PENGERTIAN BAYI BARU LAHIR & CIRI-CIRI BAYI LAHIR NORMAL & SEHAT | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Pengertian Bayi Baru Lahir dan Ciri-Ciri Bayi Lahir Normal dan Sehat

Ingin V Rapet, Kesat & Bersih dari Keputihan ? Pakai Tongkat Madura

Pengertian Bayi Baru Lahir dan Ciri-Ciri Bayi Lahir Normal dan SehatPengertian bayi baru lahir adalah bayi yang berusia 0 hari hingga 28 hari. Di usia ini, kesehatan bayi baru lahir (neonatus) sangat rentan terhadap berbagai macam gangguan atau masalah, sehingga perlu mendapatkan perhatian dan penanganan serius. Makanya, tak perlu heran, sesaat setelah anak lahir akan langsung dilakukan beberapa pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisinya. Dalam dunia kebidanan, langkah ini biasa dikenal sebagai Asuhan Bayi Baru Lahir. Selain itu, bayi juga diharuskan untuk segera diberikan ASI (Air Susu Ibu) dengan melakukan IMD (Inisiasi Menyusu Dini).

Hal ini dilakukan untuk menjamin kelangsungan hidup anak baru lahir agar tetap sehat dan tentu saja selamat. Sebagai informasi tambahan untuk Anda, bahwa menurut data saat ini kematian bayi baru lahir di Indonesia masih cukup tinggi yaitu mencapai 2/3 dari total Angka Kematian Bayi (AKB). Angka kematian bayi ini tidak jauh berbeda dengan angka kematian ibu di Indonesia yang juga masih cukup tinggi.

Masa bayi baru lahir (neonatus) ini, dikatakan sebagai masa-masa berbahaya dalam hidupnya, karena anak harus beradaptasi pada lingkungan yang baru, yang jauh berbeda dari lingkungan sebelumnya. Beberapa adaptasi bayi yang paling krusial itu, di antaranya adalah:

  1. Bernafas, karena tali pusat sudah dipotong maka bayi baru lahir harus bernafas sendiri.
  2. Perbedaan suhu. Suhu di dalam rahim  berkisar 100° F, sementara suhu di luar berkisar 60° C sampai 70° F.
  3. Menghisap dan menelan. Bayi yang baru lahir sudah tidak lagi mendapatkan asupan makanan dari ibu, untuk itu ia harus menghisap dan menelan susu/ASI sendiri.
  4. Saluran dan alat-alat pembuangan akan mulai difungsikan saat bayi sudah di luar.

Secara umum bayi baru lahir dikatakan normal dan sehat, apabila mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Setelah bayi keluar, bayi akan segera menangis
  2. Berat badan bayi berkisar antara 2500 – 4000 gram
  3. Bayi menghisap ASI dengan baik
  4. Bergerak aktif
  5. Warna kulit kemerahan
  6. Tidak ada cacat bawaan lahir
  7. Umur kehamilan 37 – 40 minggu

Itulah hal-hal yang berkaitan tentang bayi baru lahir yang perlu Anda ketahui, untuk Anda yang saat ini sedang menanti kelahiran bayi. Semoga ibu bisa melahirkan selamat dan bayi lahir sehat.

Referensi:

Hurlock, Elizabeth B., Psikologi Perkembangan, Jakarta : Erlangga edisi kelima.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories