Tahap Perkembangan Bayi 1 Bulan

In Kehamilan Trisemester 2

Tahap Perkembangan Bayi umur 1 BulanMengamati fase pertumbuhan dan perkembangan bayi mulai dari baru lahir hingga beranjak besar memang menarik. Walaupun di sela-sela itu, ada saja hal-hal yang terkadang membuat orang tua cemas atau panik. Tapi, ya itulah serunya mengurus dan merawat bayi. Tahap perkembangan bayi 0 bulan sudah kita lalui, sekarang bayi Anda sudah memasuki usia 1 bulan. Apa yang berubah pada tahap perkembangan bayi 1 bulan ini? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut.

Makin Kuat Menyusu

Semakin bertambah usianya, maka akan bertambah pula berat badan bayi Anda, yang berarti semakin banyak juga kebutuhan susu yang diminumnya. Pada usia ini bayi Anda akan semakin sering meminta susu. Bahkan, pada beberapa balita, meskipun sudah disusui lama, masih saja ingin menyusu terus. Jika mengalami hal seperti ini, Anda harus bisa memastikan bayi Anda memang benar-benar lapar atau tidak. Yang dikhawatirkan adalah jika bayi Anda terlalu kenyang, bisa menyebabkan bayi muntah susu. Untuk mengimbangi kebutuhan susu, ibu bayi juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi agar produksi ASI (Air Susu Ibu) tercukupi.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Mulai Berkomunikasi

Pada awal-awal bayi baru lahir, bayi belum bisa melakukan komunikasi apapun, kecuali menangis. Namun, pada fase perkembangan bayi 1 bulan ini, Anda akan mendapati balita Anda sudah mulai menggumam atau mendengung. Bahkan, ada juga yang sudah senyum-senyum kecil. Untuk itu, coba ajaklah bercanda anak bayi Anda dengan cara mengajaknya mengobrol atau menggelitik bagian tubuhnya.

Gerakan Bertambah

Anak bayi Anda sudah mulai mengangat-angkat kepalanya, misalnya pada saat merasa tidak nyaman/lapar ketika digendong atau pada saat ditengkurapkan. Gerakan tangan dan kakinya pun juga semakin kuat,  misalnya dengan menendang-nendangkan kakinya saat lapar atau merasa tidak nyaman.

Penglihatan

Hal menarik lainnya yang mengalami peningkatan pada tahap perkembangan bayi 1 bulan ini adalah penglihatan. Di masa ini, mata bayi Anda sudah mulai merespon gerakan-gerakan yang ada di depannya. Cobalah rangsang matanya dengan mainan yang bersuara,  dengan menggerakkannya ke kanan-kiri, bawah-atas, atau jauh-dekat.

Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan
Semakin bertambah usia bayi Anda, tentu akan semakin
Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Sesudah memantau dan memperhatikan perkembangan bayi dari
Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan
Melihat sendiri perkembangan anak yang terus meningkat,
Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan
Pada usia 8 bulan umumnya bayi sudah

Leave a reply "Tahap Perkembangan Bayi 1 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.