Pemeriksaan Kehamilan yang Harus Diketahui Ibu Hamil

In Kehamilan
Pemeriksaan Kehamilan Yang Harus Diketahui Ibu Hamil

By imelenchon @morguefile.com

Pemeriksaan kehamilan adalah kegiatan rutin yang dilakukan untuk memantau kesehatan ibu hamil. Tujuan khusus dari pemeriksaan ini adalah mengetahui penyulit yang mungkin terjadi selama kehamilan, mengobati penyakit, serta memberikan konseling seputar kesehatan ibu hamil.

Pemeriksaan Kehamilan Trimester 1

Pemeriksaan ibu hamil trimester pertama cukup dilakukan sekali. Data yang perlu dikumpulkan adalah tanggal hari pertama haid terakhir dan tes kehamilan. Tujuannya untuk memastikan adanya kehamilan dan mengetahui usia kehamilan. Ibu juga akan diperiksa perutnya untuk menemukan ballottement  dan menaksir usia kehamilannya.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Data lain yang perlu dikumpulkan adalah biodata lengkap, riwayat kehamilan dan persalinan yang lalu, riwayat kesehatan keluarga, dan penyakit yang diderita. Data ini berguna untuk mengetahui kesehatan umum ibu dan penyulit kehamilan yang mungkin terjadi. Untuk mendukungnya dilakukan pemeriksaan fisik secara lengkap, penimbangan berat badan dan tinggi badan, serta kadar hemoglobin. Pada trimester I ini sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG.

Pemeriksaan Kehamilan Trimester 2

Pemeriksaan kehamilan pada trimester kedua bertujuan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin yang ditinjau dari kenaikan berat badan, tanda-tanda vital, keadaan fisik, pembesaran perut, posisi janin, serta denyut jantung janin. Berat badan ibu harus naik setengah kilogram tiap minggu. Berat badan ini merupakan indikasi pertumbuhan janin.

Tanda-tanda vital terdiri dari tekanan darah, jumlah denyut nadi permenit, jumlah nafas permenit, dan suhu badan. Tekanan darah yang normal berkisar antara 110/60 mmHg hingga 140/90 mmHg. Jumlah denyut nadi permenit sekitar 90-120 dan jumlah pernafasan sekitar 20 kali permenit. Suhu badan ibu tidak boleh lebih dari 37,50C.

Pemeriksaan kehamilan berikutnya adalah fisik ibu hamil. Jika terjadi bengkak kaki, varises, pembengkakakan vena jugularis, pembesaran kelenjar tiroid, dan sebagainya berarti ibu perlu perawatan lanjutan yang lebih intensif. Dalam memeriksa fisik, juga dilihat pembesaran rahim untuk memastikan kehamilan normal.

Posisi janin masih berubah-ubah. Pemeriksa perlu mencari posisi punggung janin untuk melakukan pemeriksaan denyut jantung janin. DJJ merupakan tanda pasti kehamilan dan indikator untuk menilai kesehatan janin. Pemeriksaan kehamilan trimester kedua diakhiri dengan konsultasi mengenai keluhan ibu hamil.

Pemeriksaan Kehamilan Trimester 3

Tata cara pemeriksaan pada ibu hamil trimester ketiga sama dengan trimester kedua. Hanya saja, pada pemeriksaan kehamilan trimester ketiga ini bidan atau dokter perlu memastikan posisi janin dan apakah kepala janin sudah memasuki rongga panggul untuk memutuskan cara persalinan. Pada akhir kehamilan sebaiknya dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan letak dan kesehatan janin.

Berbagai keluhan muncul pada trimester ketiga ini sehingga perlu pemeriksaan fisik yang lebih intensif. Ibu perlu diberikan pengarahan mengenai proses persalinan dan cara menghadapinya agar lebih siap. Waspadai adanya perdarahan dan kontraksi rahim yang merupakan tanda bahaya trimester ketiga.

Tags: #Pemeriksaan Ibu Hamil #Periksa Ibu Hamil

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Pemeriksaan Kehamilan yang Harus Diketahui Ibu Hamil"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.