Penyebab Mual Saat Hamil dan Cara Menguranginya

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Penyebab Mual Saat Hamil Dan Cara Menguranginya

By grietgriet @morguefile.com

Anda ibu hamil yang sedang mengalami mual? Mungkinkah muncul pertanyaan di benak Anda mengenai penyebab rasa mual tersebut? Lalu, bagaimana cara mengurangi rasa mual saat hamil? Untuk menangkas rasa penasaran Anda, temukan jawaban komplitnya dalam uraian berikut ini.

Mual saat hamil muda merupakan kondisi normal yang dialami sebagian besar wanita. Biasanya, ibu akan merasa mual ketika mencium bau-bauan yang menyengat seperti asap rokok, amis, dan alkohol. Mual juga bisa terjadi saat berada di tempat yang sesak, minim oksigen, panas, dan gerah.

Penyebab mual ini adalah perubahan metabolisme dalam tubuh ibu. Pengeluaran hormon progesteron menyebabkan peningkatan asam lambung yang  memicu rasa mual. Selain itu, peningkatan hormon HCG dan estrogen turut mempengaruhi kondisi tubuh yang menyebabkan mual.

Bagaimana Cara Mencegahnya?

Anda tentu mengkhawatirkan kondisi janin apabila rasa mual saat hamil terus melanda. Janin memerlukan pasokan nutrisi yang berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Terus-menerus mengikuti rasa mual membuat Anda kehilangan nafsu makan. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk mencegah mual sekaligus menjaga kesehatan janin? Simak bebarapa tips berikut ini!

  • Sediakan teh dan biskuit ringan di dekat tempat tidur Anda. Saat bangun pagi, awali hari dengan minum teh dan beberapa potong biskuit tersebut.
  • Ganti pola makan Anda sekarang juga. Makanan yang Anda konsumsi harus dalam porsi kecil agar tidak terlalu kenyang. Untuk mencukupi kebutuhan gizi, Anda dapat makan beberapa kali dalam sehari.
  • Pilihlah makanan kering dan Anda sukai. Tidak semua makanan kering itu buruk. Ada makanan kering yang kaya akan gizi seperti keripik tahu, keripik tempe, stik ketela, stik kentang, atau biskuit sayur.
  • Kandungan vitamin dalam makanan yang diolah hingga matang seperti keripik memang sangat minim. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan segar atau jus. Buah biasanya tidak menimbulkan rasa mual. Ganti menu buah harian Anda agar mendapatkan seluruh kandungan gizinya.
  • Minumlah minuman manis yang melegakan seperti wedang jahe. Minuman ini dapat menghangatkan pencernaan Anda dan mengurangi rasa mual saat hamil. Sedangkan kandungan gula di dalamnya akan mencukupi kebutuhan energi Anda.
  • Hindari hal-hal yang dapat merangsang indera penciuman. Misalnya asap rokok, bau parfum, bau masakan, bau anyir, dan berada di lingkungan yang pengap. Masing-masing orang memiliki sensitifitas berbeda sehingga Anda harus peka mengenai hal-hal yang merangsang rasa mual.
  • Hindari makanan berkuah dan bersantan. Kedua makanan tersebut dapat merangsang mual saat hamil.
  • Hindari makanan yang sulit dicerna dan menyebabkan sulit BAB. Misalnya mie ayam dan mie instan.

Keadaan Bahaya

Apabila Anda mengalami mual saat hamil hingga lemas, maka perlu segera memeriksakan diri ke dokter atau bidan. Keadaan tersebut mengindikasikan rasa mual Anda tidak normal dan perlu pengobatan. Rasa mual hingga trimester kedua kehamilan juga perlu dicurigai sebagai salah satu bentuk penyulit kehamilan.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Penyebab Mual Saat Hamil dan Cara Menguranginya"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.