Rahasia Dibalik Hamil 5 Bulan

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Fakta Ibu Hamil 5 Bulan

By kornrolla @morguefile.com

Perubahan fisiologis dan psikologis selalu terjadi pada ibu dan janinnya seiring berjalannya waktu. Jika sebelumnya di sini kita telah membahas mengenai hamil 4 bulan dan hamil 7 bulan, kini kita akan berbicara mengenai keunikan ibu dan janin pada usia hamil 5 bulan. Penasaran? yuk, kita lanjut.

17 Minggu

Pada usia 17 minggu, janin Anda sudah dapat merasakan sentuhan dan memberikan respon terhadap sentuhan tersebut. Respon yang diberikan berupa gerakan yang mungkin belum Anda rasakan. Genetalia janin telah terbentuk. Artinya, buah hati Anda kini telah memiliki jenis kelamin; pria atau wanita. Jika beruntung, ibu sudah dapat mengetahui jenis kelamin buah hatinya melalui USG.

Menginjak 17 minggu, rasa mual dan muntah ibu jauh berkurang. Nah, saat hamil 5 bulan ini adalah momen untuk memperbaiki gizi dan mengonsumsi suplemen yang mendukung tumbuh kembang janin. Hubungan dengan suami dan keluarga juga semakin hangat, termasuk dalam hal seksual.

18 Minggu

Kini janin Anda tidak hanya peka terhadap sentuhan, namun juga peka terhadap rangsangan suara. Suara dari luar seperti musik, pertengkaran, pembicaraan, dan sejenisnya akan direspon dengan gerakan. Biasanya dia akan bergerak terus-menerus atau menendang hebat jika mendengar suara yang terlalu keras.

Denyut jantung janin mulai terdengar melalui pemeriksaan dengan menggunakan alat Doppler. Bagi sebagian ibu yang gemuk suara ini sulit didengarkan karena terhalangi lemak di perut. Suara denyut jantung janin menjadi salah satu tanda pasti bahwa ibu sedang mengandung.

19 Minggu

Pada usia ini, sel saraf sedang memperbanyak diri untuk membentuk bagian-bagian otak yang memiliki fungsi masing-masing. Pembentukan jaringan otak juga berjalan sehingga terjadi proses berpikir. Selain itu, janin juga telah memproduksi urin karena ginjalnya telah berfungsi sempurna.

Biasanya ibu menduga-duga aktivitas janinnya pada saat hamil 5 bulan. Pertumbuhan dan perkembangan janin berjalan sangat pesat pada usia ini sehingga wajar apabila ibu selalu ingin tahu tentang janinnya. Tinggi fundus uteri ibu mencapai 3 jari bawah pusat dan teraba benjolan yang belum begitu jelas.

20 Minggu

Pada saat hamil 5 bulan, janin telah memiliki rambut halus di kepala. Rambut ini akan terus menebal seiring berjalannya waktu. Selain rambut di kepala, kulitnya juga ditumbuhi rambut halus yang disebut lanugo. Disisi lain, tubuh janin mulai menyimpan cadangan lemak di bawah kulit sehingga kulitnya lebih tebal. Panjang janin mencapai 25 cm dengan berat badan 280 g.

Ibu harus berhati-hati karena berbagai penyulit kehamilan seperti hipertensi esensial, preeklampsi, dan penyakit jantung mulai mengintai. Biasanya, ibu yang memiliki kelainan mulai menampakkan gejala pada masa ini. Oleh karena itu, ibu perlu memeriksakan kehamilan secara teratur.

Apabila dokter menyatakan kehamilan ibu sehat, maka saatnya memulai senam hamil. Pada usia hamil 5 bulan ini janin telah tertanam kuat sehingga memungkinkan ibu untuk melakukan senam. Senam hamil dapat membuat ibu semakin bugar sehingga janin pun tumbuh optimal.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Rahasia Dibalik Hamil 5 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.