Tips Ibu Hamil Trimester 1, 2 dan 3 Agar Bebas dari Keluhan

Tips Ibu Hamil Trimester 1, 2 Dan 3 Agar Bebas Dari Keluhan

By LittleJack @morguefile.com

Ibu hamil perlu beradaptasi dengan perubahan fisiologis yang terjadi di dalam tubuhnya. Karenanya, perlu tips untuk menghadapi keluhan-keluhan yang sering terjadi selama kehamilan. Tentunya tips ibu hamil berikut sesuai dengan keluhan yang berbeda tiap trimester.  

Tips Hamil Trimester Pertama (Bulan 1, 2, 3)

Konsumsi makanan kering yang bergizi seperti keripik tahu, keripik ikan, biskuit sayur, dan kacang-kacangan. Ganti pola makan Anda dengan sedikit tapi sering. Minumlah teh hangat dan biskuit ringan sebelum beranjak dari ranjang tidur Anda. Hindari makanan bersantan, berkuah, dan berlemak agar tidak menimbulkan rasa mual.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Jika Anda tidak sedang mual minumlah susu hangat sebelum tidur. Jagalah makanan Anda agar tetap memenuhi gizi seimbang karena pada trimester awal otak dan organ penting lainnya sedang dibentuk. Apabila rasa mual tidak dapat dihentikan minumlah obat anti mual yang diberikan dokter

Tips ibu hamil muda berikutnya adalah konsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu, keju, dan daging untuk menghindari kram pada kaki.  Kebutuhan kalsium ibu meningkat untuk pertumbuhan bayi sehingga kadar kalsium tubuh terganggu. Kekurangan kalsium akan menyebabkan osteoporosis dan karies gigi.

Luangkan waktu dua jam untuk tidur siang. Kurangi pekerjaan melelahkan seperti mengangkat benda-benda berat. Janin Anda masih sangat kecil sehingga resiko keguguran selalu mengintai. Istirahatlah ketika Anda merasa begitu kelelahan atau perut terasa kencang. Minta keluarga atau pembantu untuk membantu menyelesaikan beban pekerjaan Anda.

Gunakan sikat gigi yang berbulu halus untuk menggosok gigi. Tips ibu hamil ini bertujuan untuk mengurangi insiden gusi berdarah. Jagalah kebersihan gigi dengan menggosoknya minimal saat mandi dan sebelum tidur. Karena gigi Anda mudah berdarah maka infeksi mulut seperti sariawan mudah menyerang. Untuk mencegahnya konsumsi vitamin C agar daya tahan tubuh meningkat.

Anda mungkin perlu membawa saputangan atau tisu kemana pun Anda pergi. Kenapa? Pada trimester satu ini produksi air liur cenderung berlebih sehingga ibu merasa kurang nyaman saat berbicara. Untuk mengantisipasinya bawalah tempat untuk meludah dan hindari makanan yang merangsang seperti makanan pedas.

Jagalah kebersihan daerah kelamin dan lipatan-lipatan karena perubahan hormon menyebabkan keputihan dan rasa gatal. Ganti celana dalam setiap kali Anda merasa basah dan pakailah baju yang menyerap keringat untuk menghindari serangan gatal. Jika perlu gunakan sabun antiseptik agar bakteri di tubuh Anda menghilang.

Tips Hamil Trimester Kedua (Bulan 4, 5, 6)

Konsumsi sayur, buah-buahan, dan  air putih minimal 8 gelas perhari. Tips ibu hamil ini dapat mencegah wasir. Hormon progesteron menyebabkan gerakan saluran pencernaan menjadi lambat sehingga susah BAB. Ibu juga dianjurkan untuk tidak menahan BAB agar feses tidak keras sehingga menimbulkan konstipasi dan hemoroid.

Temukan posisi tidur yang nyaman, misalnya tidur miring dan mengganjal perut dengan bantal. Hindari tidur telentang karena akan menekan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah terganggu. Ibu hamil trimester 2 sering mengalami gangguan tidur karena janin aktif bergerak. Gunakan teknik relaksasi dengan mengambil nafas panjang dan tenangkan pikiran Anda dengan mendengarkan melodi lembut.

Biasakan duduk dengan posisi tegak. Hindari posisi membungkuk agar dapat mengambil oksigen secara maksimal karena biasanya ibu hamil agak susah bernapas. Posisi duduk yang kurang tepat dapat memperparah keadaan sehingga Anda akan sesak nafas. Posisi duduk yang benar juga dapat mencegah nyeri ulu hati.

Tips Hamil Trimester Ketiga (Bulan 7, 8, 9)

Letakkan kaki lebih tinggi dari badan saat tidur atau duduk. Tips ibu hamil ini bertujuan mengurangi bengkak dan varises yang sering ditemui pada ibu hamil trimester 3. Tidak dianjurkan melakukan pemijatan dan penekanan pada kaki karena justru memperparah varises. Sebaiknya gunakan stoking elastis yang tidak ada karet diatasnya untuk menyangga kaki.

Selalu kontrol berat badan Anda. Pastikan pertambahan berat badan tidak melebihi standar. Berat badan berlebih dapat menimbulkan berbagai komplikasi kehamilan seperti hipertensi, preeklampsi, perdarahan, dan diabetes. Selain itu, bayi yang besar akan mempersulit proses persalinan.

Berjalan dan duduklah dengan tegap agar perut Anda yang besar tidak menekan diafragma yang menyebabkan nyeri ulu hati. Hindari duduk terlalu lama, berbaring telentang, dan membungkuk. Minumlah teh hangat saat duduk santai untuk mengurangi rasa nyeri. Anda juga bisa mengganjal punggung dengan bantal saat duduk agar tidak mudah lelah.

Gunakan sepatu hak rendah agar tidak mudah terjatuh sehingga terjadi perdarahan dan persalinan prematur. Memakai sepatu hak tinggi dapat menyebabkan nyeri punggung. Senam kehamilan dan tidur di ranjang keras juga membantu mengurangi nyeri akibat ketegangan otot.dan sendi.

Semoga tips ibu hamil di atas dapat mengurangi keluhan Anda selama kehamilan berlangsung. Jangan lupa untuk kontrol ke dokter bila masalah berlanjut. Ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi obat luar jika keluhan ringan tersebut timbul, tapi upayakan menyembuhkan gejala dari sumbernya.

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Tips Ibu Hamil Trimester 1, 2 dan 3 Agar Bebas dari Keluhan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.