Mengapa Keguguran Berulang Kali Bisa Terjadi?

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

 

Mengapa Keguguran Berulang Kali Bisa Terjadi

By click @morguefile.com

Keguguran berulang yang disebut abortus habitualis adalah gagalnya mempertahankan kehamilan hingga tiga kali berturut-turut. Biasanya bayi yang dikandung ibu keluar sebelum usia kehamilan 28 minggu atau pada kehamilan awal. Penyebab pasti keguguran ini masih menjadi kontroversi. Sebagian ahli mengatakan bahwa penyebab keguguran yang berulang sama dengan keguguran spontan.

Apa Saja Penyebabnya?

Salah satu penyebab keguguran yang terjadi berulang kali ini adalah kegagalan reaksi terhadap antigen lymphocyte trophoblast cross reactive (TLX). TLX adalah sistem yang bekerja melindungi kehamilan. Pada perempuan normal, sistem ini tidak mengundang reaksi dan bermanfaat. Namun, pada beberapa wanita dengan keguguran berulang akan memberikan reaksi berlebih sehingga terjadi abortus. Pengobatan yang diberikan adalah leukosit dan heparin.

Penyebab lain keguguran habitualis ini adalah vikositas darah berlebih. Darah yang terlalu kental menyebabkan sirkulasi darah memburuk sehingga kebutuhan oksigen dan nutrisi kurang terpenuhi. Akibatnya, pembuluh darah akan menyempit dan janin sulit untuk berimplantasi.

Masalah rhesus juga menjadi salah satu dugaan penyebab keguguran berulang. Rhesus ibu yang berlawanan dengan rhesus anak akan membuatnya saling membunuh. Rhesus ibu menganggap bahwa darah janin adalah benda asing sehingga perlu disingkirkan. Kejadian ini berlaku pada pasangan dengan rhesus berbeda seperti perkawinan dengan orang asing.

Adanya polip dan tumor di leher rahim juga disinyalir menjadi penyebab keguguran. Benjolan abnormal tersebut dapat mencegah implantasi janin. Seandainya janin dapat beimplantasi, tumor tersebut akan mendesaknya sehingga ibu mengalami keguguran. Robekan serviks yang luas juga menjadi salah satu penyebab abortus.

Alasan lain keguguran berulang yang sering dikatakan dokter kandungan adalah kecapekan. Kecapekan menyebabkan stres yang mengganggu metabolisme dan sirkulasi endokrin. Akibatnya, kehamilan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Padahal, janin yang dikandung sangat bergantung pada sistem hormonal.

Bagaimana Cara Penanganannya?

Penanganan yang tepat akan menyelesaikan masalah keguguran berulang. Jika keguguran terjadi dua kali pada seorang wanita, maka kemungkinan wanita tersebut akan mengalami keguguran lagi sebesar 83,6%. Oleh karena itu, perlu diadakan penyelidikan mengenai penyebab pastinya.

Data yang diperlukan untuk menetapkan penyebab keguguran berulang adalah riwayat kehamilan secara lengkap, pemeriksaan golongan darah pasangan, tes VDRL darah, pemeriksaan kromosom, mikroplasma, dan inkompabilitas darah. Ibu harus turut aktif dalam pemeriksaan dan tidak memepercayakan pada dokter saja.

Perempuan yang hamil dengan riwayat keguguran berulang harus ekstra hati-hati. Ibu harus menghindari kelelahan dan aktivitas fisik yang berat. Bahkan, jika muncul tanda-tanda aborsi lagi seperti flek kecoklatan dan rasa mulas, maka ibu harus bad rest total demi menjaga kandungannya. Obat-obatan untuk ibu dengan riwayat abortus juga lebih kompleks.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Keguguran Berkali-kali #Keguguran Terus #Kehamilan #Page

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Mengapa Keguguran Berulang Kali Bisa Terjadi?"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.