USIA HAMIL 8 BULAN YANG PERLU IBU KETAHUI | NAMA BAYI PEREMPUAN & LAKI-LAKI

Usia Kehamilan 8 Bulan

Ingin Manjakan Suami / Istri? Klik Khusus Istri | Khusus Suami
Usia Kehamilan 8 Bulan

By Alvimann @morguefile.com

Pada usia kehamilan 8 bulan ini perut ibu terlihat besar dengan cara berjalan yang mulai bergeser ke belakang. Perubahan fisiologis ibu menyebabkan beberapa keluhan. Apa saja keluhan tersebut? Di sisi lain, janin semakin berkembang dan matang. Bahkan ia dapat berkomunikasi dengan kita. Bagaimana cara komunikasi janin?

Keadaan Ibu

Puncak hemodilusi (pengenceran darah) terjadi pada usia kehamilan 32 minggu. Hal ini disebabkan perkembangan janin yang cukup pesat sehingga membutuhkan lebih banyak darah. Akibat hemodilusi tersebut adalah anemia kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan memeriksakan kadar hemoglobinnya pada usia kehamilan 8 bulan. Selain itu, ibu diwajibkan mengonsumsi tablet besi setiap hari hingga saat melahirkan nanti.

Curah jantung ibu meningkat 30-50% pada usia kehamilan 32 minggu dan sirkulasi darah sedikit menurun. Memasuki trimester ketiga ini terjadi peningkatan estrogen sehingga makanan bertahan di lambung dalam waktu lama. Akibatnya penyerapan makanan lebih optimal. Namun, obstipasi (sulit buang air besar) tidak dapat dihindari karena makanan tidak segera dikeluarkan.

Pembesaran perut dapat menekan diafragma sehingga ibu seringkali merasa sesak nafas atau nyeri epigastrium. Padahal kebutuhan oksigen semakin meningkat. Keadaan ini fisiologis dan dapat dicegah dengan latihan pernafasan secara teratur, bernafas dalam dan teratur, hindari membawa beban berat, dan posisi tidur miring kiri.

Keluhan lain yang dirasakan saat usia hamil 8 bulan adalah sering buang air kecil. Penyebab sering BAK ini adalah pembesaran perut yang menekan volume kandung kemih dan hemodilusi yang menyebabkan peningkatan cairan di ginjal. Agar tidak mengganggu istirahat, disarankan untuk mengurangi konsumsi air dan buah ketika akan beristirahat.

Perkembangan Janin

Pergerakan janin pada usia kandungan 8 bulan bertambah kuat karena ukurannya belum terlalu besar dengan luas rahim yang memungkinkan. Janin lebih sering bergerak ketika mendengar suara keras atau ketika ibu kelelahan. Ini merupakan cara dia mengeluh pada Anda. Cara meredakan gerakan janin yang agresif adalah dengan sentuhan lembut di perut. Beberapa ibu telah membuktikan bahwa sentuhan lembut di perut dapat mengurangi kenakalan janin.

Panjang janin saat usia kehamilan 8 bulan mencapai 40-43 cm dengan berat badan sekitar 1800 gram. Kulit janin berwarna kemerahan dan sedikit keriput. Lapisan lemak di bawah kulit belum terlalu tebal sehingga terlihat kurus apabila dilahirkan. Tangan dan kaki telah terbentuk sempurna sehingga sering menendang perut ibu.

Did you like this? Share it:

Article by Novia Syahida

Penulis adalah seorang bidan lulusan Poltekkes Kemenkes Surabaya yang saat ini sedang menggeluti dunia kepenulisan. Aktivitas sehari-hari sebagai penulis lepas di beberapa web, buku, pelajar, dan wirausaha.
Novia Syahida tagged this post with: , , Read 104 articles by

3 Comments

  1. Informasinya sangat menambah wawasan saya yang sekarang ini juga sedang hamil 8 bulan.

  2. Indah Baskoro says:

    Saya senang bisa membaca artikel2 mengenai kehamilan,dapat menambah informasi skrg usiakehamilan 32 minggu,sykr alhmdulilllah janim dalam kandunganku sehat..:)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

    Cari Cepat Artikel via Google

    Social Media & Video

    Gabung di Facebook Video di YouTube Follow di Twitter
    Kebun Emas 300 x 250
    Belajar Bahasa Inggris Cepat

    Categories