PEMERIKSAAN KEHAMILAN YANG HARUS DIKETAHUI IBU HAMIL | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Pemeriksaan Kehamilan yang Harus Diketahui Ibu Hamil

Ingin V Rapet, Kesat & Bersih dari Keputihan ? Pakai Tongkat Madura
Pemeriksaan Kehamilan Yang Harus Diketahui Ibu Hamil

By imelenchon @morguefile.com

Pemeriksaan kehamilan adalah kegiatan rutin yang dilakukan untuk memantau kesehatan ibu hamil. Tujuan khusus dari pemeriksaan ini adalah mengetahui penyulit yang mungkin terjadi selama kehamilan, mengobati penyakit, serta memberikan konseling seputar kesehatan ibu hamil.

Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1

Pemeriksaan ibu hamil trimester pertama cukup dilakukan sekali. Data yang perlu dikumpulkan adalah tanggal hari pertama haid terakhir dan tes kehamilan. Tujuannya untuk memastikan adanya kehamilan dan mengetahui usia kehamilan. Ibu juga akan diperiksa perutnya untuk menemukan ballottement  dan menaksir usia kehamilannya.

Data lain yang perlu dikumpulkan adalah biodata lengkap, riwayat kehamilan dan persalinan yang lalu, riwayat kesehatan keluarga, dan penyakit yang diderita. Data ini berguna untuk mengetahui kesehatan umum ibu dan penyulit kehamilan yang mungkin terjadi. Untuk mendukungnya dilakukan pemeriksaan fisik secara lengkap, penimbangan berat badan dan tinggi badan, serta kadar hemoglobin. Pada trimester I ini sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG.

Pemeriksaan Kehamilan Trimester 2

Pemeriksaan kehamilan pada trimester kedua bertujuan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin yang ditinjau dari kenaikan berat badan, tanda-tanda vital, keadaan fisik, pembesaran perut, posisi janin, serta denyut jantung janin. Berat badan ibu harus naik setengah kilogram tiap minggu. Berat badan ini merupakan indikasi pertumbuhan janin.

Tanda-tanda vital terdiri dari tekanan darah, jumlah denyut nadi permenit, jumlah nafas permenit, dan suhu badan. Tekanan darah yang normal berkisar antara 110/60 mmHg hingga 140/90 mmHg. Jumlah denyut nadi permenit sekitar 90-120 dan jumlah pernafasan sekitar 20 kali permenit. Suhu badan ibu tidak boleh lebih dari 37,50C.

Pemeriksaan kehamilan berikutnya adalah fisik ibu hamil. Jika terjadi bengkak kaki, varises, pembengkakakan vena jugularis, pembesaran kelenjar tiroid, dan sebagainya berarti ibu perlu perawatan lanjutan yang lebih intensif. Dalam memeriksa fisik, juga dilihat pembesaran rahim untuk memastikan kehamilan normal.

Posisi janin masih berubah-ubah. Pemeriksa perlu mencari posisi punggung janin untuk melakukan pemeriksaan denyut jantung janin. DJJ merupakan tanda pasti kehamilan dan indikator untuk menilai kesehatan janin. Pemeriksaan kehamilan trimester kedua diakhiri dengan konsultasi mengenai keluhan ibu hamil.

Pemeriksaan Kehamilan Trimester 3

Tata cara pemeriksaan pada ibu hamil trimester ketiga sama dengan trimester kedua. Hanya saja, pada pemeriksaan kehamilan trimester ketiga ini bidan atau dokter perlu memastikan posisi janin dan apakah kepala janin sudah memasuki rongga panggul untuk memutuskan cara persalinan. Pada akhir kehamilan sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan letak dan kesehatan janin.

Berbagai keluhan muncul pada trimester ketiga ini sehingga perlu pemeriksaan fisik yang lebih intensif. Ibu perlu diberikan pengarahan mengenai proses persalinan dan cara menghadapinya agar lebih siap. Waspadai adanya perdarahan dan kontraksi rahim yang merupakan tanda bahaya trimester ketiga.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , , Read 104 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories