Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan

In Kehamilan Trisemester 2

Tahap Perkembangan Bayi 11 BulanSemakin bertambah usia bayi Anda, tentu akan semakin repot pula kesibukan Anda sebagai orang tua saat mengurusnya. Di sini, energi dan waktu Anda akan banyak terkuras oleh tingkah si kecil yang nyaris tidak mau diam saat usianya menginjak 11 bulan. Memangnya, apa yang dilakukan si kecil pada perkembangan bayi 11 bulan ini?

Berdiri Sendiri sambil Berpegangan

Di umur ini umumnya bayi sudah bisa berdiri sendiri walaupun masih harus berpegangan dengan benda-benda yang ada di sekitarnya, seperti sofa, meja, dan sebagainya. Yang perlu Anda perhatikan adalah apakah benda-benda yang digunakan untuk berpegangan itu kokoh atau tidak. Jangan sampai anak Anda berpegangan pada benda yang mudah terjatuh, seperti kursi yang ringan misalnya.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Berjalan Merambat

Setelah bisa berdiri sendiri, lama-lama ia akan mulai berjalan sambil berpegangan atau istilahnya berjalan merambat. Jika anak Anda masih terlihat bergoyang-goyang, pastikan Anda selalu berada di belakangnya agar ia tidak terjatuh. Anda juga harus memastikan, ujung-ujung benda yang digunakan untuk merambat tidak lancip, supaya tidak melukai tubuhnya.

Memasukkan dan Mengeluarkan Benda

Kalau sebelumnya, bayi Anda suka mengacak-ngacak benda-benda yang ada di depannya, kini ia mempunyai keterampilan lain dalam memainkan mainan. Salah satunya, adalah ia bisa memasukkan dan mengeluarkan benda ke dalam lubang atau wadah.

Meminta Sesuatu

Meskipun ia belum bisa mengungkapkan keinginannya dengan bahasa, namun sebagai gantinya ia sudah bisa meminta sesuatu dengan isyarat, misalnya dengan bahasa yang tidak jelas sambil menunjuk-nunjuk sesuatu.

Mampu Mengucapkan Beberapa Kata

Beberapa kata yang sering ia dengarkan sudah mulai ditiru oleh bayi Anda. Misalnya, jika Anda sering mengajarkan pada anak Anda, kata “mama” atau “ayah”, maka ia pun sudah mulai mampu mengucapkan kata-kata itu.

Perkembangan bayi 11 bulan memang cukup banyak yang positif. Namun, di sisi lain pada usia ini beberapa bayi sudah mulai memilih-milih makanan. Jika ia tidak suka pada suatu makanan, biasanya ia akan melepehnya.

Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Sesudah memantau dan memperhatikan perkembangan bayi dari
Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan
Melihat sendiri perkembangan anak yang terus meningkat,
Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan
Pada usia 8 bulan umumnya bayi sudah
Tahap Perkembangan Bayi 7 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 7 Bulan
Halo para ibu, bagaimana dengan cerita MPASI

Leave a reply "Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.