Usia Kehamilan 8 Bulan

In Kehamilan
Usia Kehamilan 8 Bulan

By Alvimann @morguefile.com

Pada usia kehamilan 8 bulan ini perut ibu terlihat besar dengan cara berjalan yang mulai bergeser ke belakang. Perubahan fisiologis ibu menyebabkan beberapa keluhan. Apa saja keluhan tersebut? Di sisi lain, janin semakin berkembang dan matang. Bahkan ia dapat berkomunikasi dengan kita. Bagaimana cara komunikasi janin?

Keadaan Ibu

Puncak hemodilusi (pengenceran darah) terjadi pada usia kehamilan 32 minggu. Hal ini disebabkan perkembangan janin yang cukup pesat sehingga membutuhkan lebih banyak darah. Akibat hemodilusi tersebut adalah anemia kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan memeriksakan kadar hemoglobinnya pada usia kehamilan 8 bulan. Selain itu, ibu diwajibkan mengonsumsi tablet besi setiap hari hingga saat melahirkan nanti.

Ingin Puaskan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami

Curah jantung ibu meningkat 30-50% pada usia kehamilan 32 minggu dan sirkulasi darah sedikit menurun. Memasuki trimester ketiga ini terjadi peningkatan estrogen sehingga makanan bertahan di lambung dalam waktu lama. Akibatnya penyerapan makanan lebih optimal. Namun, obstipasi (sulit buang air besar) tidak dapat dihindari karena makanan tidak segera dikeluarkan.

Pembesaran perut dapat menekan diafragma sehingga ibu seringkali merasa sesak nafas atau nyeri epigastrium. Padahal kebutuhan oksigen semakin meningkat. Keadaan ini fisiologis dan dapat dicegah dengan latihan pernafasan secara teratur, bernafas dalam dan teratur, hindari membawa beban berat, dan posisi tidur miring kiri.

Keluhan lain yang dirasakan saat usia hamil 8 bulan adalah sering buang air kecil. Penyebab sering BAK ini adalah pembesaran perut yang menekan volume kandung kemih dan hemodilusi yang menyebabkan peningkatan cairan di ginjal. Agar tidak mengganggu istirahat, disarankan untuk mengurangi konsumsi air dan buah ketika akan beristirahat.

Perkembangan Janin

Pergerakan janin pada usia kandungan 8 bulan bertambah kuat karena ukurannya belum terlalu besar dengan luas rahim yang memungkinkan. Janin lebih sering bergerak ketika mendengar suara keras atau ketika ibu kelelahan. Ini merupakan cara dia mengeluh pada Anda. Cara meredakan gerakan janin yang agresif adalah dengan sentuhan lembut di perut. Beberapa ibu telah membuktikan bahwa sentuhan lembut di perut dapat mengurangi kenakalan janin.

Panjang janin saat usia kehamilan 8 bulan mencapai 40-43 cm dengan berat badan sekitar 1800 gram. Kulit janin berwarna kemerahan dan sedikit keriput. Lapisan lemak di bawah kulit belum terlalu tebal sehingga terlihat kurus apabila dilahirkan. Tangan dan kaki telah terbentuk sempurna sehingga sering menendang perut ibu.

Tags: #Umur Kehamilan 8 Bulan #Usia Hamil 8 Bulan

Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Anemia Pada Kehamilan, Mengapa Bisa Terjadi?
Seseorang disebut menderita anemia apabila kadar hemoglobin
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Masalah Kehamilan Trimester 1, 2, 3
Tiap trimester kehamilan selalu terjadi masalah yang
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
2 Program Kehamilan Anak Laki-Laki
Apakah Anda ingin memiliki bayi laki-laki? Meskipun
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kewajiban Saat Merencanakan Kehamilan Pertama
Kehamilan pertama akan menjadi momen tak terlupakan
  1. author

    lulus utami2 years ago

    Informasinya sangat menambah wawasan saya yang sekarang ini juga sedang hamil 8 bulan.

    Reply
  2. author

    Indah Baskoro2 years ago

    Saya senang bisa membaca artikel2 mengenai kehamilan,dapat menambah informasi skrg usiakehamilan 32 minggu,sykr alhmdulilllah janim dalam kandunganku sehat..:)

    Reply
    • author

      novia syahida2 years ago

      terimakasih

      Reply

Leave a reply "Usia Kehamilan 8 Bulan"

Must read×

Top

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin

NamAnakBayi.com tidak dapat menjamin keakuratan arti nama-nama bayi yang tercantum di situs ini. Maka dari itu, kami menyarankan kepada Anda untuk berkonsultasi/verifikasi terlebih dahulu kepada para ahli bahasa yang Anda percaya sebelum memberikan nama untuk buah hati Anda. Semua isi situs ini hanyalah sebagai media berbagi semata, bukan sebagai pengganti konsultasi dokter atau profesional kesehatan. Untuk Anda yang ingin tahu lebih jauh masalah kesehatan Anda atau anak bayi Anda, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter atau profesional kesehatan langsung.