Pengertian Bayi Baru Lahir dan Ciri-Ciri Bayi Lahir Normal dan Sehat

Pengertian Bayi Baru Lahir dan Ciri-Ciri Bayi Lahir Normal dan SehatPengertian bayi baru lahir adalah bayi yang berusia 0 hari hingga 28 hari. Di usia ini, kesehatan bayi baru lahir (neonatus) sangat rentan terhadap berbagai macam gangguan atau masalah, sehingga perlu mendapatkan perhatian dan penanganan serius. Makanya, tak perlu heran, sesaat setelah anak lahir akan langsung dilakukan beberapa pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui kondisinya. Dalam dunia kebidanan, langkah ini biasa dikenal sebagai Asuhan Bayi Baru Lahir. Selain itu, bayi juga diharuskan untuk segera diberikan ASI (Air Susu Ibu) dengan melakukan IMD (Inisiasi Menyusu Dini).

Hal ini dilakukan untuk menjamin kelangsungan hidup anak baru lahir agar tetap sehat dan tentu saja selamat. Sebagai informasi tambahan untuk Anda, bahwa menurut data saat ini kematian bayi baru lahir di Indonesia masih cukup tinggi yaitu mencapai 2/3 dari total Angka Kematian Bayi (AKB). Angka kematian bayi ini tidak jauh berbeda dengan angka kematian ibu di Indonesia yang juga masih cukup tinggi.

Masa bayi baru lahir (neonatus) ini, dikatakan sebagai masa-masa berbahaya dalam hidupnya, karena anak harus beradaptasi pada lingkungan yang baru, yang jauh berbeda dari lingkungan sebelumnya. Beberapa adaptasi bayi yang paling krusial itu, di antaranya adalah:

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
  1. Bernafas, karena tali pusat sudah dipotong maka bayi baru lahir harus bernafas sendiri.
  2. Perbedaan suhu. Suhu di dalam rahim  berkisar 100° F, sementara suhu di luar berkisar 60° C sampai 70° F.
  3. Menghisap dan menelan. Bayi yang baru lahir sudah tidak lagi mendapatkan asupan makanan dari ibu, untuk itu ia harus menghisap dan menelan susu/ASI sendiri.
  4. Saluran dan alat-alat pembuangan akan mulai difungsikan saat bayi sudah di luar.

Secara umum bayi baru lahir dikatakan normal dan sehat, apabila mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Setelah bayi keluar, bayi akan segera menangis
  2. Berat badan bayi berkisar antara 2500 – 4000 gram
  3. Bayi menghisap ASI dengan baik
  4. Bergerak aktif
  5. Warna kulit kemerahan
  6. Tidak ada cacat bawaan lahir
  7. Umur kehamilan 37 – 40 minggu

Itulah hal-hal yang berkaitan tentang bayi baru lahir yang perlu Anda ketahui, untuk Anda yang saat ini sedang menanti kelahiran bayi. Semoga ibu bisa melahirkan selamat dan bayi lahir sehat.

Referensi:

Hurlock, Elizabeth B., Psikologi Perkembangan, Jakarta : Erlangga edisi kelima.

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Pengertian Bayi Baru Lahir dan Ciri-Ciri Bayi Lahir Normal dan Sehat"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.