Mengatasi Perut Buncit Setelah Hamil dan Melahirkan

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Mengatasi Perut Buncit Setelah Hamil Dan Melahirkan

By ArtMast @sxc.hu

Memiliki bentuk tubuh ideal menjadi dambaan setiap wanita. Sayangnya, kehamilan membuat perut ibu melar dan terlihat menggantung. Untuk mendapatkan kembali perut yang kencang setelah hamil melahirkan, Anda dapat mengikuti tips berikut ini.

Menggunakan Korset/ Stagen

Korset atau stagen berfungsi menekan perut ibu hamil melahirkan agar kencang dan terlihat datar. Penggunaan korset dan stagen ini masih menjadi kontroversi di kalangan medis. Untuk mengantisipasi bahaya penggunaan korset atau stagen, sebaiknya gunakan setelah jahitan Anda kering dan jangan terlalu kencang. Pemakaian korset atau stagen yang terlalu kencang justru bisa menghambat peredaran darah sehingga luka jahitan susah kering.

Menggunakan Gurita

Fungsi gurita hampir sama dengan korset atau stagen. Hanya saja gurita tidak terlalu menekan perut sehingga aman digunakan ibu hamil melahirkan normal maupun dengan operasi. Biasanya, gurita langsung dikenakan pasca melahirkan.

Senam Perut

Senam merupakan cara paling efektif untuk mengembalikan kekencangan perut. Ada beberapa pilihan senam nifas yang bisa Anda lakukan di rumah. Berikut ini adalah senam khusus untuk mengencangkan perut pasca hamil melahirkan:

  1. Letakkan tangan pada perut kemudian kempiskan perut dan tahan selama 5 detik. Hempaskan tahanan Anda dan ambil nafas. Ulangi cara tersebut hingga sepuluh kali tiap hari. Cara ini bisa dilakukan sambil duduk atau berdiri.
  2. Letakkan tangan pada perut sambil berbaring. Tarik otot perut dan panggul sehingga sejajar lantai. Tahan hingga 10 detik. Ulangi cara tersebut sampai 10 kali.

Sebelum senam perut, sebaiknya lakukan pemanasan terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak terjadi kram. Pemasan bisa dilakukan dengan menggerakkan tangan, kepala, dan kaki hingga mengeluarkan keringat.

Hindari Makanan Berlemak

Nafsu makan ibu menyusui biasanya bertambah. Untuk mempertahankan berat badan dan bentuk perut Anda, sebaiknya batasi konsumsi makanan berlemak. Makanan berlemak kurang diperlukan tubuh dan bayi Anda. Justru lemak tersebut akan disimpan di jaringan bawah kulit, termasuk perut.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih dapat melancarkan BAB dan melarutkan makanan. Perut besar pada ibu hamil melahirkan bisa juga disebabkan oleh tumpukan kotoran di usus. Kotoran tersebut harus dikeluarkan agar tidak mengeras dan memperburuk bentuk perut. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi air putih. Manfaat lain dari tips ini adalah mengurangi konsumsi karbohidrat dan lemak yang membuat gemuk karena ibu merasa kenyang.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan #Page #Perut Buncit Setelah Hamil #Perut Buncit Setelah Melahirkan #Perut Buncit Setelah Persalinan

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Mengatasi Perut Buncit Setelah Hamil dan Melahirkan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.