Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Persalinan Ibu Melahirkan Di Rumah

By lonniehb @sxc.hu

Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas kesehatan seperti puskesmas, bidan praktek, rumah sakit, atau rumah bersalin. Padahal, semua tempat tersebut terkadang menjadi momok bagi seorang ibu. Bila sudah takut dengan tempat bersalin, ibu akan menjadi stress dan proses persalinan justru terhambat.

Solusi persalinan ibu melahirkan yang takut dengan fasilitas kesehatan sekarang ini bisa dilakukan di rumah. Beberapa waktu yang lalu persalinan di rumah memang tidak dianjurkan. Namun, mengingat keadaan rumah orang Indonesia sekarang ini lebih bersih dan higienis maka persalinan di rumah diperbolehkan kembali.

Melahirkan di rumah tentu akan terasa lebih nyaman ketimbang di tempat bersalin. Suasana rumah yang lebih kondusif akan membawa ketenangan tersendiri bagi ibu. Namun, rumah yang bisa digunakan untuk bersalin memiliki syarat tertentu seperti

  • Ruang bersalin bersih
  • Terdapat kamar mandi yang bersih
  • Air mengalir dengan lancar
  • Kondisi ruangan tidak pengap
  • Perlengkapan persalinan komplit
  • Jarak rumah dengan fasilitas kesehatan dekat
  • Tersedia kendaraan untuk transportasi

Nah, bila semua syarat telah terpenuhi maka persalinan di rumah sangat mungkin untuk dilakukan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Belanda, persalinan di rumah justru dapat menurunkan resiko perdarahan. Mengapa? karena kondisi yang menyenangkan bagi ibu dapat mempercepat proses persalinan sehingga tidak terjadi kegawatdaruratan. Selain itu, saat di rumah ibu juga lebih rileks mengonsumsi makanan sehingga energinya bertambah.

Persalinan ibu melahirkan di rumah hanya boleh dilakukan untuk ibu hamil normal. Ibu yang memiliki resiko kelainan harus dirawat di rumah sakit dengan fasilitas seksio untuk menurunkan resiko kematian ibu dan bayi.

Meskipun sangat mungkin untuk dilakukan, namun persalinan ibu melahirkan di rumah masih jarang ditemui. Masalahnya jarang bidan yang mau menanggung resiko bila terjadi kegawatdaruratan. Persalinan di rumah justru banyak terjadi di pedesaan di mana penduduknya masih tabu dengan fasilitas kesehatan sehingga petugas harus mendatangi rumahnya. Padahal, kondisi rumah di pedalaman justru tidak mendukung persalinan sesuai aturan.

Sebelum memutuskan untuk melakukan persalinan ibu melahirkan di rumah atau fasilitas kesehatan sebaiknya konsultasikan dengan bidan atau dokter Anda. Bila telah ditemukan kesepakatan dan semua syarat dipenuhi, maka persalinan di rumah mungkin sekali untuk dilakukan.

Tags: #Kehamilan Trisemester 2 #Melahirkan di Rumah #Page #Persalinan di Rumah #Persalinan Normal

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Hari Ini Biaya Melahirkan Masih Gratis
Hari Ini Biaya Melahirkan Masih Gratis
Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka

Leave a reply "Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.