Perlengkapan Penting yang Dibutuhkan Saat Proses Melahirkan

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Perlengkapan Yang Dibutuhkan Saat Proses Melahirkan

By Kolobsek @sxc.hu

Kecemasan keluarga saat proses melahirkan tidak dapat dihindari. Pertaruhan nyawa ibu dan janin kerap kali menyedot perhatian hingga keluarga kurang konsentrasi untuk memenuhi kebutuhan selama persalinan berlangsung. Seringkali suami atau orang tua harus bolak-balik untuk membeli berbagai perlengkapan yang dibutuhkan. Parahnya, harga perlengkapan di tempat bersalin acapkali melambung dibandingkan harga di pasaran. Hal ini terjadi karena pembeli alias keluarga sangat membutuhkan sehingga mau membayar dengan harga yang sangat mahal.

Agar keluarga dapat memberikan perhatian penuh terhadap kesehatan ibu dan janin, sebaiknya Anda menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan selama proses melahirkan berlangsung jauh-jauh hari. Selain praktis, Anda juga dapat menghemat pengeluaran karena harus membeli perlengkapan dengan harga mahal. Berikut ini beberapa perlengkapan pokok yang harus Anda siapkan menjelang persalinan.

Perlengkapan Untuk Bersalin Normal

  1. Selendang atau jarik. Selendang atau jarik ini diperlukan untuk menyelimuti ibu atau menutup tubuh ibu. Biasanya ibu dianjurkan untuk melepas pakaian agar lebih mudah saat proses persalinan dan saat IMD. Nah, agar lebih praktis tubuh ibu ditutup dengan selendang yang mudah dilepas dan dipakai kembali.
  2. Baju hem. mengenakan baju hem dapat mempermudah proses menyusui ibu atau IMD. Baju hem juga mudah dilepas apabila ibu harus dipasang Infus. Pilih hem yang longgar dan berlengan pendek sehingga Anda tidak ribet bila selama proses melahirkan harus dilakukan tindakan.
  3. Topi bayi. Seringkali ibu lupa menyiapkan topi bayi. Padahal, topi bayi sangat diperlukan untuk menjaga temperatur tubuh bayi.
  4. Pembalut. Sebagian bidan membutuhkan pembalut untuk membersihkan darah dan kotoran yang keluar selama proses melahirkan. Terkadang pembalut juga digunakan untuk menahan robekan vagina. Siapkan pembalut dalam jumlah banyak karena akan dibutuhkan hingga masa nifas.
  5. Kain segiempat. Kain segiempat dengan ukuran 1-1,5 m2 ini diperlukan untuk menyelimuti bayi pada saat IMD. Kain ini biasanya juga digunakan sebagai pakaian luar bayi.
  6. Handuk. Bayi baru lahir akan langsung dibersihkan dari lendir, darah, dan cairan ketuban. Sediakan dua handuk untuk membersihkan bayi.

Tambahan Perlengkapan Caesar

  • Gurita. Digunakan untuk membungkus perut ibu pasca operasi.
  • Underpade besar. Underpade bisa diganti semacam pampers besar.

Perlengkapan yang diperlukan selama proses persalinan melalui caesar hampir sama dengan persalinan normal. Hanya saja ada tambahan gurita dan underpade karena selepas operasi ibu belum sadar dari pengaruh obat bius sehingga saluran pembuangannya belum dapat dikontrol.

Perlengkapan di atas diperlukan untuk proses melahirkan saja. Selain perlengkapan tersebut, ibu perlu menyiapkan pakaian bayi, alat mandi, dan berbagai kebutuhan lainnya. Sebaiknya letakkan perlengkapan persalinan dalam satu tas khusus agar mudah untuk diambil bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kebutuhan Persalinan #Kehamilan #Page #Peralatan Persalinan #Perlengkapan Melahirkan

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Perlengkapan Penting yang Dibutuhkan Saat Proses Melahirkan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.