Tanya Jawab Seputar Menyusui Saat Hamil

In Kehamilan, Page
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Tanya Jawab Seputar Menyusui Saat Hamil

By taliesin @morguefile.com

Beberapa wanita yang masih menyusui bayinya mendapati dirinya positif hamil. Tentu saja keadaan ini membuatnya bingung memilih antara melanjutkan menyusui anak pertama atau berhenti menyusuinya. Rumor yang beredar di masyarakat turut membuat ibu bimbang untuk melanjutkan menyusui bayinya, karena menurut sebagian orang menyusui saat hamil dapat menyebabkan keguguran. Benarkah demikian?

Simak tanya jawab seputar menyusui saat hamil berikut untuk memuaskan rasa penasaran Anda.

Apakah menyusui dapat menyebabkan keguguran?

Saat bayi menghisap puting ibunya, kelenjar hipofise posterior mengeluarkan hormon oksitosin yang membantu pengeluaran ASI. Hormon ini juga mempengaruhi kontraksi rahim sehingga terkadang ibu merasa mules. Beberapa ahli kesehatan meyakini efek tersebut dapat menyebabkan keguguran.

Pengeluaran hormon oksitosin pada ibu yang sedang menyusui sebenarnya tidak sampai menyebabkan keguguran. Pengeluaran hormon ini tidak berpengaruh pada kehamilan muda. Namun, pada kehamilan tua (trimester III), hormon  ini dapat membantu meningkatkan kontraksi rahim. Jadi, tidak masalah jika Anda memutuskan untuk menyusui saat hamil muda.

Apakah kehamilan akan menghambat produksi ASI?

Produksi ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin yang juga dikeluarkan oleh kelenjar hipofise. Semakin sering bayi menghisap puting susu, maka semakin banyak produksi hormon prolaktin sehingga air susu menjadi berlimpah. Hormon yang dikeluarkan pada saat kehamilan (estrogen, progesteron, dan HCG) tidak mempengaruhi produksi air susu. Jadi, jangan khawatir Anda akan kehabisan ASI.

Apakah menyusui saat hamil dapat mengganggu tumbuh kembang janin?

Tumbuh kembang janin dipengaruhi oleh faktor pendukung seperti gizi, stimulasi, dan psikologi serta faktor penghambat seperti penyakit yang menyertai, stres kehamilan, keracunan logam berat, kelainan kromosom, dan kesalahan gaya hidup. Jadi, menyusui tidak ada hubungannya dengan proses tumbuh kembang janin.

Mungkin ibu khawatir apabila nutrisinya terkuras dalam ASI yang dihisap kakak. Padahal, cukup atau tidaknya kebutuhan nutrisi tergantung seberapa banyak zat gizi yang dikonsumsi ibu. Apabila zat gizi yang masuk ke tubuh ibu adekuat, maka kejadian kurang gizi tidak akan terjadi.  Memang, ibu hamil yang menyusui bayinya harus mengonsumsi makanan bergizi lebih banyak daripada wanita  yang tidak menyusui saat hamil, namun bukan berarti Anda pasti kekurangan gizi karena menyusui.

Apakah menyusui saat hamil dapat mengurangi cadangan ASI untuk janin?

Sebanyak apapun ASI yang dikeluarkan tidak akan pernah habis. ASI Anda diproduksi sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda membutuhkannya untuk dua balita, maka tubuh akan memproduksinya untuk dua orang. Jadi, tidak perlu risau kalau janin yang akan Anda lahirkan akan kekurangan ASI karena Anda menyusui kakak.

Apakah masih boleh menyusui apabila keluar flek darah?

Anda harus mengetahui penyebab keluarnya darah dari organ reproduksi. Jika penyebabnya adalah implantasi janin ke dinding rahim, maka ini tidak mengapa. Namun, apabila penyebabnya adalah ancaman keguguran, maka ibu dianjurkan menghentikan proses menyusui. Konsultasikan pada dokter ahli kandungan untuk mendapat solusi terbaik.

Apa saja yang harus saya lakukan agar tetap sehat?

Ibu harus memenuhi kebutuhan gizinya. Usahakan tetap mengonsumsi makanan dengan zat gizi seimbang meskipun Anda mual-muntah (pada awal kehamilan). Mintalah obat mual pada dokter apabila keluhan tersebut mengganggu pola makan Anda. Jangan lupa perbanyak minum air putih untuk mempertahankan kebugaran tubuh.

Penuhi kebutuhan istirahat Anda. Wanita yang menyusui saat hamil memerlukan waktu untuk istirahat. Jangan membuat diri Anda terbebani dengan semua pekerjaan. Minta bantuan keluarga untuk menyelesaikan tugas Anda, termasuk menjaga si kecil saat Anda benar-benar lelah. Jangan sampai Anda sakit karena kurang tidur.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Kehamilan #Menyusui dan Hamil #Menyusui Ketika Hamil #Menyusui Saat Hamil #Page #Page

Solusi Pasca Melahirkan ASI Tidak Keluar
Solusi Pasca Melahirkan ASI Tidak Keluar
ASI merupakan kebutuhan dasar buah hati Anda
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun

Leave a reply "Tanya Jawab Seputar Menyusui Saat Hamil"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.