Usia Bayi Duduk dan Cara Melatih Bayi Duduk

In Uncategorized

Bayi Belajar DudukSetelah bayi sudah bisa tengkurap sendiri dan membalikkan badannya kembali atau berguling-guling dengan lancar, tahap tumbuh kembang berikutnya adalah bayi belajar duduk. Sama halnya ketika bayi belajar tengkurap, sebelum bayi bisa duduk sendiri, ia pun harus belajar terlebih dahulu sedikit demi sedikit. Proses belajar duduk ini bisa memakan waktu kira-kira 1-3 bulan dan biasanya dimulai saat bayi berusia 5 – 6 bulan.

Pada awal-awal belajar, bayi belum bisa menyeimbangkan tubuhnya atau masih bergoyang-goyang. Ia pun juga belum mampu terlalu lama duduk, sehingga pada saat lelah ia langsung menjatuhkan tubuhnya dengan tiba-tiba. Maka dari itu, pada saat bayi belajar duduk, kita harus selalu menopang tubuhnya agar tidak terjatuh. Selain itu, kita juga tidak boleh memaksakan bayi untuk duduk jika bayi sudah enggan untuk duduk atau kelihatan sudah lelah.

Pertanyaannya, kapan bayi bisa duduk sendiri? Setelah setahap demi setahap dilalui, pada umumnya bayi akan bisa duduk sendiri tanpa bantuan orang lain saat bayi umur 7 – 10 bulan.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengajari / melatih bayi duduk :

  • Jika tubuhnya sudah mulai kuat, biasakan bayi duduk dalam pangkuan sambil tubuhnya bersandar di dada Anda.
  • Sembari dipangku, pancinglah mainan kesukaannnya agar ia mau meraih dengan tangannya. Stimulasi ini diperlukan untuk melatih kekuatan leher dan keseimbangan tubuhnya.
  • Saat bayi duduk, cobalah hadapkan bayi Anda pada permukaan datar yang agak empuk setinggi dadanya (contohnya sandaran sofa untuk tangan). Kemudian berikan mainan di atas permukaan datar tersebut agar ia bermain sambil tangannya belajar menahan tubuhnya untuk tetap tegak.

Dengan cara memberikan stimulasi seperti itu, lama kelamaan bayi akan bisa duduk sendiri dengan tegak.

No related post!

Leave a reply "Usia Bayi Duduk dan Cara Melatih Bayi Duduk"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.