PERKEMBANGAN BAYI UMUR 11 BULAN | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan

Ingin Bahagiakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Tahap Perkembangan Bayi 11 BulanSemakin bertambah usia bayi Anda, tentu akan semakin repot pula kesibukan Anda sebagai orang tua saat mengurusnya. Di sini, energi dan waktu Anda akan banyak terkuras oleh tingkah si kecil yang nyaris tidak mau diam saat usianya menginjak 11 bulan. Memangnya, apa yang dilakukan si kecil pada perkembangan bayi 11 bulan ini?

Berdiri Sendiri sambil Berpegangan

Di umur ini umumnya bayi sudah bisa berdiri sendiri walaupun masih harus berpegangan dengan benda-benda yang ada di sekitarnya, seperti sofa, meja, dan sebagainya. Yang perlu Anda perhatikan adalah apakah benda-benda yang digunakan untuk berpegangan itu kokoh atau tidak. Jangan sampai anak Anda berpegangan pada benda yang mudah terjatuh, seperti kursi yang ringan misalnya.

Berjalan Merambat

Setelah bisa berdiri sendiri, lama-lama ia akan mulai berjalan sambil berpegangan atau istilahnya berjalan merambat. Jika anak Anda masih terlihat bergoyang-goyang, pastikan Anda selalu berada di belakangnya agar ia tidak terjatuh. Anda juga harus memastikan, ujung-ujung benda yang digunakan untuk merambat tidak lancip, supaya tidak melukai tubuhnya.

Memasukkan dan Mengeluarkan Benda

Kalau sebelumnya, bayi Anda suka mengacak-ngacak benda-benda yang ada di depannya, kini ia mempunyai keterampilan lain dalam memainkan mainan. Salah satunya, adalah ia bisa memasukkan dan mengeluarkan benda ke dalam lubang atau wadah.

Meminta Sesuatu

Meskipun ia belum bisa mengungkapkan keinginannya dengan bahasa, namun sebagai gantinya ia sudah bisa meminta sesuatu dengan isyarat, misalnya dengan bahasa yang tidak jelas sambil menunjuk-nunjuk sesuatu.

Mampu Mengucapkan Beberapa Kata

Beberapa kata yang sering ia dengarkan sudah mulai ditiru oleh bayi Anda. Misalnya, jika Anda sering mengajarkan pada anak Anda, kata “mama” atau “ayah”, maka ia pun sudah mulai mampu mengucapkan kata-kata itu.

Perkembangan bayi 11 bulan memang cukup banyak yang positif. Namun, di sisi lain pada usia ini beberapa bayi sudah mulai memilih-milih makanan. Jika ia tidak suka pada suatu makanan, biasanya ia akan melepehnya.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , Read 140 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories