IBU MELAHIRKAN BAYI DI RUMAH SENDIRI JADI TREND | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Trend Ibu Melahirkan di Rumah Sendiri di AS Meningkat, Bagaimana di Indonesia?

Ingin Bahagiakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Di saat dunia kedokteran sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat, di mana sekarang sudah banyak tenaga medis handal dan alat canggih yang diciptakan untuk membantu proses ibu melahirkan di rumah sakit bersalin agar ibu dan bayi bisa lahir selamat, kabar lain yang cukup mengejutkan malah datang dari Amerika yang notabene negara maju yang memiliki banyak ahli medis dan teknologi kedokteran yang mumpuni.

Seperti yang diberitakan oleh VOA, menurut data statistik yang dipublikasikan pada akhir Januari lalu oleh Center for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pemberantasan Penyakit di Amerika, menyebutkan bahwa ibu melahirkan bayi di rumah sendiri mengalami peningkatan sebesar 30% dalam rentang 2004 hingga 2009. Dalam beritanya yang berjudul “Minat Perempuan AS Melahirkan di Rumah Sendiri Meningkat” itu, VOA juga menjelaskan panjang lebar mengenai alasan kenapa ibu hamil di Amerika belakangan ini lebih memilih persalinan di rumah sendiri daripada di rumah sakit bersalin yang sudah memiliki tenaga medis handal dan teknologi canggih.

Hal itu, menurut Marian MacDorman, Ph.D salah seorang yang bekerja di bagian statistik CDC, dikarenakan mereka ingin mengurangi intervensi yang berlebih saat melahirkan bayinya, seperti yang biasa dijumpai di rumah sakit bersalin. Alasan lainnya, mereka juga khawatir jika tiba-tiba harus dilakukan tindakan operasi caesar dan mengalami gangguan lain ketika berada di rumah sakit bersalin. Dalam data statistik tersebut, diketahui orang-orang yang memilih melahirkan di rumah dan dibantu oleh bidan, di antaranya adalah wanita berkulit putih dan berusia di atas 35 tahun, anak remaja, serta pasangan yang tidak menikah.

Ibu melahirkan di rumah sendiri dengan peralatan medis yang terbatas di saat jaman modern seperti ini, memang merupakan suatu hal yang mengejutkan bagi semua kalangan, terutama kalangan yang tinggal di perkotaan. Namun, sebenarnya jika kita mengingat-ingat kembali proses melahirkan orang-orang jaman dahulu, fenomena persalinan di rumah sendiri seperti yang terjadi di Amerika ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan.

Jangankan, orang-orang dahulu, sampai sekarang pun di Indonesia, masih banyak ibu yang melahirkan di rumah sendiri. Tidak percaya? Tanyakan saja orang-orang yang tinggal di pedesaan. Ketika melahirkan, umumnya mereka hanya dibantu oleh seorang “dukun bayi”. Dukun bayi adalah seseorang yang  bekerjanya membantu proses persalinan, merawat ibu pasca melahirkan, dan merawat bayi pasca kelahiran. Proses melahirkan alami ini biasanya hanya mengandalkan pijatan dan ramuan-ramuan alami saja. Sekarang dukun-dukun bayi ini digandeng untuk menjadi mitra bidan dalam menangani persalinan bayi.

Alasan perempuan di Amerika yang memilih melahirkan di rumah, seperti ingin mendapatkan kebebasan yang lebih, tanpa obat-obatan, dan biaya persalinan murah memang masuk akal. Terlebih lagi, sekarang banyak rumah sakit bersalin yang mengandalkan operasi caesar semata-mata hanya untuk mempercepat proses persalinan. Padahal, seharusnya operasi caesar dilakukan berdasarkan indikasi medis yang kuat, yang mengacu pada keselamatan ibu dan bayi. Biar bagaimana pun yang jelas, secanggih apapun cara bersalin, persalinan alami masih tetap yang terbaik dari sisi apapun.

Bagaimana dengan pendapat Anda?

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , , , , , , , , , , , , Read 140 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories