Tetap Waspada Menjelang Usia Kehamilan 7 Bulan

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Tetap Waspada Menjelang Usia Kehamilan 7 Bulan

By Alvimann @morguefile.com

Pada usia kehamilan ini tidak banyak keluhan yang dirasakan ibu karena proses fisiologis berjalan seperti sebelumnya. Namun, ibu tetap harus berhati-hati karena bayi Anda bisa lahir prematur. Bayi yang dilahirkan pada usia kehamilan 7 bulan hingga 8 bulan tentu tidak sesehat bayi yang lahir matur. Oleh karena itu, ibu perlu mengetahui penyebab kelahiran prematur beserta cara perawatannya.

Penyebab Prematur

Beberapa abnormalitas dalam kehamilan menyebabkan bayi dilahirkan dini. Penyebab tersebut berasal dari ibu atau dari janin sendiri. Kelainan yang berasal dari ibu antara lain:

  • Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi yang tidak dapat dikendalikan menyebabkan paramedis melakukan tindakan pengakhiran kehamilan untuk menyelamatkan nyawa ibu.

  • Diabetes

Kadar gula darah yang tidak terkendali merupakan indikasi untuk mengakhiri kehamilan. Namun, terapi insulin yang diterapkan sekarang ini berhasil menurunkan resiko persalinan pada usia kehamilan 7 bulan.

  • Preeklampsi

Preeklampsi tingkat lanjut hingga ibu mengalami kejang-kejang menjadi indikasi untuk menghentikan kehamilan. Pasalnya, ibu tidak akan sembuh kecuali dengan pengakhiran kehamilan.

  • Kehamilan Ganda

Peregangan perut yang melebihi usia kehamilan normal menyebabkan kontraksi rahim sebelum bayi matur. Terkadang, pada usia kehamilan 7 bulan ibu sudah merasakan kontraksi persalinan.

Berikut ini penyebab prematuritas dari sisi janin:

  • Hambatan Pertumbuhan

Hambatan pertumbuhan ini bisa disebabkan oleh kurangnya pasokan nutrisi dan oksigen atau kegagalan penyerapan nutrisi. Pemenuhan nutrisi yang inadekuat merupakan penyebab kelahiran prematur.

  • Solusio Plasenta

Solusio plasenta adalah lepasnya plasenta sebelum janin dilahirkan. Plasenta bisa saja terlepas saat usia kehamilan 7 bulan sehingga janin harus segera dilahirkan. Terlepasnya plasenta ini sangat membahayakan kehidupan janin.

  • Plasenta Previa

Peregangan rahim menyebabkan pembukaan mulut rahim sehingga terjadi perdarahan. Apabila perdarahan tidak dapat dihentikan, maka pengakhiran kehamilan perlu dilakukan meskipun usia kehamilan belum mencapai 9 bulan.

  • Kelainan Rhesus

Kelainan rhesus ibu dan janin menyebabkan antibodi dalam tubuh ibu menyerang janin. Akibatnya, tubuh ibu berusaha mengeluarkan janin tersebut sebelum matur.

  • KPD

Pecahnya selaput ketuban menyebabkan kontraksi rahim sehingga proses persalinan harus dimulai. KPD atau ketuban pecah meningkatkan resiko terserang infeksi dan stres. Oleh karena itu, ibu perlu perawatan khusus.

  • Hidramnion

Hidramnion adalah keadaan dimana volume cairan ketuban lebih dari normal sehingga peregangan perut tidak sesuai dengan usia kehamilan. Hidramnion ini menyebabkan kontraksi rahim yang berujung pada persalinan prematur.

Cara Perawatan Bayi Prematur

Merawat bayi prematur harus lebih intensif daripada bayi yang lahir pada usia kehamilan 9 bulan. Alasannya, bayi prematur sangat rentan terserang hipotermi dan seringkali bermasalah dengan pernafasannya. Berat badan bayi yang dilahirkan pada usia kehamilan 7 bulan cenderung lebih rendah sehingga beresiko meninggal sebelum satu bulan kelahiran.

Bayi yang lahir prematur harus dirawat di inkubator untuk menjaga suhu tubuhnya. Metode terbaru merawat bayi dengan berat badan lahir rendah adalah dengan menempelkannya di tubuh ibu tanpa penghalang (skin to skin). Tubuh ibu akan senantiasa menjaga temperatur bayi agar tetap normal. Selain itu, pemberian ASI eksklusif perlu digalakkan mengingat pencernaannya masih lemah sehingga hanya mampu mencerna ASI.

Tags: #Bayi Kembar Siam #Hamil 7 Bulan #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Persalinan Bayi #Umur Kehamilan 7 Bulan #Usia Kehamilan 7 Bulan

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Tetap Waspada Menjelang Usia Kehamilan 7 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.