PERKEMBANGAN BAYI UMUR 1 BULAN | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Tahap Perkembangan Bayi 1 Bulan

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Tahap Perkembangan Bayi umur 1 BulanMengamati fase pertumbuhan dan perkembangan bayi mulai dari baru lahir hingga beranjak besar memang menarik. Walaupun di sela-sela itu, ada saja hal-hal yang terkadang membuat orang tua cemas atau panik. Tapi, ya itulah serunya mengurus dan merawat bayi. Tahap perkembangan bayi 0 bulan sudah kita lalui, sekarang bayi Anda sudah memasuki usia 1 bulan. Apa yang berubah pada tahap perkembangan bayi 1 bulan ini? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut.

Makin Kuat Menyusu

Semakin bertambah usianya, maka akan bertambah pula berat badan bayi Anda, yang berarti semakin banyak juga kebutuhan susu yang diminumnya. Pada usia ini bayi Anda akan semakin sering meminta susu. Bahkan, pada beberapa balita, meskipun sudah disusui lama, masih saja ingin menyusu terus. Jika mengalami hal seperti ini, Anda harus bisa memastikan bayi Anda memang benar-benar lapar atau tidak. Yang dikhawatirkan adalah jika bayi Anda terlalu kenyang, bisa menyebabkan bayi muntah susu. Untuk mengimbangi kebutuhan susu, ibu bayi juga harus mengonsumsi makanan yang bergizi agar produksi ASI (Air Susu Ibu) tercukupi.

Mulai Berkomunikasi

Pada awal-awal bayi baru lahir, bayi belum bisa melakukan komunikasi apapun, kecuali menangis. Namun, pada fase perkembangan bayi 1 bulan ini, Anda akan mendapati balita Anda sudah mulai menggumam atau mendengung. Bahkan, ada juga yang sudah senyum-senyum kecil. Untuk itu, coba ajaklah bercanda anak bayi Anda dengan cara mengajaknya mengobrol atau menggelitik bagian tubuhnya.

Gerakan Bertambah

Anak bayi Anda sudah mulai mengangat-angkat kepalanya, misalnya pada saat merasa tidak nyaman/lapar ketika digendong atau pada saat ditengkurapkan. Gerakan tangan dan kakinya pun juga semakin kuat,  misalnya dengan menendang-nendangkan kakinya saat lapar atau merasa tidak nyaman.

Penglihatan

Hal menarik lainnya yang mengalami peningkatan pada tahap perkembangan bayi 1 bulan ini adalah penglihatan. Di masa ini, mata bayi Anda sudah mulai merespon gerakan-gerakan yang ada di depannya. Cobalah rangsang matanya dengan mainan yang bersuara,  dengan menggerakkannya ke kanan-kiri, bawah-atas, atau jauh-dekat.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , , , , Read 140 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories