USIA HAMIL 5 BULAN YANG PERLU IBU KETAHUI | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Usia Kehamilan 5 Bulan

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Usia Kehamilan 5 Bulan

By Alvimann @morguefile.com

Pada usia kehamilan 5 bulan ini terjadi tanda pasti kehamilan. Apa saja tanda itu? Namun pada kandungan 5 bulan ini tidak banyak perubahan yang dialami ibu. Keadaan ibu cenderung stabil seperti bulan sebelumnya. Keadaan ini berbeda dengan perkembangan janin yang bisa dibilang cukup pesat. Apa saja yang terjadi pada janin Anda?

Tanda Pasti Kehamilan

Pada usia hamil 5 bulan ini akan terjadi quickening, yaitu gerakan janin yang pertama kali bagi ibu primigravida. Gerakan ini merupakan tanda pasti kehamilan dan menjadi sensasi tersendiri bagi ibu. Semakin bertambah usia kehamilan akan semakin banyak gerakan yang dilakukan janin.

Denyut jantung janin telah terdengar. Denyut jantung janin adalah tanda pasti kehamilan. Adanya denyut jantung janin menandakan sebuah kehidupan di dalam rahim ibu. Denyut jantung janin pada usia kehamilan ini dapat didengar dengan menggunakan stetoskop Laenec. Tanda kehamilan yang lain adalah Braxtonhiks, yaitu kontraksi unreguler yang tidak menyebabkan rasa nyeri. Kontraksi ini hanya terjadi sesekali dan inadekuat. Apabila kontraksi yang dirasakan sampai menimbulkan keluhan dan sering, maka perlu diwaspadai adanya abortus.

Proses Perkembangan

Peredaran darah janin masih dipenuhi dari ibu. Pada usia kehamilan 5 bulan ini ibu mengalirkan darah sebanyak 300 ml ke janin tiap menitnya. Aliran ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Di sisi lain, sumsum tulang janin sudah mulai memproduksi darah.

Ginjal janin telah berfungsi. Kini, janin memiliki glomerolus sebanyak 350.000. Jumlah ini akan terus meningkat hingga akhir usia kehamilan. Dengan berfungsinya ginjal menandakan bahwa janin telah buang air kecil. Air seni janin ini akan menambah volume cairan ketuban.

Sistem imunitas janin mulai sempurna. Di usia hamil 5 bulan ini dibentuk benda penangkis yang berfungsi melawan bibit penyakit. Contoh benda penangkis ini adalah gamma-G, gamma-A, dan gamma-M. Benda penangkis ini akan terus dibentuk hingga dewasa.

Panjang janin mencapai 25 cm dengan berat badan 280 gram. Pertambahan besar janin ini menyebabkan peningkatan fundus uterus. Kini, fundus uterus ibu setinggi pusat (dengan perabaan luar). Rambut janin mulai tumbuh di kepala dan kulit yang disebut lanugo. Lanugo lebih tipis dan lembut dibanding rambut di kepala.

Ibu disarankan mengawasi berat badannya ketika usia kehamilan memasuki 5 bulan. Kebutuhan kalori meningkat karena basal metabolisme rate ibu juga meningkat sebanyak 15-20%. Peningkatan ini digunakan untuk pertumbuhan janin, plasenta, dan penumpukan lemak di beberapa tempat.

Memasuki usia kehamilan 5 bulan ini resiko preeklampsi semakin meningkat. Biasanya preeklampsi mengintai ibu hamil yang penambahan berat badannya lebih dari 0,5 kg per minggu setelah usia kehamilan 20 minggu. Penambahan berat badan berlebih mengakibatkan gangguan sirkulasi darah.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , , Read 104 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories