Seputar Kehamilan Kembar yang Mendebarkan

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Seputar Kehamilan Kembar yang Mendebarkan

By veggiegretz @morguefile.com

Memiliki dua janin sekaligus tentu mendebarkan karena tidak semua perempuan bisa merasakannya. Kehamilan kembar hanya terjadi sekitar 3% dari total kehamilan. Lalu, bagaimanakah proses terjadinya kehamilan kembar dan apa saja keuntungan dan kerugian seputar kehamilan kembar ?

Proses Terjadinya Kehamilan Kembar

Seputar kehamilan bayi kembar dimulai dari proses pembuahan. Kehamilan kembar bisa terjadi melalui dua cara yaitu satu sel telur yag dibuahi dua sperma atau dua sel telur yang dibuahi dua sperma. Satu sel telur yang dibuahi dua sperma sekaligus disebut kembar monozigotik yang menghasilkan bayi serupa. Sedangkan kembar yang berasal dari dua sel telur adalah dizigotik. Bayi yang terlahir dari kembar dizigotik memiliki ciri fisik yang berlainan.

Faktor predisposisi yang mempengaruhi kehamilan kembar antara lain genetik/ keturunan, usia kehamilan di atas 35 tahun, dan obat-obatan perangsang kesuburan. Faktor-faktor tersebut hanya mempengaruhi kehamilan kembar dari dua sel telur atau dizigotik. Sedangkan faktor penyebab kehamilan kembar monozigotik belum diketahu secara pasti.

Keuntungan Seputar Kehamilan Kembar

Hamil kembar tentu membuat ibu bangga. Pasalnya, kehamilan ini jarang terjadi. Ibu akan merasakan kejadian-kejadian aneh seperti gerakan dua janin yang bersamaan, ada banyak benjolan kecil pada perut, dan detak jantung janin di dua tempat yang berbeda. Sensasi ini pasti menjadi kenangan yang tidak terlupakan.

Memiliki dua bayi sekaligus akan mempersingkat masa kehamilan. Dalam usia muda ibu telah melahirkan dua anak sehingga tidak perlu merasakan ketidaknyamanan selama kehamilan hingga berkali-kali. Selain itu, wanita juga tidak perlu cuti kerja berulang kali karena hamil. Sangat menguntungkan bukan?

Persalinan adalah masa paling menakutkan bagi seorang wanita, bahkan ada yang mengatakan bahwa seribu satu rasa sakit akan muncul saat melahirkan. Jika ibu melahirkan dua bayi sekaligus, maka ia tidak perlu merasakan sakitnya persalinan hingga dua kali. Dengan demikian, trauma persalinan dapat diminimalkan.

Kerugian Seputar Kehamilan Kembar

Kehamilan kembar ternyata juga memiliki beberapa kerugian seperti tumbuh kembang bayi kurang optimal, resiko abnormalitas janin meningkat, ekstra perawatan bayi, dan biaya mahal. Pada kehamilan normal, rahim ibu hanya dihuni satu janin saja sehingga dapat tumbuh optimal. Namun, pada peristiwa kembar, satu ruangan tersebut dihuni dua janin sehingga ia tidak dapat mengembangkan diri. Biasanya berat badan janin kembar lebih rendah dari janin tunggal.

Berat badan lahir rendah mengakibatkan sejumlah resiko seperti hipotermi, ikterus, dan hipoglikemia. Penyakit tersebut membahayakan nyawa janin dan mengganggu perkembangan motorik dan kognitifnya. Karena rentan penyakit, maka perawatan bayi kembar harus ekstra hati-hati. Ibu perlu menyiapkan ruangan hangat, sering mendekap bayinya, dan memberikan ASI secara optimal pada keduanya agar terhindar dari penyakit tersebut.

Kehamilan kembar merupakan salah satu indikasi dilakukannya operasi sesar. Posisi janin yang bisa dilahirkan normal adalah kedua kepala di bawah atau satu kepala di bawah dan yang lain di atas. Apabila posisi janin saling mengait (kedua kepala di tengah), maka kehamilan harus diakhiri dengan operasi sesar.

Informasi seputar kehamilan bayi kembar di atas merupakan motivasi dan persiapan persalinan bagi ibu dan keluarga. Nikmati segala sensasi selama masa kehamilan dan bayangkan kebahagiaan memiliki bayi kembar. Lupakan masalah-masalah yang menghantui seputar kehamilan agar ibu terhindar dari stres.

Tags: #Hamil Kembar #Kehamilan Trisemester 2 #Page #Persalinan Bayi #Tentang Kehamilan Kembar

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Seputar Kehamilan Kembar yang Mendebarkan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.