Tips Hamil Sehat dengan Diet Seimbang

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Tips Hamil Sehat Dengan Diet Seimbang

By beglib @morguefile.com

Gizi adalah hal terpenting dalam kehamilan. Diet yang tepat akan membuat ibu dan janinnya sehat. Sebaiknya, diet yang kurang atau berlebih akan menimbulkan berbagai gangguan. Untuk itu, ibu perlu mengatur pola makannya yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Ibu hamil memerlukan gizi dalam jumlah besar dan dalam jumlah kecil. Tips hamil sehat berikut ini akan menguraikan zat gizi yang diperlukan dalam jumlah banyak dan zat gizi yang diperlukan dalam jumlah kecil. Tujuannya agar ibu hamil mendapatkan informasi tepat untuk kepentingan dietnya.

Zat Gizi Makro

Zat gizi makro yang pertama adalah karbohidrat. Fungsinya sebagai sumber energi yang diperlukan sejak awal kehamilan hingga akhir kehamilan nanti. Kebutuhan kalori ibu perhari harus ditambah 350 kal. Penambahan tersebut didapat dari konsumsi makanan seperti nasi, ketela, jagung, gula, dan ubi-ubian yang lain. Terlalu banyak konsumsi karbohidrat juga tidak dianjurkan karena membuat bayi besar sehingga sulit dilahirkan.

Selanjutnya adalah protein yang disebut sebagai zat pembangun. Dikatakan demikian karena protein berperan mengganti sel yang rusak dan membantu pembentukan sel yang baru. Asam amino (bentuk lain dari protein) adalah materi utama dalam DNA kita. Kebutuhan protein ibu meningkat 12 g perhari. Makanan yang mengandung protein adalah daging, telur, ikan, tempe, dan tahu. Tips hamil ini juga bertujuan untuk mencerdaskan janin Anda.

Apakah Anda alergi lemak? Jika “ya” berarti perlu dihentikan. Sebenarnya lemak sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Lemak yang dibutuhkan ibu hamil adalah omega-3 dan omega-6. Kedua jenis lemak ini berperan aktif dalam pertumbuhan otak. Jadi, jika Anda menghindari lemak, maka bayi Anda nantinya kurang cerdas. Sumber lemak antara lain ikan laut dan telur.

Zat Gizi Mikro

Zat mikro ini banyak jenisnya, salah satunya adalah zat besi. Zat besi diperlukan untuk pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Kekurangan hemoglobin disebut anemia. Tentunya keadaan ini tidak menguntungkan bagi ibu dan janin, serta berisiko terjadi perdarahan saat persalinan. Sumber zat besi antara lain bayam, jagung, telur, dan kangkung. Ingat, konsumsi zat besi tidak boleh disertai teh atau kopi, tapi diikuti dengan konsumsi vitamin C untuk meningkatkan penyerapannya.

Tips hamil sehat berikutnya adalah diet asam folat. Asam folat berperan dalam penutupan tabung saraf yang merupakan cikal bakal otak. Kekurangan asam folat pada awal kehamilan akan mengakibatkan neural tube Effects, yaitu cacat tabung saraf yang mengakibatkan bayi lahir tanpa tempurung kepala dan retardasi mental. Ibu hamil memerlukan tambahan asam folat sebanyak 400 mg perhari yang didapat dari konsumsi sayuran, protein hewani dan nabati. Ibu juga dapat mengonsumsi suplemen asam folat.

Aneka vitamin juga diperlukan selama masa kehamilan. Vitamin berperan dalam menjaga daya tahan tubuh, sistesis enzim, kecerdasan, dan sebagainya. Namun, ibu perlu membatasi vitamin A yang dapat membahayakan kehamilan. Vitamin banyak terdapat pada buah-buahan. Jadi, konsumsi buah adalah tips hamil sehat yang penting.

Tips hamil terakhir adalah konsumsi mineral. Mineral ini juga diperlukan tubuh untuk pertumbuhan tulang, menjaga keseimbangan cairan, pembentukan koenzim, dan penghantaran rangsangan pada sistem saraf. Tips mudah memenuhi kebutuhan mineral harian adalah konsumsi susu hamil. Pilihlah susu yang mengandung mineral lengkap dalam jumlah cukup.

Tags: #Hamil Kembar Siam #Kehamilan Trisemester 2 #Page #Persalinan Bayi

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Tips Hamil Sehat dengan Diet Seimbang"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.