USIA HAMIL 7 BULAN YANG PERLU IBU KETAHUI | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Usia Kehamilan 7 Bulan

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Usia Kehamilan 7 Bulan

By Alvimann @morguefile.com

Pada uraian kali ini kita akan membahas mengenai usia kehamilan 7 bulan. Semua peristiwa yang terjadi selama masa kehamilan merupakan sebuah keajaiban, termasuk pada hamil 7 bulan ini. Beberapa keluhan baru yang disebabkan perubahan fisiologis mulai berdatangan. Janin pun terus berkembang dan semakin menampakkan kesempurnaannya.

Perubahan secara fisik terlihat dari pembesaran perut ibu. Tinggi fundus uteri mencapai pertengahan pusat dan proxesus xifoideus. Jika diukur dengan menggunakan metelin sepanjang 25 cm. Pembesaran perut ini disebabkan bertambahnya ukuran panjang dan berat janin. Panjang janin Anda kini mencapai 35 cm dengan berat badan 1000 gram.

Keajaiban yang Terjadi Pada Janin

Janin Anda ternyata telah dapat melihat sejak dalam kandungan. Mengapa demikian? Karena retina telah dibentuk dan berfungsi pada usia kehamilan 26 minggu. Meskipun berada dalam cairan ketuban, namun ia dapat merasakan rangsangan cahaya, bahkan bereaksi apabila rangsangan tersebut adekuat. Warna cahaya yang mampu dikenali janin hanya putih, hitam, dan abu-abu. Untuk warna lain akan dikenali kelak setelah ia dilahirkan. Beberapa ahli medis menyarankan untuk mulai menstimulasi indera pengelihatan janin dengan berada di tempat gelap dan terang secara bergantian.

Bagian-bagian telinga dalam, tengah, dan luar mulai disempurnakan pada usia hamil 7 bulan. Jadi, indera pendengaran janin lebih peka dari sebelumnya. Mulai usia kehamilan 28 minggu ibu disarankan memberikan stimulasi verbal berupa cerita mengenai kebiasaan sehari-hari dan musik klasik karena janin dapat bergerak mengikuti irama musik.

Pada usia kehamilan 7 bulan ini surfaktan telah diproduksi, namun jumlahnya belum memadai untuk hidup di luar rahim. Seandainya dilahirkan janin sudah dapat bernafas, menangis pelan, dan lemah. Seiring berjalannya waktu, surfaktan akan terus diproduksi bersamaan dengan kematangan paru.

Keluhan yang Dialami Ibu

Pada usia kandungan 7 bulan ini ibu mulai merasakan sakit pinggang. Nyeri ini diakibatkan beban berat yang disangga tulang belakang. Nyeri akan semakin terasa apabila ibu terlalu lama duduk atau berdiri. Untuk mengurangi keluhan tersebut, ibu disarankan olahraga teratur dan mengompres punggung dengan air panas dan dingin secara bergantian selama 10-15 menit.

Beberapa ibu hamil usia 7 bulan akan menjumpai varises di kakinya. Varises disebabkan aliran darah yang kurang lancar. Untuk menguranginya ibu dapat menjaga posisi tidur dengan miring ke kiri, mencegah posisi kaki bersilangan, atau meninggikan kaki saat tidur. Ibu dilarang tidur telentang.

Pertumbuhan janin pada usia kehamilan 7 bulan semakin pesat mengakibatkan peregangan perut. Efek samping peregangan perut adalah rasa gatal. Kompres perut dengan air hangat untuk menguranginya. Gatal-gatal juga dirasakan di sekitar payudara yang semakin membengkak.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , , Read 104 articles by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cari Cepat Artikel via Google

Social Media & Video

Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
Kebun Emas 300 x 250
Belajar Bahasa Inggris Cepat

Categories