Tanda-Tanda Kehamilan Berbahaya yang Harus Segera Diakhiri

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Tanda-Tanda Kehamilan Berbahaya Yang Harus Segera Diakhiri

By rlarkin @morguefile.com

Adanya kegawatdaruratan merupakan tanda-tanda kehamilan berbahaya yang harus segera diakhiri. Pada keadaan tertentu yang membahayakan nyawa ibu dan janin memaksa pihak medis melakukan aborsi atau kelahiran dini. Dalam dunia kesehatan, keselamatan nyawa ibu lebih diperjuangkan daripada nyawa bayi.

Solusio Plasenta

Solusio plasenta adalah terlepasnya plasenta sebelum bayi dilahirkan. Keadaan ini bisa terjadi kapan saja selama kehamilan. Plasenta adalah pintu keluar masuk oksigen dan nutrisi. Apabila plasenta terlepas, maka nyawa janin dalam bahaya. Oleh karena itu, perlu segera diputuskan mengenai cara pengakhiran kehamilan yang tepat.

Nyeri Hebat Pada Kehamilan Ektopik Terganggu

Kehamilan ektopik terganggu adalah kelainan tempat implantasi janin (di tuba, ovarium, atau abdomen) yang menyebabkan kehamilan terhambat. Tanda-tanda kehamilan dengan KET adalah nyeri yang amat hebat, bahkan hingga pingsan. KET dapat mengancam nyawa ibu karena akan merusak tempat implantasi tersebu.

Stres Janin

Janin yang stres akan menampakkan tanda-tanda kehamilan berupa abnormalitas denyut jantung janin dan ketuban mekoneum (berwarna hijau). Apabila tidak segera ditangani, janin dapat meninggal dunia. Pertama-tama, ibu harus mendapatkan oksigen hingga keadaan umum membaik. Setelah itu, pengakhiran persalinan perlu dipertimbangkan.

Terinfeksi Rubella

Penyakit ini dapat menyebabkan kecacatan yang parah pada janin. Rubella adalah salah satu virus yang merusak organ dalam, indera, dan susunan saraf pusat. Ibu yang terdeteksi menderita cacar Jerman ini dianjurkan untuk mengaborsi kandungannya. Namun, keputusan untuk melanjutkan kehamilan atau tidak sepenuhnya ada di tangan ibu.

Ketuban Pecah

Apabila Anda merasakan ada cairan yang keluar dari vagina, sebaiknya segera pergi ke fasilitas kesehatan karena bisa jadi tanda-tanda kehamilan tersebut adalah indikasi KPD (Ketuban Pecah Dini). Ketuban yang terus merembes dapat membahayakan janin, bahkan menyebabkan kematian. KPD meningkatkan resiko infeksi pada janin karena barier (selaput ketuban) telah robek sehingga kuman dari luar dapat masuk dengan mudah. Oleh karena itu, kejadian KPD memaksa para medis untuk segera mengambil tindakan pengakhiran kehamilan.

Kehamilan Lewat Waktu

Kehamilan lewat waktu (lebih dari 42 minggu) perlu diwaspadai. Masalahnya, fungsi plasenta pada kehamilan lewat waktu telah menurun drastis sehingga kebutuhan janin tidak terpenuhi. Jika tidak segera dilahirkan, maka perkembangan janin akan terus menurun, bahkan terjadi kematian.

Plasenta Previa

Plasenta previa adalah kelainan letak plasenta sehingga menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir. Apabila terjadi pembukaan pada akhir kehamilan, maka sisi plasenta yang terlepas akan menimbulkan perdarahan. Ibu dengan plasenta previa tidak boleh melahirkan secara normal karena akan mengakibatkan kematian ibu dan janin. Segera lakukan operasi sesar apabila perdarahan semakin tak terbendung.

Apabila Anda mendapati tanda-tanda kehamilan yang harus diakhiri di atas, maka perlu pengawasan ketat karena nyawa ibu dan janin sedang dipertaruhkan. Pilihlah fasilitas kesehatan yang melayani operasi sesar sehingga kegawatdaruratan bisa ditangani sewaktu-waktu. Semoga bermanfaat bunda.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Tanda Kehamilan Bahaya #Tanda Kehamilan Berbahaya

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Tanda-Tanda Kehamilan Berbahaya yang Harus Segera Diakhiri"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.