Tahap Perkembangan Bayi 7 Bulan

In Kehamilan Trisemester 2

Perkembangan Bayi umur 7 BulanHalo para ibu, bagaimana dengan cerita MPASI bayi Anda pada umur 6 bulan kemarin? Serukah? Awal-awalnya mungkin Anda akan merasa senang melihat bayi Anda mencoba makanan padat MPASI yang Anda berikan untuk pertama kalinya. Namun, ke depan Anda harus tetap mempertahankan “perasaan senang” itu, walaupun terkadang anak Anda susah untuk makan. Sekarang usia bayi Anda sudah menginjak 7 bulan. Lalu bagaimana tahap perkembangan bayi 7 bulan ini? Mari kita bicarakan satu persatu di sini.

Marah jika Dilarang / Dicegah

Sebelumnya, ketika bayi Anda cegah atau dilarang saat melakukan sesuatu yang Anda anggap berbahaya atau tidak baik baginya (memegang benda kotor, misalnya), ia mungkin hanya terdiam saja dan mau “menuruti” keinginan Anda. Tetapi sekarang, hal itu tidak berlaku lagi baginya. Artinya, sekarang bayi Anda mungkin saja akan marah, merengek, atau menangis saat Anda cegah/larang ketika ia sedang asyik melakukan sesuatu. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengatasinya dengan cara mengalihkan perhatian si kecil ke hal yang lain.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Ketemu Orang Baru

Berinteraksi dengan banyak orang akan sangat membantu mengembangkan kemampuan sosial si kecil. Jika bayi Anda belum terbiasa bertemu dengan orang baru, ia mungkin saja akan menangis karena ia merasa tidak nyaman atau takut. Agar si kecil, mudah bersosialisasi dengan orang baru, mulai sekarang Anda bisa mengajak si kecil untuk berinteraksi dengan orang banyak, baik itu anak kecil maupun orang dewasa. Pastikan, orang-orang yang berinteraksi dengannya terbebas dari penyakit menular agar si kecil tidak mudah tertular penyakit.

Tidak mau Ditinggal

Sebagian besar bayi umumnya sangat dekat dengan ibunya, terutama bayi yang sehari-hari diasuh langsung oleh ibunya sendiri. Pada perkembangan bayi usia 7 bulan ini, ia terkadang tidak mau ditinggal oleh ibunya meski hanya sebentar. Hal ini wajar, mengingat ia belum merasa percaya diri dan aman saat sendiri. Untuk itu, secara bertahap Anda bisa melatih rasa percaya diri si kecil dengan cara mengajaknya berbicara atau bermain dengan mainan kesukaannya terlebih dahulu sebelum Anda pergi, misalnya.

Duduk sudah Mulai Seimbang

Jika pada bulan sebelumnya, bayi Anda sudah mulai belajar duduk namun tubuhnya masih bergoyang-goyang atau belum seimbang, kali ini tubuhnya sudah mulai seimbang. Ia sekarang sudah kuat duduk agak lama dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Biarkan proses pada pertumbuhan bayi 7 bulan ini terus berlanjut, hingga ia sudah bisa duduk dengan tegak tanpa bantuan.

Bayi Belajar Berdiri

Bayi 7 bulan Anda mungkin sekarang enggan terlalu lama bermain sambil tiduran atau duduk. Kini ia sudah minta berdiri, walau kakinya belum bisa menopang tubuhnya dengan baik. Pegang bayi Anda dengan baik, jika ia minta berdiri agar ia tidak terjatuh.

Itulah hal-hal yang bisa Anda temukan pada perkembangan bayi 7 bulan. Tidak semuanya harus sama persis, karena setiap bayi memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan
Semakin bertambah usia bayi Anda, tentu akan semakin
Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Sesudah memantau dan memperhatikan perkembangan bayi dari
Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan
Melihat sendiri perkembangan anak yang terus meningkat,
Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan
Pada usia 8 bulan umumnya bayi sudah

Leave a reply "Tahap Perkembangan Bayi 7 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.