Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

In Persalinan Bayi
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

By christiem @sxc.hu

Keluarnya bayi seringkali menyebabkan otot-otot jalan lahir terkoyak. Apalagi bila otot vagina kurang elastis ditambah dengan kesalahan sewaktu menjalani proses persalinan. Jahitan tersebut dimaksudkan untuk merapatkan kembali ukuran vagina sekaligus mempercepat penyembuhan luka.

Berdasarkan penelitian, sebagian besar ibu yang harus dijahit vaginanya adalah ibu primigravida alias melahirkan pertama kali. Hal ini disebabkan otot vagina masih kaku dan belum berpengalaman dalam persalinan. Selain ibu primi, ibu yang melahirkan bayi dengan berat badan lebih dari 3.500 gram juga sangat beresiko mengalami robekan jalan lahir.

Kebanyakan ibu merasa ngeri ketika mendengar harus dijahit. Tusukan jarum memang menyebabkan rasa sakit yang tidak bisa dipungkiri. Apalagi bila luka terlampau banyak dan sehingga memerlukan banyak dijahit. Ibaratnya bagai jatuh tertimpa tangga. Sudah sakit karena proses persalinan, masih harus menahan sakitnya tusukan jarum.

Sebenarnya jahitan saat persalinan bisa dihindari. Buktinya ada ibu yang melahirkan beberapa kali tanpa jahitan sama sekali. Apa saja rahasia melahirkan normal tanpa jahitan? Atau cara menurunkan resiko jahitan saat persalinan? Cobalah ikuti tips melahirkan normal tanpa jahitan berikut ini.

Senam Kegel

Senam kegel adalah senam ringan yang bisa dilakukan selama hamil. Caranya adalah menahan otot-otot daerah vagina seperti menahan BAB. Lepaskan tahanan Anda, kemudian lakukan lagi hingga berkali-kali. Senam ini bisa dilakukan dimanapun Anda berada.

Manfaat dari senam kegel adalah melenturkan otot vagina segina mudah melar saat bersalin. Tidak hanya itu, senam kegel juga mempercepat pengembalian otot vagina ke ukuran semula. Tips melahirkan yang satu ini memang terdengar sepele, namun sangat bermanfaat bila Anda mau melakukannya secara optimal.

Awasi Peningkatan Berat Badan Bayi

Seperti penjelasan di atas, robekan vagina juga disebabkan ukuran bayi yang terlalu besar. Untuk mengantisipasinya, awasi berat badan janin Anda saat hamil. Usahakan tidak mencapai 4.000 gram. Tips melahirkan ini selain menghindari robekan juga mempercepat proses persalinan.

Jangan Angkat Pantat

Ibu yang sedang melahirkan dilarang mengangkat pantat karena akan menyebabkan robekan jalan lahir yang luas. Bila pantat Anda terangkat, tidak ada penyangga tekanan bayi sehingga otot mudah terkoyak. Ingat benar tips melahirkan yang satu ini karena rasa sakit saat persalinan seringkali membuat Anda lupa segalanya.

Proses Pengeluaran Berirama

Pengeluaran bayi yang cepat juga menyebabkan terjadinya robekan. Seharusnya bayi keluar perlahan untuk memberikan kesempatan peregangan otot perineum. Penolong persalinan harusnya bisa menyangga perineum sehingga bayi tidak langsung keluar. Tips melahirkan tanpa jahitan yang terakhir adalah pilihlah penolong yang terlatih agar perineum Anda utuh.

Tags: #Hamil Kembar Siam #Melahirkan Tanpa Jahitan #Page #Persalinan Bayi #Persalinan Tanpa Jahitan #Tips Persalinan Normal

Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-Saat Persalinan Prematur
Saat-saat persalinan bayi prematur tentu lebih mendebarkan
Resiko Melahirkan Caesar
Resiko Melahirkan Caesar
  Melahirkan Caesar merupakan alternatif bila cara
Resiko Melahirkan dalam Air
Resiko Melahirkan dalam Air
  Melahirkan dalam air atau yang sering
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan Ibu Melahirkan di Rumah
Persalinan ibu melahirkan biasanya dilakukan di fasilitas

Leave a reply "Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.