Mengenal Berbagai Macam Cara-cara Melahirkan

In Persalinan Bayi
Mengenal Berbagai Macam Cara-Cara Melahirkan

By ab5506 @sxc.hu

Dalam dunia medis dikenal tiga cara-cara melahirkan, yaitu normal, dengan alat, dan operasi caesar. Tiga cara persalinan ini dilakukan berdasarkan kondisi kesehatan ibu dan janin serta ada tidaknya penyulit persalinan seperti kontraksi yang lemah, penonjolan bagian tertentu dari tulang panggul, dan lilitan tali pusat. Nah, di bawah ini akan dikupas mengenai cara persalinan tersebut.

Persalinan Normal

Persalinan normal adalah cara melahirkan yang paling mudah dan aman. Bila kondisi ibu dan janin sehat serta kemajuan persalinan berjalan dengan baik, maka teknik ini merupakan cara paling tepat. Cara bersalin normal berlangsung secara alami tanpa memerlukan banyak tindakan. Hanya saja, kesterilan alat harus tetap dijaga untuk menghindari kontaminasi kuman.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Persalinan normal diawali dari pembukaan 1 yang ditandai dengan pengeluaran lendir darah hingga penjahitan luka di daerah jalan lahir. Ada 3 macam syarat melahirkan normal yaitu power (tenaga mengejan ibu harus adekuat), passage (tidak ada kelainan jalan lahir), serta passenger (keadaan janin memungkinkan).

Persalinan dengan Alat

Bila penyulit persalinan tidak dapat dibendung, maka pilihan bersalin dengan menggunakan alat medis perlu diambil. Ada dua macam cara-cara melahirkan dengan alat yang masih diperbolehkan, yaitu menggunakan ekstraksi forcep dan ekstraksi vakum.

Ekstraksi forcep dilakukan apabila janin tidak dapat lahir spontan yang disebabkan oleh berbagai faktor. Alat ini berbentuk seperti gunting yang berlubang di bagian tengahnya. Sedang sisi-sisinya menyerupai sendok makan. Ekstraksi forcep dibedakan menjadi tiga macam yaitu forcep rendah, tengah, dan tinggi. Forcep rendah dilakukan apabila ubun-ubun sudah berada di mulut vagina, forcep sedang dipilih bila kepala janin telah melewati hodge III, sedangkan forcep tinggi dilakukan bila kepala janin masih di hodge II. Efek samping dari cara melahirkan adalah tulang kepala akan tumpang tindih setelah dilahirkan. Namun, kejadian ini akan berangsur pulih dengan sendirinya.

Seperti halnya forcep, ekstraksi vakum dipilih bila kepala tidak kunjung lahir pada persalinan pervaginam. Alat ini bekerja menyedot kepala janin agar dapat dilahirkan. Bentuknya seperti cup dengan tangkai panjang.

Kelebihan cara-cara melahirkan dengan vakum adalah bisa dilakukan pada pembukaan servik yang belum lengkap, tidak perlu diberi obat bius, dan komplikasi pada ibu dan janin lebih rendah. Kekurangan alat ini antara lain waktu melahirkan yang lebih lama dibandingkan ekstraksi forcep, tidak dapat digunakan bila bagian terbawah janin adalah muka, terdapat benjolan besar pada kepala janin, serta keadaan gawat janin. Efek samping dari pemakaian alat ini adalah menimbulkan benjolan kepala yang bisa sembuh dengan sendiri.

Operasi Caesar

Tindakan operasi dewasa ini bisa dibilang sebagai salah satu cara melahirkan yang sangat aman. Bahkan, sebagian ibu memilih dioperasi meskipun tidak terdapat kelainan. Operasi Caesar bisa dilakukan bila ibu mengalami penyakit tertentu yang mengganggu persalinan normal seperti jantung, ukuran panggul dan kepala janin yang tidak proporsional, prematuritas, dan kelainan letak janin. Meskipun aman, caesar juga beresiko besar terhadap timbulnya berbagai infeksi dan kegagalan penyatuan jaringan.

Tags: #Cara Cara Persalinan #Cara2 Melahirkan #Macam Macam Melahirkan

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Mengenal Berbagai Macam Cara-cara Melahirkan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.