Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis, Biaya & Jadwal Pemberian Imunisasi Bayi

Imunisasi BayiPengertian imunisasi bayi / anak adalah suatu tindakan pencegahan suatu penyakit dengan cara memasukkan cairan tertentu yang bersifat antibodi ke dalam tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Sementara tujuan imunisasi sendiri secara spesifik adalah untuk menghindari resiko penyakit yang membahayakan kesehatan dan menimbulkan kematian. Dengan demikian, sudah terlihat jelas bahwa manfaat imunisasi sangat besar bagi tubuh, terutama untuk balita yang memang belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Jenis Imunisasi pada Bayi

Saat ini, imunisasi untuk bayi dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu imunisasi wajib dan imunisasi tambahan (dianjurkan). Untuk imunisasi wajib, pemerintah mewajibkan 5 jenis vaksinasi bayi/anak, yaitu: BCG, Polio, Hepatitis B, DPT, dan Campak. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), kelima jenis imunisasi tersebut diwajibkan karena dampak dari penyakit tersebut dapat menyebabkan kecacatan hingga kematian.Sementara untuk jenis imunisasi tambahan dianjurkan untuk menambah daya tahan tubuh terhadap beberapa jenis penyakit, di mana vaksinnya meliputi: Hib, Pneumokokus (PCV), Influenza, MMR, Tifoid, Hepatitis A, Varisela, dan HPV

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Biaya Imunisasi

Untuk menyukseskan program imunisasi, sebenarnya Depkes selaku wakil pemerintah telah mencanangkan imunisasi gratis di beberapa tempat, seperti Posyandu atau Puskesmas di bulan-bulan tertentu. Selain itu, pemerintah juga telah memberikan subsidi untuk biaya imunisasi di setiap rumah sakit pemerintah, puskesmas, posyandu, dan sebagainya, sehingga harganya lebih terjangkau oleh masyarakat. Lain halnya, jika Anda melakukan vaksinasi di rumah sakit swasta atau Dokter Spesialis Anak (DSA) yang membuka praktek sendiri, umumnya tidak mendapatkan subsidi.

Jadwal Imunisasi Bayi

Pemberian imunisasi dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) atau pemerintah (depkes). Jadwal imunisasi anak ini biasanya diberikan ketika pertama kali melakukan vaksinasi yang selanjutnya langsung digunakan sebagai catatan imunisasi berikutnya. Di dalam jadwal tersebut, Anda bisa mengetahui kapan Anda harus melakukan imunisasi baru atau imunisasi ulang untuk bayi/anak Anda.

Tags: #Cara Tahu Kalau Hamil

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Pengertian, Manfaat, Tujuan, Jenis, Biaya & Jadwal Pemberian Imunisasi Bayi"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.