Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan

In Kehamilan Trisemester 2

Tahap Perkembangan Bayi 9 BulanMelihat sendiri perkembangan anak yang terus meningkat, merupakan sesuatu hal yang menyenangkan  bagi setiap orang tua. Dari awalnya yang belum bisa melakukan apa-apa, sedikit demi sedikit kemampuannya semakin meningkat. Begitu juga yang terjadi pada tahap perkembangan bayi 9 bulan, yang di antaranya meliputi beberapa hal berikut ini.

Mengerti Maksud Ucapan

Ucapan –ucapan yang sering Anda katakan pada bayi Anda, sedikit demi sedikit akan direkam oleh bayi. Dan tanpa disadari, bayi Anda akan mengerti maksud dari ucapan yang sering didengarkannya tersebut. Misalnya, jika Anda sering mengatakan pada bayi Anda kata “Ayo, ayo, ayo…” lalu Anda menggendongnya, maka ia akan meresponnya dengan gerakan seperti ingin digendong. Lain lagi, jika Anda sering mengatakan pada bayi Anda kata “Itu apa dek, itu apa dek….” sambil tangan Anda menunjukkan sesuatu, maka kepalanya langsung menoleh ke arah yang Anda maksud.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Menirukan Gerakan

Perkembangan bayi umur 9 bulan tidak hanya sudah mengerti sedikit demi sedikit maksud suatu ucapan, tetapi juga mampu menirukan gerakan-gerakan yang sering diajarkan kepadanya. Misalnya, Anda bisa mengajarkannya “da…dah…..da… dah…”, sambil melambai-lambaikan tangannya dan memberikan contoh kepadanya.  Atau bisa juga mengajarkannya “Kiss bye… kiss bye…” sambil memberikan contoh padanya.

Ingin Makan Sendiri

Kemauan bayi untuk makan sendiri di usia ini sudah mulai terlihat. Hal itu bisa terlihat pada saat Anda menyuapi bayi Anda, tahu-tahu ia ingin memegang atau merebut sendok tersebut. Untuk mengobati rasa penasarannya, Anda bisa mengajari tangan bayi Anda mengambil makanan dengan sendok lalu memasukkan ke dalam mulutnya sendiri. Di samping itu, Anda juga bisa memberikan bayi Anda finger food (makanan yang bisa dipegang oleh jari si kecil). Finger food bisa diperoleh dari sayuran yang dikukus atau direbus dan buah-buahan segar.

Mencari Sumber Suara

Tahap perkembangan bayi usia 9 bulan selanjutnya yaitu ia sudah mengerti asal sumber suara dari arah mana. Ketika ada suara, ia akan langsung menoleh ke sumber suara tersebut.

Hal-hal lain yang bisa Anda temukan pada pertumbuhan bayi usia 9 bulan, saat bayi Anda gendong, ia sudah “lihai” menolak ajakan orang lain yang ingin menggendongnya dengan cara membalikkan tubuhnya atau mendekap erat tubuh Anda.

Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 11 Bulan
Semakin bertambah usia bayi Anda, tentu akan semakin
Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 10 Bulan
Sesudah memantau dan memperhatikan perkembangan bayi dari
Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 8 Bulan
Pada usia 8 bulan umumnya bayi sudah
Tahap Perkembangan Bayi 7 Bulan
Tahap Perkembangan Bayi 7 Bulan
Halo para ibu, bagaimana dengan cerita MPASI

Leave a reply "Tahap Perkembangan Bayi 9 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.