Tanda Awal Kehamilan yang Mendekati Kepastian

In Kehamilan
Tanda Awal Kehamilan Yang Mendekati Kepastian

By broadway204 @morguefile.com

Beberapa tanda awal kehamilan seperti mual muntah, sering buang air besar, payudara bengkak, keluar bercak kecoklatan, dan sering pusing bukanlah keluhan yang dapat menegakkan diagnosa kehamilan. Lalu, bagaimana cara memastikan seorang wanita hamil atau tidak pada tiga bulan pertama kehamilan?

Untuk menegakkan diagnosa kehamilan, kita perlu mendapatkan data berikut ini:

1. HPHT

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Tidak mendapatkan haid atau amenore seringkali menjadi tanda awal kehamilan yang mudah dikenali. Namun, amenore belum pasti hamil. Amenore hanyalah salah satu gejala kehamilan yang juga merupakan gejala penyakit lain seperti stres, kanker endometrium, atau hamil palsu.

Untuk memastikan kehamilan diperlukan data seperti: tanggal haid terakhir, siklus haid ibu, lama haid, sifat darah, dan nyeri haid. Tujuan pendataan ini untuk mengetahui penyebab amenore. Apabila siklus haid ibu tidak teratur, maka amenore bukanlah gejala kehamilan, namun kemungkinan ibu sedang mengalami masalah dengan hormonalnya.

Amenore yang dicurigai sebagai tanda kehamilan terjadi apabila ibu biasa mendapati haidnya lancar, siklus teratur, dan sebelumnya tidak ada keluhan dengan menstruasi seperti nyeri haid dan perdarahan di luar menstruasi. Jika demikian, maka diagnosis mengarah pada kehamilan.

2. HCG Positif

HCG adalah kependekan dari Hormon Chorionic Gonadotropin. Hormon ini diproduksi oleh plasenta setelah pembuahan terjadi atau sel trofoblas ketika plasenta belum terbentuk. Tanda awal kehamilan ini dijadikan patokan paramedis untuk memastikan diagnosa kehamilan.

Tes HCG bisa dilakukan pada satu minggu setelah terjadinya pembuahan atau sebelum ibu merasa terlambat haid dengan tes darah. Pada saat terjadi implantasi, tubuh sudah mengeluarkan hormon ini untuk mempertahankan korpus luteum (penghasil progesteron sebelum plasenta dibentuk). Namun, tes ini kurang popular dan relatif mahal.

Cara lain untuk memeriksa kadar HCG adalah dengan tes pack, yaitu alat kecil yang dapat mendeteksi kadar HCG dalam air seni. Anda dapat mencoba tes ini minimal satu minggu setelah terlambat haid. Tes ini banyak digunakan dan harganya sangat terjangkau.

3. Uterus Membesar dan Semakin Bulat

Ada perbedaan yang signifikan antara uterus perempuan yang sedang hamil dan tidak. Uterus perempuan hamil lebih tegang dan membulat. Rahim wanita hamil juga lebih lunak terutama daerah istmus uteri. Bila diraba dari luar terasa ada benjolan di atas sympisis.

4. Serviks Melunak

Tanda awal kehamilan berikutnya adalah perlunakan serviks. Pada wanita yang tidak hamil, serviks teraba keras seperti ujung hidung. Namun, setelah pembuahan terjadi, serviks menjadi selunak bibir atau telinga kita. Untuk mengetahui perubahan ini harus dilakukan pemeriksaan dalam.

5. Braxton Hicks

Braxton Hick adalah kontraksi rahim yang terjadi saat pemeriksaan dalam. Rahim yang tadinya lunak tiba-tiba menegang ketika jari pemeriksa sampai di mulut rahim. Kontraksi ini merupakan tanda awal kehamilan sebagai reaksi uterus terhadap gangguan dari luar.

6. USG

Pemeriksaan dengan ultrasonografi juga menjadi salah satu diagnosa pasti kehamilan. USG pada awal kehamilan bertujuan memastikan hari pertama haid terakhir, menentukan kehamilan kembar atau tunggal, serta kelainan-kelainan yang mungkin terjadi. USG ini aman dilakukan sepanjang usia kehamilan.

Tags: #Ciri Ciri Awal Kehamilan #Ciri Kehamilan #Tanda Kehamilan Awal

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Tanda Awal Kehamilan yang Mendekati Kepastian"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.