TAHAP PERKEMBANGAN BAYI USIA 9 BULAN | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan

Ingin Bahagiakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Tahap Perkembangan Bayi 9 BulanMelihat sendiri perkembangan anak yang terus meningkat, merupakan sesuatu hal yang menyenangkan  bagi setiap orang tua. Dari awalnya yang belum bisa melakukan apa-apa, sedikit demi sedikit kemampuannya semakin meningkat. Begitu juga yang terjadi pada tahap perkembangan bayi 9 bulan, yang di antaranya meliputi beberapa hal berikut ini.

Mengerti Maksud Ucapan

Ucapan –ucapan yang sering Anda katakan pada bayi Anda, sedikit demi sedikit akan direkam oleh bayi. Dan tanpa disadari, bayi Anda akan mengerti maksud dari ucapan yang sering didengarkannya tersebut. Misalnya, jika Anda sering mengatakan pada bayi Anda kata “Ayo, ayo, ayo…” lalu Anda menggendongnya, maka ia akan meresponnya dengan gerakan seperti ingin digendong. Lain lagi, jika Anda sering mengatakan pada bayi Anda kata “Itu apa dek, itu apa dek….” sambil tangan Anda menunjukkan sesuatu, maka kepalanya langsung menoleh ke arah yang Anda maksud.

Menirukan Gerakan

Perkembangan bayi umur 9 bulan tidak hanya sudah mengerti sedikit demi sedikit maksud suatu ucapan, tetapi juga mampu menirukan gerakan-gerakan yang sering diajarkan kepadanya. Misalnya, Anda bisa mengajarkannya “da…dah…..da… dah…”, sambil melambai-lambaikan tangannya dan memberikan contoh kepadanya.  Atau bisa juga mengajarkannya “Kiss bye… kiss bye…” sambil memberikan contoh padanya.

Ingin Makan Sendiri

Kemauan bayi untuk makan sendiri di usia ini sudah mulai terlihat. Hal itu bisa terlihat pada saat Anda menyuapi bayi Anda, tahu-tahu ia ingin memegang atau merebut sendok tersebut. Untuk mengobati rasa penasarannya, Anda bisa mengajari tangan bayi Anda mengambil makanan dengan sendok lalu memasukkan ke dalam mulutnya sendiri. Di samping itu, Anda juga bisa memberikan bayi Anda finger food (makanan yang bisa dipegang oleh jari si kecil). Finger food bisa diperoleh dari sayuran yang dikukus atau direbus dan buah-buahan segar.

Mencari Sumber Suara

Tahap perkembangan bayi usia 9 bulan selanjutnya yaitu ia sudah mengerti asal sumber suara dari arah mana. Ketika ada suara, ia akan langsung menoleh ke sumber suara tersebut.

Hal-hal lain yang bisa Anda temukan pada pertumbuhan bayi usia 9 bulan, saat bayi Anda gendong, ia sudah “lihai” menolak ajakan orang lain yang ingin menggendongnya dengan cara membalikkan tubuhnya atau mendekap erat tubuh Anda.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , Read 140 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories