MASALAH KEHAMILAN TRIMESTER 1, 2, 3 | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3

Ingin Bahagiakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3

By Grietgriet @morguefile.com

Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang mengganggu kesehatan ibu dan janin. Masalah tersebut ada yang bersifat fisiologis (alami) dan ada yang merupakan penyakit kehamilan. Artikel berikut ini akan membahas masalah kehamilan trimester 1, 2 dan 3 yang bersifat fisiologis beserta penanganannya.

Masalah Kehamilan Trimester 1

Masalah kehamilan yang sering muncul pada trimester pertama adalah mual-muntah atau morning sickness. Mual-muntah ini dipengaruhi oleh perubahan hormon sehingga organ pencernaan bekerja lebih lambat. Cara mengatasinya adalah dengan makan sedikit-sedikit tapi sering, menghindari makanan berlemak dan bersantan, serta menghindari makanan yang berbau tajam.

Masalah lain yang pasti terjadi adalah sering BAK. Hal ini disebabkan pembesaran rahim yang menekan kandung kemih. Meskipun kurang nyaman, namun ibu tetap dianjurkan banyak minum air putih. Cara mengurangi keluhan tersebut adalah dengan menghindari minuman yang mengandung diuretik alami seperti teh dan senam kegel.

Gerak peristaltik usus yang melambat dapat menyebabkan masalah kehamilan yaitu sembelit. Makanan yang berada di usus besar dalam waktu lama akan mengeras karena banyak air yang diserap kembali. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan berserat.

Masalah Kehamilan Trimester 2

Rahim yang terus membesar menyebabkan punggung menahan beban berat. Akibatnya, ibu mengeluh sakit punggung. Sebaiknya hindari duduk dan berdiri terlalu lama karena posisi tersebut menyebabkan tumpuan beban di punggung. Anda juga dapat melakukan kompres panas dan dingin di punggung selama 10-15 menit.

Pembesaran perut juga menyebabkan masalah kehamilan berupa gatal-gatal karena peregangan. Gatal-gatal ini akan meninggalkan bekas kurang baik jika digaruk. Oleh sebab itu, hindari menggaruk area yang gatal. Sebagai gantinya, lakukan kompres hangat dan beri taburan bedak anti gatal.

Hiperpigmentasi pada beberapa area tubuh seperti wajah dan perut membuat ibu kurang nyaman. Pasalnya, hal tersebut dianggap mengurangi kecantikan ibu. Gunakan pelindung dari bahan alami yang tidak mempengaruhi kesehatan ibu dan janin serta hindari sinar matahari langsung secara berlebihan.

Ibu mungkin akan mengalami kram kaki dan varises sebagai masalah kehamilan yang lain. Lakukan olahraga teratur untuk melancarkan peredaran darah sehingga kram dan varises berkurang. Tinggikan kaki saat tidur dan hindari duduk bersilangan atau kompres dengan air hangat.

Masalah Kehamilan Trimester 3

Rahim yang terus membesar dapat menekan diafragma sehingga ibu merasa sesak. Hindari membawa beban berat yang dapat memperparah keluhan tersebut. Latihlah diri Anda untuk bernafas dalam secara teratur. Hal ini bertujuan memenuhi kebutuhan oksigen sekaligus membuat relaksasi otot pernafasan. Tidur miring kiri dan olahraga ringan juga dapat membantu mengurangi keluhan sesak nafas.

Pada trimester ketiga ini sebagian ibu akan mengalami bengkak kaki. Bengkak disebabkan penumpukan cairan yang terjadi secara alami selama kehamilan berlangsung. Bengkak kaki akan semakin parah apabila peredaran darah kurang lancar. Oleh karena itu, letakkan kaki lebih tinggi dari tubuh agar peredaran darah balik berjalan lancar.

Keluhan sering kencing dan sulit buang air besar kembali menjadi masalah kehamilan pada masa akhir kehamilan. Cara mengatasinya sama dengan trimester pertama. Jangan sekali-kali menahan kencing atau BAB agar keluhan tidak menjadi parah. Semoga bermanfaat bunda.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , , Read 104 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories