Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan

In Kehamilan Trisemester 2

Tahap Perkembangan Bayi 8 BulanPada usia 8 bulan umumnya bayi sudah bisa duduk dengan tegak. Kini keaktifan bayi lucu Anda tidak hanya pada saat berbaring atau tengkurap saja, tetapi juga pada saat ia duduk. Dan selanjutnya, mari kita lihat tahap perkembangan bayi 8 bulan ini.

Penasaran dengan Benda Baru

Bayi pada usia ini keingintahuan atau penasaran semakin bertambah. Hal itu terlihat jika ia melihat benda-benda yang belum pernah ia lihat atau pegang sebelumnya, ia akan berusaha untuk mengambilnya dengan segala cara tanpa mempedulikan keselamatannya. Benda-benda yang menurutnya menarik bukan hanya benda-benda yang berukuran besar, tetapi juga benda-benda yang berukuran kecil karena penglihatannya sekarang sudah jeli.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Biasanya, ketika bayi Anda ingin mengambil suatu benda, lalu Anda melarang atau menyembunyikan benda itu,  kemungkinan besar ia akan merengek atau menangis. Di sini, peran Anda sebagai orang tua diperlukan, agar si kecil tidak mengambil benda-benda kecil yang berbahaya untuknya, seperti: jarum, koin, dan sebagainya.

Belajar Mengunyah Makanan

Sekitar 2 bulan, ia sudah merasakan makanan pendamping ASI (MPASI) yang diberikan sejak ia berusia 6 bulan. Jika sebelumnya anak Anda masih diberikan makanan yang lembut-lembut, kini Anda bisa mulai mencobanya dengan yang lebih padat, seperti nasi tim misalnya. Pada tahap perkembangan bayi usia 8 bulan, ia sudah bisa dilatih untuk belajar mengunyah makanan dengan cara memberikan makanan yang lebih padat dari sebelumnya. Bayi yang sudah tumbuh gigi, ia sudah bisa memotong makanan yang solid seperti biskuit dengan giginya.

Bayi Minum dengan Gelas

Selain kemampuan mengunyah terhadap makanan bertambah, bayi usia ini juga sudah bisa diajarkan minum dengan gelas. Sebelum mengajarkan minum dengan gelas biasa, pertama-tama Anda bisa menggunakan gelas yang ada corongnya (gelas bayi) terlebih dahulu.

Bayi Merayap / Mengesot

Bayi mengesot atau merayap adalah tahapan perkembangan bayi sebelum ia merangkak. Di usianya ini, biasanya ia sudah mulai mengesot / merayap dengan bantuan tangan dan kakinya. Kemampuannya bayi merayap pertama-tama hanya jarak pendek saja, tetapi lama-kelamaan ia akan merayap dengan jarak yang lebih jauh. Setelah tahapan ini dilalui, ia akan mulai merangkak.

Minta Gendong

Ketika ingin digendong, sebelumnya-sebelumnya bayi Anda hanya merengek atau menangis saja. Lain halnya dengan sekarang. Sekarang ketika ia ingin digendong, selain merengek/menangis, biasanya ia juga akan mengangkat kedua tangannya atau menarik-narik baju Anda sebagai isyarat.

Berdiri dan Melangkah

Jika bayi Anda sudah mulai berdiri, tak lama kemudian ia akan mencoba melangkahkan kakinya. Awal-awalnya si kecil belum bisa mengkoordinasikan kaki kiri dengan kaki kanannya, sehingga kakinya sering saling tumpang menindih saat akan melangkah.

Semoga hal-hal yang terjadi pada perkembangan bayi umur 8 bulan di atas, bisa membantu Anda dalam memantau tumbuh kembang anak bayi Anda.

Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan
Semakin bertambah usia bayi Anda, tentu akan semakin
Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Sesudah memantau dan memperhatikan perkembangan bayi dari
Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan
Melihat sendiri perkembangan anak yang terus meningkat,
Tahap Perkembangan Bayi 7 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 7 Bulan
Halo para ibu, bagaimana dengan cerita MPASI
  1. Baju Bayi Perempuan Umur 8 Bulan - Tips Baju Bayi7 months ago

    […] PERKEMBANGAN BAYI UMUR 8 BULAN | NAMA BAYI PEREMPUAN … – Tahap perkembangan bayi usia 8 bulan di antaranya: mengunyah makanan, minum dengan gelas, merayap / mengesot, berdiri dan melangkah. Tumbuh kembang bayi 8 … Pada usia 8 bulan umumnya bayi sudah bisa duduk dengan tegak. Kini keaktifan bayi …… […]

    Reply

Leave a reply "Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.