Nutrisi Ibu Hamil Untuk Perkembangan Otak Janin

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Nutrisi Ibu Hamil Untuk Perkembangan Otak Janin

By dmscs @morguefile.com

Memiliki anak cerdas adalah dambaan para ibu. Kecerdasan buah hati telah dibentuk sejak masa kehamilan dengan dukungan nutrisi ibu hamil yang adekuat. Nutrisi tersebut digunakan janin untuk membentuk sel saraf otak. Tidak semua makanan bergizi dapat mendukung tumbuh kembang otak sehingga ibu perlu mengetahui jenis nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang otak janinnya.

AA dan DHA

AA merupakan singkatan dari asam arakidonat. AA berfungsi membentuk selubung myelin. Apakah selubung myelin itu? Selubung myelin adalah penutup akson yang merupakan bagian dari sel saraf. Selubung myelin ini berfungsi mencegah kebocoran impuls saraf sehingga hubungan singkat (konslet) antar sel saraf tidak terjadi. Untuk memenuhi kebutuhan AA, ibu dapat mengonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, daging, dan susu.

DHA adalah salah satu bentuk asam lemak tak jenuh. DHA diperlukan untuk membentuk kecerdasan otak dan mengembangkan pengelihatan. Jika ingin janin Anda cerdas, maka Anda harus mengonsumsi DHA sejak masa kehamilan. Nutrisi ibu hamil ini dapat diperoleh dari konsumsi makanan yang berasal dari laut (aneka jenis ikan laut).

Asam Folat

Asam folat diperlukan sejak awal kehamilan untuk membentuk tabung saraf dan hemoglobin. Sebenarnya, asam folat adalah salah satu vitamin B yaitu vitamin B9. Kekurangan asam folat akan menyebabkan kerusakan berat pada otak janin yang disebut neural tube defect yang mengakibatkan janin lahir dengan retardasi mental, tidak mempunyai tempurung kepala, spina bifida, dan lain-lain. Penuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi kacang-kacangan, telur, dan buah-buahan. Anda juga dianjurkan mengonsumsi suplemen asam folat bila memungkinkan.

Protein

Protein dikenal sebagai zat pembangun karena berfungsi membentuk sel dan DNA. Protein turut mendukung kecerdasan janin dengan menyempurnakan pembentukan sel saraf sehingga bisa bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, protein juga termasuk dalam bahan baku neurotransmitter (penghantar rangsangan antar sel). Tanpa adanya protein, mustahil perkembangan otak dapat berjalan optimal.

Nutrisi ibu hamil ini banyak terdapat pada makanan hewani seperti segala jenis daging, unggas, telur, ikan, dan udang. Protein juga terdapat dalam makanan nabati yang berasal dari kacang-kacangan seperti tahu dan tempe. Namun, konsumsi protein nabati saja belum bisa mencukupi kebutuhan nutrisi janin.

Yodium

Yodium dikenal sebagai zat pembentuk kecerdasan. Mineral yang satu ini merupakan bahan baku hormon tiroid. Hormon tiroid berfungsi mempercepat pembentukan energi yang diperlukan untuk pertumbuhan janin. Janin yang kekurangan yodium berisiko lahir cacat dan penurunan kecerdasan. Ibu dapat memperoleh asupan yodium dari garam beryodium.

Uraian di atas menjelaskan nutrisi ibu hamil yang diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang otak. Namun, perkembangan otak tidak hanya ditentukan dari zat gizi saja. Ibu juga perlu memastikan kehamilannya bebas dari gangguan penyakit dan zat berbahaya lainnya.

Tags: #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Nustrisi Buat Ibu Hamil #Nutrisi untuk Ibu Hamil #Page #Persalinan Bayi

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Nutrisi Ibu Hamil Untuk Perkembangan Otak Janin"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.