Segala Tentang Senam Hamil

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Segala Tentang Senam Hamil

By mzacha @morguefile.com

Mengapa ibu hamil dianjurkan melakukan senam hamil ? Banyak sekali manfaat yang dapat Anda raih dari kebiasaan melakukan senam khusus ibu hamil, baik selama menjalani masa kehamilan maupun saat melahirkan nanti. Lalu, apakah semua ibu hamil boleh melakukan senam ini dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya? Temukan jawabannya dalam uraian berikut.

Manfaat

Manfaat senam hamil adalah menjaga kesehatan tubuh selama masa kehamilan sekaligus menyiapkan otot-otot yang digunakan untuk proses persalinan. Dalam menjaga kesehatan tubuh, senam ini bekerja membakar plak kolesterol sekaligus menurunkan kadar kolesterol darah, meningkatkan absorbsi oksigen, melenturkan otot yang kaku, menambah nafsu makan, meningkatkan kualitas tidur, dan melancarkan pencernaan.

Senam selama kehamilan juga dapat mengurangi keluhan ibu hamil seperti varises, bengkak, pusing, dan nyeri kaki. Hal ini disebabkan peredaran darah ibu yang teratur melakukan senam selama hamil menjadi lancar dan otot-ototnya teregang sehingga aliran cairan tubuh tidak terhambat.

Senam ibu hamil juga bertujuan melancarkan proses persalinan dengan cara melatih kekuatan otot panggul, meningkatkan elastisitas otot panggul, mempercepat penurunan kepala janin, menguatkan otot perut dan diafragma, melatih pernafasan, dan meningkatkan elastisitas otot-otot jalan lahir.

Skrining

Tidak semua ibu hamil boleh melakukan senam hamil. Bagi ibu hamil dengan kelainan seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, kelainan pernafasan, dan anemia kehamilan tidak boleh melakukan senam. Ibu dengan riwayat kehamilan yang buruk seperti pernah abortus, perdarahan, dan preeklampsi juga tidak dianjurkan melakukan senam hamil ini. Sebaiknya konsultasikan diri Anda dengan dokter sebelum memulai senam.

Waktu

Senam hamil mulai dilakukan pada usia kehamilan 22 minggu. Sebaiknya ibu melakukan senam hamil pada pagi hari ketika udara masih sangat segar sehingga oksigen yang dihirup lebih banyak dan belum terkontaminasi zat berbahaya. Senam ibu hamil ini bisa dilakukan di kelas-kelas kehamilan atau melakukan sendiri di rumah. Lakukan senam hamil secara teratur, misalnya rutin lima hari sekali.

Pakaian

Pakaian yang dikenakan untuk senam hamil harus longgar dan menyerap keringat. Tujuannya agar ibu tidak merasa gerah dan tidak menghalangi gerakan senam. Tidak perlu membeli baju khusus. Ibu dapat mengenakan baju yang dimilikinya. Mungkin, lebih baik memakai celana daripada rok.

Ibu tidak diperbolehkan melakukan senam khusus kehamilan di atas lantai tanpa alas. Siapkan matras atau karpet sebagai alas untuk melakukan senam ini. Senam diatas lantai akan membuat ibu kurang nyaman, mudah terpeleset,  dan meningkatkan resiko terjadinya benturan.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Page #Senam Ibu Hamil #Senam Kehamilan

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Segala Tentang Senam Hamil"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.