Proses Terjadinya Kehamilan Ganda

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Proses Terjadinya Kehamilan Ganda

By rmontiel85 @morguefile.com

Mengandung bayi ganda merupakan suatu misteri tersendiri bagi ibu dan keluarga. Kehamilan kembar ini sedikit banyak memiliki perbedaan dengan kehamilan tunggal. Perbedaan itu dimulai sejak proses pembuahan. Penasaran bagaimana proses terjadinya kehamilan ganda ? Baca terus artikel ini hingga tuntas. 

Monozigotik

Peristiwa pembuahan pada kehamilan ganda monozigotik sama dengan kehamilan tunggal yaitu satu sel telur dibuahi oleh satu sperma. Pada proses berikutnya sel telur yang telah dibuahi tersebut akan membelah menjadi dua, tiga, empat, dan seterusnya. Inilah perbedaan dengan kehamilan tunggal dimana sel telur tetap menyatu.

Waktu pembelahan zigot mempengaruhi jumlah plasenta dan selaput ketuban (korion dan amnion). Apabila pembelahan terjadi pada tiga hari pertama setelah pembuahan, maka masing-masing janin akan memiliki selaput amnion dan korion sendiri. Pembelahan yang terjadi pada hari ke-4 hingga ke-8 menyebabkan janin memiliki dua selaput amnion berbeda dan satu selaput korion. Pembelahan pada hari ke-9 hingga ke-12 menyebabkan janin memiliki satu selaput saja. Pada kehamilan kembar ini, janin bisa memiliki plasenta masing-masing atau satu plasenta dengan dua tali pusat.

Bayi yang dilahirkan dari kembar monozigotik memiliki ciri fisik yang sama. Biasanya jenis kelamin bayi tersebut sama, wajah, bayangan, dan ukuran antropologik juga sama. Bahkan, kedua bayi tersebut memiliki sidik jari dan telapak tangan yang sama atau terbalik satu sama lain.

Kembar Siam

Proses terjadinya kehamilan kembar siam berasal dari satu sel telur yang membelah pada hari ke-13 atau lebih. Janin kembar siam hanya memiliki satu selaput amnion dan korion, kemungkinan besar satu plasenta, dan tubuhnya saling melekat. Bagian tubuh yang melekat ini berbeda-beda tergantung proses pembelahan.

Dizigotik

Kembar dizigotik disebut juga heterolog, fraternal, atau binovuler. Ciri kembar dizigotik adalah memiliki wajah dan fisik yang berbeda, kemungkinan berjenis kelamin berbeda, dan memiliki sifat yang berbeda. Sekitar 2/3 bayi yang terlahir di dunia ini berasal dari kembar dizigotik.

Proses terjadinya kehamilan kembar dizigotik berawal dari dua sel telur yang matang secara bersamaan. Sel telur ini berasal dari ovarium kanan dan kiri. Pada saat berhubungan, sperma berhasil membuahi kedua sel telur tersebut. Karena berasal dari sel telur yang berbeda, maka kasus kembar dizigotik selalu memiliki dua plasenta, 2 korion, dan 2 amnion.

Superfekundasi

Kehamilan superfekundasi berasal dari dua sel telur yang dibuahi dua sperma. Proses terjadinya kehamilan superfekundasi didahului dua kali berhubungan seks dalam waktu berbeda dengan selang waktu yang pendek. Kehamilan ini hampir sama dengan kehamilan dizigotik. Hanya saja, apabila dua sperma yang membuahi berasal dari laki-laki yang berbeda, maka ciri fisik dan DNA kedua janin juga jauh berbeda.

Nah, sekarang Anda telah mengenali macam-macam proses terjadinya kehamilan ganda. Dalam kehamilan ganda perlu perawatan dan penjagaan yang lebih intens. Namun, memiliki dua janin dalam perut merupakan suatu kebahagiaan tersendiri yang tidak dapat dirasakan setiap ibu.

Tags: #Hamil Ganda #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Ganda #Kehamilan Trisemester 2 #Persalinan Bayi

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Proses Terjadinya Kehamilan Ganda"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.