Pantangan Ibu Hamil, Apa Saja Itu?

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Pantangan Ibu Hamil

By mconnors @morguefile.com

Kehamilan adalah masa paling menyenangkan bagi setiap wanita. Banyak wanita yang rela melakukan apapun untuk mendapatkan si buah hati yang lahir dari rahim sendiri. Kehadiran anak adalah anugerah yang sangat luar biasa bagi setiap pasangan.

Selama hamil, tentunya Anda sering mendengar bahwa ada beberapa pantangan, terutama dalam hal makanan? Makan ini salah, makan itu salah, terus makan apa?

Untuk menjaga kesehatan Anda dan calon bayi Anda, tentunya Anda harus sangat berhat-hati dalam mengkonsumsi makanan. Lalu, apa saja yang menjadi pantangan ibu hamil ? Berikut adalah pantangan makanan ibu hamil yang perlu dihindari.

  • Ikan Mackarel

Ikan memang sangat menyehatkan, tetapi tidak semua ikan aman dikonsumsi ibu hamil. Hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi sepeti mackarel atau kakap merah. Konsumsi sarden, kembung atau ikan air tawar lainnya.

  • Makanan mentah

Berlaku untuk apa saja, baik daging, sayuran dan ikan. Bagi penggemar sushi, nah coba hindari dulu semasa kehamilan. Ikan atau daging mentah mengandung bakteri tokso dan salmonella yang berbahaya bagi janin Anda. Masaklah sayuran dengan matang, tetapi juga jangan terlalu matang agar kandungan vitaminnya tidak hilang.

  • Kafein

Konsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman soda yang berlebihan selama kehamilan dapat menyebabkan resiko keguguran lebih besar. Hal ini juga diperkuat oleh sebuah penelitian. Menurut ­Kaiser Permanente Division of Research pada tahun 2008, ­ perempuan yang mengonsumsi 200 miligram atau lebih kafein setiap hari (setara dengan dua gelas kopi atau lebih, atau lima kaleng soda yang mengandung kafein) memiliki risiko mengalami keguguran dua kali lipat lebih tinggi dari mereka yang tidak meminumnya.

Hindari minuman berkafein di tiga bulan pertama (hamil muda) karena pada masa ini resiko untuk keguguran sangat besar.

  • Keju Lembut dan Susu non-pasteurisasi

Keju jenis BrieCamembertgoat dan feta (keduanya dari susu kambing), queso blancoblue (bintik-bintik biru), atau jenis yang berserat adalah salah satu pantangan untuk ibu hamil karena kemungkinan tidak mengalami pasteurisasi dan mengandung bakteri yang bernama Listeria, yang dapat memicu keracunan makanan dan kelahiran prematur.

  • Telur

Telur memang mengandung protein tinggi yang bermanfaat bagi ibu hamil. Tapi, hati-hati! Telur juga terhadap bakteri Salmonella yang membahayakan kehamilan. Jadi, bagaimana memilih telur yang aman?

Jangan pilih telur yang retak dan pilihlah telur yang disimpan dalam lemari pendingin. Hindari saus salad berbahan dasar telur mentah dan jangan makan telur setengah matang

  • Alkohol dan rokok

Semua orang sudah mengetahui bahaya alkohol dan rokok bagi ibu hamil. ­Perempuan yang sering mengonsumsi minuman beralkohol mengakibatkan sang bayi berisiko tinggi menderita alcohol spectrum disorder yang dapat mengakibatkan berbagai efek. Mulai dari kesulitan belajar ringan hingga berat, kelainan fisik, serta kelainan sistem saraf pusat. Tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Sementara rokok dapat menyebabkan kelahiran prematur dan gangguan perilaku pada anak. Selain itu kandungan nikotin dapat menyebabkan si anak menderita gangguan jantung.

Dengan mengetahui pantangan makanan untuk ibu hamil tersebut, maka mulai sekarang berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan selama kehamilan!

Tags: #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Persalinan Bayi

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Pantangan Ibu Hamil, Apa Saja Itu?"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.