Mengenal Tahapan Saat-saat Melahirkan Bayi

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Mengenal Tahapan Saat-Saat Melahirkan Bayi

By Kurhan @sxc.hu

Saat-saat melahirkan bayi merupakan misteri yang membuat jantung berdegup. Bagaimana tidak? Seribu satu rasa sakit dicampur dengan ketidakpastian bersemayam di tubuh ibu. Terkadang seorang ibu hamil yang awalnya sehat-sehat saja, kemudian didiagnosa gawat darurat.

Misteri dalam sebuah proses persalinan seringkali menyebabkan kekhawatiran ibu dan keluarga. Padahal, ibu hamil yang merasa cemas justru akan mengalami hambatan persalinan. Saat ibu stres, pengeluaran hormon berubah sehingga memperlambat proses persalinan. Selain itu, kecemasan juga menyebabkan rasa sakit bertambah.

Untuk mengurangi rasa cemas di hati ibu dan keluarga, perlu adanya pengetahuan mengenai tahap-tahap persalinan normal. Harapannya ibu dan keluarga bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan mengambil keputusan tepat bila sewaktu-waktu terjadi penyulit persalinan.

Kala I

Kala 1 persalinan dimulai dari pengeluaran lendir darah, pembukaan, dan adanya kontraksi rahim. Kala 1 ini merupakan proses pencarian jalan lahir. Kepala bayi akan menyusuri rongga vagina hingga tiba di mulut vagina. Saat-saat persalinan kala 1 ini membutuhkan waktu maksimal 14 jam.

Pada kala 1 persalinan ini terjadi pembukaan dan penurunan kepala secara berkala. Pembukaan 1-10 diiringi dengan penurunan kepala bayi. Pada pembukaan 1-4 terjadi sangat lambat, sedangkan pembukaan berikutnya lebih cepat. Kira-kira 1 jam tiap 1 pembukaan untuk ibu yang pertama melahirkan dan ½ jam untuk ibu multi.

Kala II

Kala II ini adalah saat-saat melahirkan yang paling membuat deg-degan. Dimulai dari pembukaan lengkap hingga keluarnya bayi secara keseluruhan. Ibu harus meneran kuat saat kontraksi untuk mengeluarkan buah hati. Agar punya tenaga untuk meneran, usahakan makan dan minum di sela-sela kontraksi.

Lama kala II untuk ibu yang baru pertama melahirkan adalah dua jam, sedangkan bagi ibu yang sudah pernah melahirkan hanya satu jam. Bila lebih dari waktu itu bayi belum lahir, maka ibu harus dirujuk untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kala III

Saat-saat melahirkan berikutnya adalah pengeluaran plasenta. Setelah melahirkan bayi, ibu akan disuntik oksitosin agar kontraksi uterus tetap adekuat. Kemudian plasenta dikeluarkan perlahan bersamaan dengan kontraksi rahim. Lama pengeluaran plasenta maksimal 30 menit. Apabila lebih dari itu harus segera dilakukan tindakan plasenta manual atau dirujuk.

Kala III ini rawan terjadi perdarahan. Factor yang biasanya mempengaruhi adalah hilangnya kontraksi rahim, plasenta tertinggal, robekan jalan lahir, dan anemia. Setelah plasenta lahir dilakukan penjahitan jalan lahir dan membersihkan area persalinan. Ini tandanya saat-saat melahirkan telah selesai.

Tags: #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Persalinan Bayi #Saat Persalinan Bayi #Tahap Melahirkan Bayi #Tahapan Persalinan

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Mengenal Tahapan Saat-saat Melahirkan Bayi"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.