Resiko Melahirkan dalam Air

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

 

Resiko Melahirkan Dalam Air

By ab5506 @sxc.hu

Melahirkan dalam air atau yang sering disebut dengan istilah waterbirth semakin diminati. Banyak ibu-ibu yang antusias untuk mengetahui seluk beluk waterbirth. Kebanyakan petugas medis atau dokter akan menjelaskan kelebihan yang bisa diambil dari melahirkan di air tersebut. Padahal, melahirkan di air juga memiliki banyak resiko. Apa saja?

Masuknya air ke paru-paru

Melahirkan di dalam air dapat menyebabkan tali pusat terkompresi sehingga bayi megap-megap dan menelan air. Nah, air yang ditelan tersebut akan masuk ke paru-paru. Akibat dari kejadian ini bisa fatal dan berujung pada kematian. Oleh karena itu, pastikan tenaga penoling telah professional sehingga kejadian serupa tidak terjadi pada Anda.

Bayi Tenggelam

Bila saat melahirkan bayi tidak secepatnya dibawa ke udara bebas, maka bayi bisa tenggelam. Akibatnya beberapa penyakit seperti pneumonia dan infeksi otak bisa menjangkiti bayi. Itulah alasan mengapa Amerika tidak memasukkan melahirkan  dalam air sebagai bentuk persalinan yang layak.

Tertular Penyakit Infeksi

Kuman penyebab penyakit infeksi dapat menular dengan mudah melalui air. Penularan bisa pada penolong atau bayi yang dilahirkan. Perlu pemeriksaan lengkap untuk memastikan kondisi ibu bebas dari penyakit menular sebelum memutuskan melahirkan dalam air.

Hipotermia

Bila proses persalinan berlangsung lama, maka ibu akan mengalami hipotermia alias suhu tubuh rendah. Keadaan ini akan menurunkan kondisi umum ibu secara keseluruhan. Bila batas waktu persalinan normal telah terlewati, sebaiknya segera ambil tindakan yang diperlukan. Selain itu, usahakan ibu masuk ke air yang selalu hangat tepat saat bayi akan keluar.

Temperatur Syok Pada Bayi

Bila temperature air kurang sesuai dengan temperature ibu, maka bayi bisa mengalami syok. Ini sangat berbahaya dan seringkali terjadi. Oleh karena itu, pastikan air selalu dalam keadaan hangat dengan memasang temperature air.

Untuk mengurangi resiko di atas, biasanya melahirkan di air akan ditemani dokter ahli kandungan dan dokter spesialis anak sekaligus. Setelah bayi dilahirkan, maka dokter spesialis anak akan memberikan perawatan agar air yang tertelan bisa dikeluarkan sehingga tidak mengganggu pernapasan.

Tags: #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2 #Melahirkan di Air #Melahirkan di Dalam Air #Persalinan Dalam Air

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas
Hari Ini Biaya Melahirkan Masih Gratis
Hari Ini Biaya Melahirkan Masih Gratis
Menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka

Leave a reply "Resiko Melahirkan dalam Air"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.