan mempelajari tanda-tanda persalinan.

Manfaat lain yang didapat adalah mengetahui keluhan ibu hamil yang Anda rasakan; apakah keluhan tersebut normal atau tidak, serta bagaimana cara mengatasinya. Misalnya pada saat usia kehamilan menginjak 7 bulan Anda akan mengurangi konsumsi cairan sebelum tidur untuk mencegah keinginan BAK saat tidur.

Kekurangan Kalender Khusus Kehamilan

Ketepatan perhitungan kalender kehamilan terkadang mengalami kendala. Hal ini terjadi apabila ibu lupa tanggal pasti hari pertama haid terakhirnya sehingga usia kehamilan yang dihitung dari kalender khusus kehamilan hanyalah dugaan semata. Dengan demikian, petugas medis akan sulit menentukan suatu tindakan, misalnya apakah ibu telah masuk masa post date (kehamilan lewat waktu) atau tidak.

Terkadang terjadi kesalahan dalam menentukan hari pertama haid terakhir. Perdarahan yang disebabkan implantasi dianggap sebagai haid terakhir. Padahal saat itu janin telah menempel di dinding rahim. Akibatnya diagnosa yang ditegakkan menjadi salah, misalnya ibu melahirkan tepat waktu disangka prematur atau ibu yang telah lewat masa melahirkan disangka melahirkan matur. Tentunya kejadian seperti ini membahayakan janin. Untuk mengantisipasinya, perlu dilakukan USG sekali waktu.

Tags: #Hamil Kembar Siam #Kalender Hamil #Kalender untuk Kehamilan #Page #Persalinan Bayi

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Manfaat Kalender Kehamilan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.