PERSIAPAN IBU SAAT HAMIL 9 BULAN | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Persiapan Ibu Saat Hamil 9 Bulan

Ingin V Rapet, Kesat & Bersih dari Keputihan ? Pakai Tongkat Madura
Persiapan Ibu Saat Hamil 9 Bulan

By gracey @morguefile.com

Detik-detik persalinan seolah menanti ibu pada saat hamil 9 bulan. Ibu harus menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk persalinan nanti. Tentunya dalam hal materi maupun mental. Lalu, apa sajakah yang perlu disiapkan untuk menyambut kelahiran buah hati tercinta?

Pastikan Tempat dan Penolong Persalinan

Tujuan memeriksakan kehamilan pada saat hamil 9 bulan tidak hanya untuk memastikan kesehatan ibu, tapi juga untuk mengatahui cara persalinannya nanti. Jika kepala janin sudah masuk panggul, ukuran panggul ibu normal, tinggi fundus uteri sesuai usia kehamilan, denyut jantung janin normal, dan keadaan umum ibu baik, maka cara persalinan yang dipilih adalah pervaginam dengan penolong bidan. Namun, apabila terjadi penyulit persalinan, maka harus ditolong dokter kandungan di tempat yang menyediakan fasilitas operasi.

Pilih Keluarga yang Akan Menemani Nanti

Tentunya Anda tidak akan melahirkan sendiri bukan? Anda butuh pendamping persalinan yang nantinya akan menemani Anda selama proses persalinan. Orang itu bisa suami, ibu atau kakak. Pilihlah suami dan keluarga lain yang pernah melahirkan sehingga tahu apa yang harus dilakukannya saat persalinan nanti.

Perlengkapan Persalinan

Siapkan tas yang berisi pakaian Anda dan bayi, alat mandi Anda dan bayi, bahkan perlengkapan operasi seperti gurita dan pembalut besar. Tempatkan tas tersebut di tempat yang mudah terlihat sehingga Anda tidak perlu repot saat tanda persalinan sudah muncul. Jangan lupa untuk segera menyiapkan kendaraan yang mengantar Anda ke tempat persalinan nanti karena kini Anda hamil 9 bulan. Selain itu, agar lebih praktis Anda juga perlu menyiapkan kebutuhan orang yang menemani persalinan Anda nanti. Pastikan perlengkapan persalinan yang akan dibawa lengkap.

Pelajari Tanda-Tanda Persalinan

Anda harus mengetahui tanda-tanda persalinan seperti keluar darah dan kontraksi rahim. Kontraksi yang disebabkan proses persalinan bersifat menetap, semakin lama semakin sering, dan tidak berhenti jika digunakan untuk berjalan atau istirahat. Berbeda dengan kontraksi semu yang tidak kontinyu dan akan hilang jika Anda berjalan-jalan. Kontraksi semu sering terjadi pada ibu hamil 9 bulan.

Persiapkan Mental

Setiap ibu pasti cemas dengan proses persalinannya nanti, meskipun ia sudah pernah melahirkan. Perasaan ini wajar karena persalinan sendiri adalah sebuah misteri. Terkadang diagnosa sehat yang diberikan berubah menjadi gawat ketika perdarahan tiba-tiba terjadi. Oleh karena itu, ibu perlu persiapan mental.

Berdoa adalah cara yang paling efektif untuk mengusir ketakutan. Selain itu, keluarga juga perlu memberikan dukungan bahwa ibu pasti bisa melewati proses persalinan dengan selamat. Dukungan ini akan mengurangi stres ibu yang merupakan hambatan dalam proses persalinan.

Persiapan Biaya Persalinan

Persiapan biaya persalinan juga penting ketika persalinan menjelang. Meskipun persiapan ini sudah dilakukan sejak awal, namun Anda harus memastikan kembali kecukupan dana untuk hal-hal di luar dugaan. Keadaan ekonomi yang mencukupi merupakan salah satu faktor yang membuat ibu semakin tenang.

Nah, itulah 6 hal yang harus disiapkan menjelang kelahiran buah hati Anda. Persiapan yang baik akan mendukung kelancaran proses persalinan. Oleh karena itu, ibu perlu memperhatikan hal-hal di atas pada saat hamil 9 bulan. Semoga bermanfaat dan nantikan informasi kehamilan kami berikutnya.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , , Read 104 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories