UMUR BAYI BERDIRI & MENGAJARI BAYI BERDIRI SENDIRI | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Usia Bayi Berdiri dan Melatih Bayi Berdiri Sendiri

Ingin Bahagiakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Bayi Belajar BerdiriBiasanya bayi sudah mulai minta berdiri saat usianya memasuki 7-8 bulan. Saat itu, kedua kakinya belum bisa menopang dengan baik tubuhnya, sehingga tubuhnya masih bergoyang-goyang.  Karena otot-otot kakinya belum kuat, ia juga belum mampu terlalu lama berdiri. Jadi, Anda tidak boleh memaksakan berdiri apabila anak Anda sudah terlihat lelah. Anda juga tidak boleh lengah saat memegang tubuhnya, untuk mencegah ia terjatuh.

Sama halnya dengan proses perkembangan fisik yang lain, proses bayi berdiri ini juga memerlukan waktu sampai ia bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dari Anda. Lalu, kapan bayi berdiri sendiri?

Proses bayi belajar berdiri ini bisa memakan waktu antara 2-3 bulan. Sebagai contoh, bila bayi Anda umur 8 bulan sudah mulai belajar berdiri, bisa jadi umur 10 bulan bayi Anda sudah bisa berdiri sendiri. Satu hal penting sebelum Anda menginginkan bayi Anda bisa berdiri sendiri adalah bayi Anda harus sudah bisa duduk sendiri dengan tegak. Karena urutan inilah yang biasa dilalui oleh sebagian besar bayi.

Melatih Bayi Berdiri

Untuk mengajari bayi berdiri sebetulnya cukup sederhana, karena Anda hanya perlu “memanfaatkan” keaktifan bayi Anda. Keaktifan bayi sangat diperlukan dalam proses belajar yang satu ini.

  • Pertama, Anda cukup meletakkan mainan lebih atas dari jangkauannya. Pastikan, mainan itu diletakkan pada tempat yang aman agar tidak membentur/melukai bagian tubuhnya.
  • Kedua, saat ia minta gendong, biarkan ia berlatih berdiri sendiri dengan cara berpegangan tubuh Anda.

Walaupun awal-awalnya terlihat kesulitan, melalui kedua cara yang sederhana itu, lama-kelamaan bayi Anda akan bisa berdiri sendiri tanpa bantuan. Dalam proses ini, pastikan Anda selalu mengawasi bayi Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terbentur dan sebagainya.

Did you like this? Share it:

Article by Catur HP

Seorang Ayah dari anak laki-laki lucu yang bernama "Kenan Rahes Purnomo". Sejak istrinya hamil, ia tak pernah absen menemaninya untuk periksa ke dokter kandungan. Begitu pun, saat istrinya melahirkan anak laki-laki pertamanya pada 2011 yang lalu. Sembari mengamati pertumbuhan anak pertamanya, ia berbagi di situs ini, tentang apa yang ia ketahui selama istrinya hamil, melahirkan, hingga merawat anak.
Catur HP tagged this post with: , , , , Read 140 articles by

One Comments

  1. Muhajirin says:

    Bagaimana dgn anak 2,5 tahun, sdh bisa bicara,berjalan,tp belum bisa bangkit dari duduk ke berdiri

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Cari Cepat Artikel via Google

    Social Media & Video

    Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
    Kebun Emas 300 x 250
    Belajar Bahasa Inggris Cepat

    Categories