Persalinan Sesuai Masa Kehamilan

In Kehamilan
Persalinan Sesuai Masa Kehamilan

By anitapeppers @morguefile.com

Persalinan bisa saja terjadi sepanjang masa kehamilan, baik pada awal, tengah, maupun akhir. Pengakhiran kehamilan pada masa tertentu mempengaruhi kehidupan ibu dan janin. Misalnya, persalinan pada awal kehamilan tentu akan menghentikan harapan hidup janin atau persalinan lewat waktu yang juga membahayakan nyawa janin dan ibu.

Abortus

Pengakhiran kehamilan sebelum usia kehamilan 20 minggu disebut abortus. Abortus dibedakan menjadi tiga yaitu spontan, kriminal, dan tindakan medis. Abortus spontan terjadi tanpa disengaja. Penyebab abortus spontan antara lain stres kehamilan, beban berat, terjatuh, penyakit tertentu, serta kelainan fisiologis. Abortus spontan akan mengakibatkan kesedihan yang mendalam bagi ibu.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Abortus kriminal adalah pengakhiran masa kehamilan yang disengaja dengan berbagai tindakan. Apapun alasannya, mengakhiri kehamilan tanpa alasan medis tidak dibenarkan. Nah, apabila pengakhiran kehamilan dilakukan untuk menyelamatkan nyawa ibu, maka diperbolehkan.

Berdasarkan pengeluaran janin, Abortus dibagi menjadi imminens, inkompletus, kompletus, habitualis, dan missed abortion. Abortus imminens adalah perdarahan yang terjadi pada masa kehamilan kurang dari 20 minggu tanpa disertai peluruhan janin. Abortus inkompletus terjadi apabila sebagian janin telah keluar, sedangkan abortus kompletus adalah keguguran yang terjadi dimana janin telah keluar seluruhnya. Abortus habitualis adalah keguguran spontan yang terjadi lebih dari 3 kali. Terakhir, missed abortion yaitu kematian janin yang tidak dikeluarkan hingga 8 minggu atau lebih.

Prematur

Persalinan prematur terjadi pada usia kehamilan 28-38 minggu. Bayi yang dilahirkan prematur lebih rentan daripada bayi matur. Alasannya, bayi tersebut kurang sempurna; lemak di bawah jaringan kulit sangat rendah sehingga beresiko hipotermi dan surfaktan belum diproduksi secara optimal. Bayi prematur akan menangis lemah dan bernapas pelan saat dilahirkan.

Cukup Bulan

Bayi seharusnya dilahirkan cukup bulan agar dapat tumbuh sehat dan optimal. Bayi yang lahir cukup bulan telah siap menghadapi dunia luar sehingga resiko kematian neonatus cenderung lebih rendah. Untuk dapat melahirkan pada masa kehamilan cukup bulan, ibu harus menjaga baik-baik kandungannya dan memperhatikan usia kehamilannya.

Post Date

Kehamilan lewat waktu adalah persalinan di atas usia kehamilan 42 minggu. Persalinan lewat waktu juga tidak baik untuk janin dan ibunya. Masalahnya, persalinan lewat waktu menyebabkan janin di dalam kandungan kekurangan nutrisi karena fungsi plasenta telah menurun drastis. Janin yang lewat masa kehamilan biasanya beresiko terserang asfiksia dan fetal distres (stres janin). Kehamilan lewat waktu ditandai dengan ketuban berwarna keruh atau kuning, kulit janin keriput, verniks kaseosa dan lanugo berkurang, serta penebalan rambut kepala.

Tags: #Masa Hamil #Masa Kehamilan #Persalinan Masa Kehamilan

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Persalinan Sesuai Masa Kehamilan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.