Persiapan Kehamilan Pasca Keguguran

In Kehamilan
Persiapan Kehamilan Pasca Keguguran

By jeltovski @morguefile.com

Keguguran bukan berarti seorang wanita tidak dapat mengandung lagi seumur hidup. Kejadian tersebut sudah banyak terjadi dan para wanita terbukti dapat hamil dengan sehat setelahnya. Sebaiknya ibu menunda kehamilan hingga 3 bulan setelah keguguran untuk memulihkan kesehatan rahim. Selama tiga bulan itu, lakukan persiapan kehamilan pasca keguguran berikut ini.

Perbaikan Gizi

Agar cepat hamil setelah keguguran, Anda perlu memperbaiki status gizi. Zat gizi yang penting untuk ibu hamil pasca keguguran adalah asam folat, vitamin E, dan protein. Asam folat dan protein sangat diperlukan untuk tumbuh kembang janin sejak awal kehidupan. Bila sewaktu-waktu hamil, tubuh Anda telah siap memberikan yang terbaik. Vitamin E terkenal mampu menyuburkan rahim. Untuk itu, ibu pasca keguguran dianjurkan banyak mengonsumsi vitamin E agar cepat hamil.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Istirahat Cukup

Bila penyebab keguguran adalah kurang istirahat atau bekerja berat, maka ibu dianjurkan untuk banyak istirahat agar kejadian tersebut tidak berulang kembali. Untuk persiapan kehamilan pasca keguguran, mungkin perlu mengurangi aktivitas dan beban kerja untuk sementara waktu. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh sehingga kualitas istirahat semakin baik.

Hindari Rokok

Merokok dapat menghambat peredaran darah. Hemoglobin yang seharusnya berikatan dengan oksigen akan berikatan dengan karbondioksida atau karbonmonoksida sehingga meracuni tubuh. Karena darah janin berasal dari ibu, maka pertumbuhan janin juga ikut terhenti akibat racun dari rokok. Apabila ingin hamil kembali, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok.

Hentikan Konsumsi Alkohol

Berdasarkan berbagai penelitian, alkohol dapat mengganggu kesehatan tubuh, utamanya saraf. Sel saraf adalah pengatur kehidupan manusia sehingga bila sel tersebut rusak, maka rusaklah semua aktivitas organ. Sebagai persiapan kehamilan pasca keguguran, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Rekreasi

Tips persiapan kehamilan pasca keguguran ini mungkin terkesan aneh. Berdasarkan data di lapangan, sebagian besar ibu mengalami depresi ringan pasca keguguran. Ada semacam perasaan bersalah karena tidak mampu menjaga buah hatinya. Emosional ini justru dapat menghambat kesuburan rahim. Oleh sebab itu, luangkan waktu bersama teman untuk rekreasi agar perasaan Anda menjadi lebih baik.

Tes Darah

Salah satu penyebab keguguran adalah infeksi toksoplasmosis. Untuk menghindari keguguran secara berulang, Anda mungkin perlu tes darah di laboratorium. Bila terdapat toksoplasmosis dalam darah, maka harus menjalani pengobatan terlebih dahulu sebelum hamil. Cara ini lebih baik dilakukan pada persiapan kehamilan pasca keguguran daripada mengandung bayi cacat akibat penyakit TORCH.

Tags: #Hamil Setelah Keguguran #Kehamilan Setelah Keguguran #Persiapan Setelah Keguguran

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Persiapan Kehamilan Pasca Keguguran"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.