Perubahan Fisiologis Pada Kehamilan Trimester Kedua

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Perubahan Fisiologis Pada Kehamilan Trimester Kedua

By grietgriet @morguefile.com

Fisiologis ibu hamil trimester kedua berbeda dengan ibu hamil trimester pertama. Perubahan ini terjadi pada sistem reproduksi secara umum, pernafasan, kardiovaskular, pencernaan, urinaria, integumen, dan endokrin. Perubahan tersebut menyebabkan ketidaknyamanan tertentu pada ibu hamil. 

Sistem Reproduksi

Bentuk rahim ibu berubah menjadi bulat, kemudian secara berangsur menjadi lonjong seperti telur. Rahim keluar dari rongga panggul karena mengalami pembesaran akibat perkembangan janin. Jika diraba dari luar, terasa seperti memegang balon yang berisi air. Pada kehamilan trimester kedua ini terjadi quickening, yaitu pergerakan pertama janin.

Sebelumnya, indung telur (ovarium) bertugas memproduksi hormon-hormon kehamilan. Namun, pada trimester kedua ini fungsi tersebut digantikan oleh plasenta yang telah matang. Ovarium juga menghentikan proses  pematangan sel telur selama masa kehamilan hingga beberapa saat setelah persalinan.

Pada kehamilan trimester kedua ini terjadi hipervaskularisasi pada vulva dan vagina sehingga meningkatkan keinginan seksual. Stimulasi estrogen dan progesteron menyebabkan ibu keputihan hingga memenuhi saluran jalan lahir. Terkadang ibu mengeluh gatal-gatal di area kemaluan akibat peningkatan cairan tersebut.

Jalan lahir menjadi lebih lunak dan warnanya lebih gelap. Perlunakan jalan lahir dipengaruhi oleh peningkatan estrogen, sedangkan warna gelap pada serviks merupakan akibat dari hipervaskularisasi pembuluh darah serviks. Keadaan ini normal dan tidak memerlukan penanganan khusus.

Pernafasan

Memasuki kehamilan trimester kedua ini terjadi penurunan tekanan karbondioksida sehingga ibu mengeluh sesak nafas. Kejadian tersebut dipengaruhi oleh peningkatan hormon progesteron. Ibu hamil bernafas lambat dan dalam untuk mencukupi kebutuhan oksigen. Kira-kira ia bernafas dua kali dalam satu menit. Cara pernafasan seperti ini menyebabkan penurunan konsentrasi karbondioksida  paru-paru.

Kardiovaskular 

Volume darah meningkat pesat karena proses hemodilusi. Plasma darah dan sel darah merah diperbanyak. Namun, jumlah plasma jauh lebih besar dibandingkan sel darah merah sehingga ibu mengalami anemia fisiologis. Pelebaran pembuluh darah tepi menyebabkan penurunan tekanan darah, baik sistol maupun diastol hingga 10% pada pertengahan kehamilan.

Pencernaan

Pada kehamilan trimester kedua ini terjadi peningkatan produksi hormon progesteron. Akibatnya otot pencernaan melemah dan menurunkan kecepatan gerak peristaltik.  Kejadian tersebut menyebabkan makanan berada lama di saluran pencernaan. Dampak positif dari proses tersebut adalah optimalisasi penyerapan nutrisi, namun juga menyebabkan ibu sulit BAB dan sering kembung.

Sistem Urinaria, Integumen, dan Endokrin

Keluarnya rahim dari rongga panggul menyebabkan tekanan kandung kemih menurun sehingga ibu tidak lagi mengeluh sering BAK. Hiperpigmentasi pada daerah perut dan wajah terus berlangsung dan semakin parah seiring bertambahnya usia kehamilan. Pada sistem endokrin (hormonal) terjadi penurunan FSH dan LH yang disertai peningkatan estrogen dan progesteron. Perubahan sistem hormonal ini menyebabkan perubahan payudara.

Nah, uraian di atas merupakan proses fisiologis yang berlangsung selama kehamilan trimester kedua. Perubahan tersebut bersifat alami dan tidak memerlukan penanganan. Namun, ibu tetap wajib memeriksakan kehamilannya tiap bulan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Hamil Trisemester Kedua #Kehamilan #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2 #Page

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Perubahan Fisiologis Pada Kehamilan Trimester Kedua"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.