Tips Ibu Hamil Muda, Masalah Dan Cara Mengatasinya

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Tips Ibu Hamil Muda, Masalah Dan Cara Mengatasinya

By clarita @morguefile.com

Masa-masa kehamilan muda memang masa yang genting. Mengapa? Karena di masa ini, calon ibu sangat rentan terhadap resiko pendarahan dan keguguran. Sering perempuan tidak mengurangi aktivitasnya tiba-tiba mengalami pendarahan saat hamil muda.

Masalah pendarahan pada ibu hamil muda kerap menjadi pembahasan utama di antara para ibu hamil. Jangan panik jika menemukan bercak darah pada celana Anda. Segera temui dokter kandungan Anda untuk mengetahui apakah itu pendarahan atau hanya flek hamil biasa. Jelaskan gejala yang Anda alami secara detail (rasa sakit, warna darah, banyaknya darah). Ada pendarahan yang tidak menimbulkan resiko bagi kehamilan, tetapi bisa juga dari kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan.

Ibu hamil muda juga sering mengalami masalah lain seperti sering mual di pagi hari atau morning sickness, lalu kurang nafsu makan atau ingin makan yang ‘aneh-aneh’ alias ngidam. Nah, lalu bagaimana solusinya?

Di tiga bulan pertama, apa yang dikonsumsi sang ibu akan sangat mempengaruhi pertumbuhan otak janin. Ibu hamil muda harus sadar betul akan hal ini. Memang rasanya mau makan ini itu tidak enak atau  ingin muntah. Tetapi bagaimana dengan si jabang bayi? Anda harus memberikan nutrisi yang terbaik agar ia tumbuh sehat.

Perhatikan apa yang Anda makan. Ingin makan bukan berarti makan sembarangan dan asal kenyang, bukan? Makanlah banyak sayuran, buah-buahan karena banyak sekali manfaat sayur dan buah-buahan bagi wanita hamil. Sebut saja sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli yang mengandung asam folat yang baik bagi pertumbuhan otak si kecil. Hindari makanan berminyak seperti gorengan. Usahakan memasak sendiri agar makanan lebih sehat dan menghindari penggunaan MSG berlebihan.

Nah, bagaimana mau makan kalau tiap makan lalu kita memuntahkan makanan tersebut? Makanan seenak apapun rasanya tetap saja pahit? Nah loh!

Tenang, semua ada pemecahannya. Coba makan salak. Ini berdasar dari ibu-ibu jaman dulu. Salak membantu mengurangi rasa mual dan membuat makanan tidak terasa pahit.

Makanlah sedikit, tetapi sering. Jika makan sekali dalam 1 porsi membuat Anda mual, cobalah makan dalam porsi sedikit tetapi sering. Kunyahlah makanan secara perlahan, tidak usah tergesa-gesa.

Atasi dengan biskuit. Nah, ini juga efektif lho. Makan biskuit setiap pagi untuk menambah tenaga dan mengatasi mual. Coba makan biskuit sebelum melakukan aktifitas. Masih malas untuk mengunyah makanan? Coba beli sari kurma atau madu murni. Kedua sumber makanan ini sangat ampuh untuk menambah tenaga dengan cepat.

Kram betis juga salah satu masalah yang dihadapi ibu hamil muda. Solusinya? Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium (keju, sayuran dll). Tetapi hindari keju lembut (soft cheese) seperti blue cheese dll. Karena kemungkinan keju tersebut tidak mengalami proses pasteurisasi sehingga mengandung bakteri yang berisiko bagi kehamilan Anda.

Usahakan Anda selalu cukup beristirahat, jangan terlalu lelah dan memeriksakan kehamilan secara teratur.

Tags: #Kehamilan Trisemester 2 #Kehamilan Trisemester 2 #Page #Persalinan Bayi

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Tips Ibu Hamil Muda, Masalah Dan Cara Mengatasinya"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.