Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 1, 2, 3

In Kehamilan
Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 1, 2, 3

By grietgriet @morguefile.com

Seorang ibu hamil harus mengetahui beberapa tanda bahaya kehamilan yang terjadi pada trimester 1, 2 dan 3. Tujuannya agar ibu dan keluarga segera mengambil tindakan apabila mendapati tanda-tanda tersebut. Tanda adanya bahaya kehamilan ini merupakan keadaan gawat yang bisa berujung kematian ibu dan  janin.

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 1

Tanda bahaya kehamilan pada trimester pertama yaitu perdarahan, pusing, mata berkunang-kunang, serta nyeri perut yang teramat sangat. Masing-masing tanda tersebut merupakan indikasi penyakit tertentu. Perdarahan pada awal kehamilan menandakan bahaya abortus atau mola hidatidosa (hamil anggur).

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Perdarahan flek menandakan ancaman abortus  (insipiens). Pada abortus jenis ini janin masih hidup di dalam kandungan namun terancam keselamatannya. Oleh karena itu, ibu harus istirahat total, bahkan tidak boleh turun dari tempat tidur. Perdarahan yang banyak dan menggumpal merupakan ciri adanya abortus inkompletus atau kompletus dimana sebagian atau seluruh janin telah dikeluarkan. Perdarahan pada mola hidatidosa ditandai dengan pengeluaran gelembung.

Nyeri kepala hebat perlu diwaspadai. Pasalnya, nyeri ini bisa jadi merupakan gejala stroke, hipertensi, atau keracunan kehamilan. Apabila nyeri kepala terasa hebat dan menetap selama beberapa hari, maka ibu harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan. Jika tidak, maka pembuluh darah ibu bisa pecah.

Tanda bahaya kehamilan trimester I berikutnya adalah mata berkunang-kunang dan pucat pada konjungtiva palpebra (kelopak mata bagian bawah). Tanda tersebut memperlihatkan adanya anemia pada kehamilan. Anemia dapat menghambat tumbuh kembang janin dan membahayakan ibu hamil.

Nyeri perut hebat merupakan tanda pasti kehamilan ektopik terganggu. Artinya, janin menempel di luar kavum uteri sehingga merusak bagian tersebut dan bisa mati. Nyeri tersebut bisa menyebabkan ibu pingsan. Jika tidak segera ditangani, ibu dapat meninggal karena kehabisan darah.

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 2

Tanda bahaya kehamilan pada trimester kedua ini adalah bengkak pada beberapa bagian tubuh, protein urin positif, tekanan darah lebih dari 160/100 mmHg, keluar cairan ketuban, janin tidak bergerak, dan denyut jantung janin abnormal. Bengkak, protein urin positif, dan hipertensi merupakan tanda pasti adanya keracunan kehamilan. Ibu perlu diawasi secara ketat agar penyakit tidak berlanjut seperti kejang atau meninggal.

Apabila ibu merasa ada aliran cairan yang keluar dari jalan lahir, sebaiknya segera dibawa ke fasilitas kesehatan. Pasalnya, tanda ini merupakan indikasi ketuban pecah dini yang membahayakan janin. Tanda bahaya yang terakhir adalah abnormalitas DJJ dan gerakan janin. Gejala tersebut menandakan bahaya fetal distress yang berujung pada kematian janin.

Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 3

Pada akhir kehamilan juga terdapat beberapa tanda bahaya kehamilan dengan indikasi berbeda seperti perdarahan dan demam tinggi. Perdarahan pada kehamilan trimester III ada dua jenis yaitu plasenta previa dan solusio plasenta. Plasenta previa terjadi karena letak plasenta berada di bawah sehingga ketika terjadi peregangang akan menimbulkan koyaknya pembuluh darah. Cirinya, darah yang dikeluarkan berwarna merah segar.

Solusio plasenta adalah keadaan di mana plasenta terlepas sebelum waktunya. Darah yang dikeluarkan berwarna coklat, berbau, dan sedikit menggumpal. Keadaan ini sangat membahayakan janin karena dapat menyebabkan kematian. Sedangkan pada ibu, perdarahan ini dapat berujung pada kematian akibat kekurangan darah.

Tags: #Tanda Bahaya Kehamilan Trisemester 1 #Tanda Bahaya Kehamilan Trisemester 2. Tanda Bahaya Kehamilan Trisemester 3

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 1, 2, 3"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.