Usia Kehamilan 4 Bulan

In Kehamilan
Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Usia Kehamilan 4 Bulan

By Alvimann @morguefile.com

Menginjak usia kehamilan 4 bulan terjadi perubahan besar pada diri ibu. Usia kehamilan ini masuk pada trimester kedua. Pada trimester kedua ini ibu cenderung lebih stabil daripada trimester pertama. Apa saja yang menyebabkan perubahan keadaan tersebut dan bagaimana dengan perkembangan janin? Simak penjelasan berikut ini.

Pertama-tama perubahan yang terjadi adalah bertambahnya ukuran dan berat uterus. Perubahan ini menyebabkan rongga panggul tidak mampu menampung uterus sehingga uterus keluar ke rongga perut. Inilah alasan mengapa ibu pada awal trimester ke-2 tidak lagi mengeluh sering kencing.

Uterus yang membesar di rongga abdomen ini dapat diraba dari luar. Pemeriksa akan merasakan ballotemen di atas simpisis ibu. Meraba rahim pada usia hamil 4 bulan ini hampir seperti meraba balon yang berisi air. Hasil pemeriksaan ini menguatkan adanya kehamilan.

Perubahan besar juga terjadi pada plasenta. Pada bulan keempat ini plasenta telah terbentuk sempurna. Plasenta berbentuk bundar dengan diameter 15-20 cm, berat rata-rata 500 gram, dan terdiri atas 15-20 kotiledon dilengkapi dengan pembuluh darah. Plasenta juga telah berfungsi maksimal pada usia kehamilan 4 bulan.

Keluhan mual dan muntah yang dirasakan ibu pada trimester pertama mulai berkurang. Hal ini disebabkan ibu telah beradaptasi dengan perubahan yang dialaminya. Saatnya untuk memperbaiki gizi dengan konsumsi makanan tinggi nutrisi, susu hamil, dan suplemen yang diperlukan selama kehamilan.

Keadaan psikologis ibu mulai membaik. Di sisi lain, terjadi peningkatan vaskularisasi sehingga keinginan untuk berhubungan seksual mulai muncul kembali. Keadaan ini didukung oleh pembesaran rahim yang belum seberapa sehingga pasangan masih merasa nyaman untuk berhubungan dengan posisi apapun.

Beberapa perubahan juga terjadi pada janin Anda. Kini panjang badannya mencapai 16 cm dengan berat badan 120 gram. Tidak terjadi perubahan yang berarti secara fisik, hanya saja janin telah memiliki kulit tipis berwarna kemerahan. Posisi kepala janin masih menunduk ke arah dada.

Pada susunan saraf otak sedang terjadi proses migrasi, yaitu perpindahan sel. Sel saraf yang sebelumnya banyak diduplikasi kini berpindah tempat untuk membentuk suatu bagian tertentu seperti hipotalamus, pons varoli, atau medulla oblongata. Sel-sel yang berpindah terlebih dahulu akan menempati bagian dalam dan yang terakhir akan menempati bagian luar (korteks). Migrasi sel saraf ini dituntun oleh ganglia radikal.

Janin Anda telah mampu menangkap rangsangan suara pada usia kehamilan 4 bulan. Rangsangan dari luar akan dihantarkan melalui cairan ketuban dan tulang. Cara pendengaran ini berbeda dengan manusia dewasa yang dihantarkan melalui gelombang udara. Oleh karena itu, suara yang paling didengar janin adalah suara ibunya.

Selain suara, rangsangan yang dapat dirasakan janin pada usia kandungan 4 bulan adalah sentuhan. Hal ini disebabkan bagian kulit dalam (dermis) dan luar (epidermis) telah dibentuk. Kulit janin telah dilengkapi dengan sel-sel saraf yang mampu menangkap rangsangan dari luar seperti sentuhan Anda. Pada ibu multigravida akan merasakan denyutan janin yang merupakan tanda pasti kehamilan.

Itulah perubahan-perubahan yang terjadi pada ibu dan janin saat usia kehamilan 4 bulan. Ibu disarankan memberikan stimulasi suara dan sentuhan pada janin untuk merangsang tumbuh kembang otaknya. Selain itu, ibu juga harus mengonsumsi makanan bergizi karena pada proses selanjutnya akan dibentuk organ-organ penting, sistem indera, dan sistem otak.

Tags: #Hamil Kembar Siam #Kehamilan #Page #Umur Kehamilan 4 Bulan #Usia Hamil 4 Bulan

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan

Leave a reply "Usia Kehamilan 4 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.