APA ALAT TES KEHAMILAN YANG PALING AKURAT? | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Tahukah Anda, Apa Alat Tes Kehamilan yang Paling Akurat?

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Tahukah Anda, Apa Alat Tes Kehamilan yang Paling AkuratBagi pasangan yang menanti datangnya buah hati, tes kehamilan menjadi alat yang paling menarik. Setiap wanita pasti ingin menggunakan alat tes kehamilan yang paling akurat sehingga kabar bahagia tersebut tidak tertunda karena kegagalan sebuah alat yang kurang bisa mendeteksi kehamilan.

Untuk mendeteksi adanya kehamilan, Anda dapat menggunakan beberapa cara seperti pemeriksaan fisik, test pack, tes urin laboratorium, USB, tes darah, dan USG. Memeriksa kehamilan dengan meraba perut bagian bawah biasanya dilakukan oleh bidan sebagai data lain untuk memastikan adanya kehamilan. Pemeriksaan semacam ini baru bisa dilakukan pada kehamilan dua bulan keatas. Pemeriksaan fisik bukanlah tes kehamilan yang paling akurat karena hasilnya bisa rancu dengan tumor, miom, atau kista.

Alat pendeteksi kehamilan yang bisa digunakan di rumah adalah test pack. Alat ini bekerja mendeteksi kadar HCG dalam urin. Angka keberhasilannya cukup tinggi, namun beberapa ibu mengeluhkan diagnosa yang salah dari test ini. Tes lain yang bekerja seperti test pack adalah tes urin laboratorium. Hanya saja pengerjaan tes tersebut harus di laboratorium dengan alat yang berbeda.

Kini hadir tes kehamilan yang bisa disambungkan dengan layar monitor, yaitu USB kehamilan. Cara kerja alat ini sama dengan test pack, yaitu mendeteksi hormon kehamilan. Tapi, USB tidak hanya mendeteksi HCG saja, melainkan hormon-hormon lain yang mempengaruhi proses kehamilan. Tes ini dapat memperkirakan waktu terjadinya pembuahan yang lebih tepat. Berdasarkan penelitian, tingkat keberhasilannya mencapai 99%.

Bagi pasangan yang ingin segera mengetahui hamil atau tidak, bisa menggunakan tes darah. Tes ini bekerja mendeteksi kehamilan melalui kadar HCG dalam darah sehingga mampu mendeteksi adanya kehamilan sejak minggu pertama pembuahan. Sayangnya, tes ini hanya dapat diakukan di laboratorium saja.

Terakhir adalah USG. Cara kerja USG adalah mendeteksi kantung kehamilan dalam rahim ibu. Menentukan kehamilan melalui tes ini dapat dilakukan setelah empat minggu kehamilan. USG untuk memastikan kehamilan dilakukan dengan cara memasukkan alat ke dalam vagina untuk mendeteksi adanya kantung kehamilan.

Alat Tes Kehamilan yang Paling Akurat

Dari berbagai tes di atas, ada satu alat tes kehamilan yang paling akurat. Apakah alat itu? Jawabannya adalah USG. Pasalnya, cara kerja USG adalah mendeteksi kantung kehamilan sehingga tidak menimbulkan bias dalam menentukan hasil pemeriksaan. Kelemahannya, USG baru bisa mendeteksi kehamilan setelah usia kehamilan berjalan 4 minggu.

Tes kehamilan menggunakan HCG, baik dari urin maupun darah memang banyak digunakan dan cukup akurat. Tapi, pada keadaan tertentu hasilnya menjadi rancu. Misalnya, pada ibu yang melakukan terapi hormon, maka hasil yang diberikan akan selalu positif. Kelemahan lain alat ini adalah bergantung pada kadar HCG. Padahal, bisa jadi seorang wanita mendapatkan hasil negatif karena kadar HCG masih rendah, bukan karena dia tidak hamil. Inilah alasan mengapa tes HCG tidak dapat dijadikan sebagai alat tes kehamilan yang paling akurat.

Apabila tidak ada USG, Anda dapat memilih USB sebagai alat tes kehamilan yang paling akurat. Alasannya, alat ini tidak hanya mendeteksi hormon HCG saja, tapi juga beberapa hormon lain dalam kehamilan sehingga hasil yang diberikan lebih dapat dipastikan. Kelemahan tes ini adalah harganya mahal dan kurang praktis.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories