Tahap Perkembangan Bayi 0 Bulan

In Kehamilan Trisemester 2

Tahap Perkembangan Bayi 0 BulanTahap pertumbuhan dan perkembangan bayi baru lahir (Perkembangan bayi 0 bulan), tak kalah menakjubkannya dengan perkembangan bayi dalam kandungan dulu. Di sisi lain, banyak orang tua yang mengaku kerepotan saat mengurus bayi di usia ini, terutama bagi ibu yang baru pertama kali mempunyai anak. Bergadang siang dan malam itu sudah hal biasa. Sebagai orang tua, Anda harus segera beradaptasi dengan bayi Anda, agar segala sesuatunya berjalan dengan baik. Dan yang paling penting jaga kesehatan Anda, agar Anda bisa tetap memberikan Air Susu Ibu Eksklusif (ASIX) untuk balita Anda.

Baiklah, sekarang mari kita lihat satu persatu masa pertumbuhan dan perkembangan bayi bulan 0 berikut ini.

Pola Tidur Bayi

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Hari-hari pertama sejak lahir, bayi akan banyak tidur dan itu adalah “hobinya”. Bahkan, mendengar suara-suara keras sekali pun, bayi masih bisa tertidur pulas. Melek sesaat hanya ketika lapar ingin menyusu atau popok basah/kotor. Tangisan bayi baru lahir juga masih terdengar pelan-pelan dan belum begitu mengganggu. Seiring dengan berjalannya waktu (1-2 minggu kemudian), bayi mulai sering bangun untuk menyusu. Jadi tak perlu heran, jika pada masa ini bayi Anda selalu meminta susu.

Reflek Gerak

Fase perkembangan bayi yang lain, bisa dilihat pada anggota tubuh bayi yang mulai reflek terhadap sesuatu. Tangan mulai bisa menggenggam erat, saat jari Anda menyentuh telapak tangannya. Dan yang tidak ketinggalan, reflek cepat ingin menghisap, saat jari Anda menyentuh dekat mulutnya.

Pendengaran Bayi

Semua fungsi bagian-bagian tubuh bayi, masih dalam tahap perkembangan, begitu pula dengan pendengarannya. Pendengaran bayi pada usia ini belum maksimal, sehingga itulah sebabnya kenapa terkadang bayi tidak kaget ketika mendengar suara-suara keras.

Penglihatan Bayi

Anda tak perlu khawatir kenapa anak bayi Anda belum bisa melihat Anda atau tidak berkedip saat Anda mendekatkan tangan di matanya. Saat melek, mata bayi baru lahir cenderung membuka terus dan jarang berkedip. Itu, karena mata bayi Anda belum bekerja dengan sempurna. Apa yang dilihatnya masih samar dan kabur. Memang, pada teorinya bayi bisa melihat dengan jarak 20-25 cm, akan tetapi tetap belum jelas. Kedua matanya akan mulai optimal bekerja, saat usianya menginjak 3-6 bulan. Oh ya, selain itu mata bayi Anda juga belum bisa mengeluarkan air mata pada usia ini, meskipun saat menangis kejer.

Rasakan Hawa

Pada tahapan perkembangan anak bayi 0 bulan ini, bayi Anda sudah bisa merasakan hawa di sekitar, baik panas maupun dingin. Misalnya, jika merasa panas bayi akan menangis, sementara jika merasa dingin saat malam hari bayi akan gelisah tanda tak nyaman. Untuk itu, Anda harus peka terhadap situasi dan kondisi di sekitarnya.

Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan
Semakin bertambah usia bayi Anda, tentu akan semakin
Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Sesudah memantau dan memperhatikan perkembangan bayi dari
Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan
Melihat sendiri perkembangan anak yang terus meningkat,
Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan
Pada usia 8 bulan umumnya bayi sudah

Leave a reply "Tahap Perkembangan Bayi 0 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.